Sudah lebih dari seratus tahun sejak RMS Titanic tenggelam ke dasar samudera Atlantik Utara. Bencana telah memikat penggemar sejarah dan penggemar non-sejarah, dan mudah untuk melihat alasannya. Beberapa orang yang paling terkenal saat itu ada di kapal: beberapa selamat, dan beberapa tidak. Legenda berlimpah tentang apakah pelayaran perdananya dikutuk. Dan kemudian ada kapal itu sendiri: bisa dibilang kapal paling mewah yang pernah bepergian ke luar negeri...
Bencana itu menyimpan rahasia dan kisah cinta dan keberanian, pengecut, dan keserakahan. Jelajahi tema ini dan lainnya yang mengelilingi tenggelamnya kapal besar, Titanic.
RMS Titanic menabrak gunung es pada malam keempat belas April 1912, dan tenggelam di perairan Atlantik Utara pada dini hari berikutnya. Dia membawa lebih dari 1.500 jiwa bersamanya. Sementara jumlah korban jiwa ini sangat menghancurkan, ini tidak berarti bencana terbesar di laut dalam sejarah barat.
Bahkan di samping bencana pada masa perang, ledakan Mont-Blanc di Nova Scotia menewaskan hampir dua ribu pada tahun 1917, Bencana Sisilia 1707 menewaskan hampir jumlah orang yang sama, dan beberapa bangkai kapal lain dengan korban tewas yang lebih kecil bisa dibilang lebih dramatis. Namun daya tarik dengan Titanic telah bertahan sejak ia beristirahat di dasar laut, jauh sebelum film blockbuster James Cameron 1997. Mengapa?
Dalam banyak hal, tenggelamnya Titanic dapat dilihat sebagai akhir yang sempurna dan tragis menuju era inovasi teknologi yang tampaknya tak terbatas serta gaya hidup dekaden yang dibangun di atas ketidaksetaraan kekayaan yang luas.
Seperti yang sudah populeringat, banyak orang percaya bahwa "Tuhan sendiri tidak dapat menenggelamkan kapal ini" (meskipun pembangun kapal tidak pernah melakukan klaim sejauh itu). Orang-orang benar-benar percaya bahwa inovasi teknologi di sekitar pembuatan kapal dan industri lainnya telah membuat Titanic tak terkalahkan. Ketika dia tenggelam, dalam pelayaran perdananya, kepercayaan pada inovasi manusia ini terguncang.
Menyelidiki penyelidikan akan mencari penjelasan yang akan memungkinkan mereka untuk menegaskan kembali kepercayaan mereka, tetapi pada akhirnya mereka datang dengan tangan kosong. Hampir dua tahun kemudian, kepercayaan yang terguncang akan kemajuan manusia ini akan hancur ketika Eropa dan dunia jatuh ke dalam Perang Dunia I, yang menyaksikan kematian yang belum pernah terjadi sebelumnya (korban tewas diperkirakan mencapai tujuh belas juta) dan kehancuran di tangan teknologi perang baru.
Beberapa pengusaha terkemuka - "baron perampok" - turun bersama kapal itu, termasuk John Jacob Astor IV dan Benjamin Guggenheim. Tahun-tahun berikutnya juga akan melihat tantangan bagi kekayaan dan kekuasaan mereka yang bercokol: ketika Perang Dunia I berakhir, kerusuhan buruh meletus di negara-negara di seluruh dunia.
Sementara kerusuhan buruh telah terjadi selama beberapa dekade, kerusuhan tahun 1919 terutama kekerasan dan ketakutan komunisme menyapu dunia barat. Selain itu, epidemi influenza yang ganas menyebar secara global pada tahun 1918-1919, menewaskan 20 hingga 40 juta orang. Mungkin faktor-faktor ini membantu menjelaskan daya tarik kolektif kita dengan bencana Titanic: itu terjadi pada waktu yang memungkinkannya untuk melambangkan akhir dari era orang-orang kaya yang gagah perkasa; iman dalam kemajuan teknologi; dan rasa optimisme tentang masa depan. Terlepas dari itu, kisah Titanic adalah kisah yang memikat, dari konsepsinya, hingga kehancurannya, hingga penemuannya kembali beberapa dekade kemudian.
KAMU SEDANG MEMBACA
TITANIC
Исторические романыmenceritakan tentang kapal besar TITANIC yang menabrak gunung es pada malam ke 14 april 1912,dan tenggelam di perairan atlantik utara pada dini hari berikutnya. #kisah nyata yang di ambil dalam sejarah TITANIC