Definisi Pergaulan Remaja

18 1 0
                                    


A. DEFINISI PERGAULAN REMAJA

1. Definisi Pergaulan

Pergaulan kata dasarnya adalah gaul, yang menurut istilah bahasa Indonesia artinya adalah campur baur/kumpul. Jadi pergaulan itu artinya percampurbauran atau perkumpulan.

Pergaulan yang dimaksud di sini adalah, bercampurnya seorang individu dengan orang banyak (masyarakat) yang ada di sekitarnya. baik sejenis maupun dengan lawan jenis, baik tua maupun muda, baik itu bercampur dengan orang-orang yang berakhlak baik maupun bercampur dengan orang-orang berakhlak buruk.

Yang mana dengan bercampurnya tersebut, individu akan mendapatkan hasil yang baik atau mendapatkan hasil yang buruk. Ini semua tergantung individu yang bergaul itu sendiri apakah ia bergaul dengan orang yang baik atau apakah ia bergaul dengan orang yang jelek (akhlaknya).

Jadi pergaulan merupakan fitrah manusia sebagai makhluk social yang tak mungkin bisa hidup sendirian. Manusia juga memiliki sifat tolong menolong dan saling membutuhkan satu sama lain.

Interaksi dengan sesama manusia juga menciptakan kemashlahatan besar bagi manusia itu sendiri dan juga lingkungannya. Berorganisasi, bersekolah, dan bekerja merupakan contoh-contoh aktivitas bermanfaat besar yang melibatkan pergaulan antar manusia.

Namun, pergaulan tanpa di bentengi iman yang kokoh akan mudah membuat seorang muslim terjerumus. Kita lihat di zaman sekarang, banyak kejadian yang dapat membuat kita mengelus dada. Pergaulan bebas, pergaulan tidak senonoh., perampokan, perjudian, pemerkosaan, dan berbagai bentuk perilaku penyimpangan lainnya.

Semua itu bersumber dari pergaulan yang salah dan tidak dilandaskan pada kepatuhan terhadap syari'at Islam.

Oleh karenanya, suatu hal yang sangat penting mengetahui dan memahami pergaulan-pergaulan dalam Islam. Bagi sebagian orang yang tidak terbiasa dengan tata cara pergaulan dalam islam, mereka akan merasa canggung atau barang kali malah merasa tertekan karena pergaulan dalam islam itu terlihat begitu kaku dan tidak seperti pergaulan yang umum ditemui di masyarakat.

Islam adalah agama yang syamil (menyeluruh) dan mutakamil (sempurna). Agama mulia ini diturunkan dari Allah sang maha pencipta, yang maha mengetahui tentang seluk beluk ciptaannya. Dia turunkan ketetapan syari'at agar manusia hidup tentram dan teratur.

Diantara aturan yang ditetapkan Allah SWT bagi manusia adalah aturan mengenai tatacara pergaulan antara pria dan wanita.

Seperti ungkapan terdahulu bahwa adanya tata cara pergaulan dalam islam itu sebenarnya bukan untuk membatasi namun untuk menjaga harkat dan martabat manusia itu sendiri agar tidak sama dengan tata cara dan tatanan para hewan dalam bergaul.

Bila satu tutunan itu di ambil dengan kerendahan hati dan keinginan untuk berbakti kepada ilahi, maka tidak ada hal sulit untuk mengikuti tuntunan yang baik itu.

Terkesan sulit karena melihatnya dari sisi nafsu dan kepentingan duniawi. Bila memang belum mampu menjalankan tuntunan yang sebenarnya, jangan di tantang tuntunan itu, cukup tanamkan dalam hati bahwa diri akan selalu berusaha sekuat tenaga mengikuti aturan yang sesungguhnya.

Kalau menentang atau bahkan menantang, itulah tanda kesombongan diri terhadap sang maha kuasa.

Sedangkan dalam istilah bahasa arab pergaulan itu artinya sama dengan تعارفا (berkenalan-kenalan) isim masdar dari تعارف- يتعارف- تعارفا
Kedua istilah di atas mempunyai maksud dan ma'na yang sama yaitu bergabung/bercampurnya seorang individu dengan kelompok masyarakat.

Pergaulan atau berkenal-kenalan ini tertera di dalam firman Allah Q.S Al-Hujrat ayat 13, yang artinya:

"Hai manusia! Sesungguhnya telah kami jadikan kamu dari jenis laki-laki dan perempuan, dan kami telah jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling mengenal..............(Q.S Al-Hujurat:13)

Ayat ini telah menggambarkan kepada kita bahwa kita hidup di dunia ini sebagai makhluk pribadi dan juga makhluk sosial.

Dan Allah menciptakan manusia dari beberapa bangsa dan beraneka ragam suku dan ras, dengan maksud supaya manusia saling mengenal (bergaul) yang satu dengan yang lainnya.

Pergaulan Remaja Menurut Pandangan Islam Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang