Apa ada yang lebih baik daripada alur cerita yang bagus dan menarik, thor? Lika-liku alur cerita dan akhir cerita yang mengejutkan atau diluar dugaan readers adalah beberapa aspek yang paling di dambakan dari sebuah cerita hebat baik di novel, film, atau acara TV. Nah, dengan adanya si plot twist ini bisa memecahkan sebuah cerita yang alurnya hanya monoton gitu-gitu aja.
Aku pernah denger kutipan dari seorang tokoh yang isinya kurang lebih seperti ini, "Cerita terbaik adalah cerita dengan alur tak terduga yang tidak dapat ditebak oleh siapapun, bahkan penulisnya."
Lalu pertanyaannya emang sepenting itu kah plot twist untuk sebuah cerita?kalau menurut aku pribadi emang ya gak penting-penting amat si wkwk, canda. Si plot twist ini emang bukan hal yang wajib didalam sebuah cerita tapi dengan adanya si plot twist ini merupakan salah satu cara yang bagus untuk menambah intrik dalam cerita kalian, thor!
Intrik itu apa sih, dol? Jadi definisi intrik adalah suatu hal untuk membangkitkan keinginantahuan atau minat dengan kualitas yang tidak biasa, baru, beda dari yang lain, atau menarik. Intinya kalo kalian memakai plot twist dalam cerita kalian, kalian bisa menambahkan kesan menarik para readers. Jadi para readers tuh rasanya greget pengen ngikutin terus cerita kalian, istilahnya apa ya? Kepo gitu dengan cerita kalian. Pengen tau terus-terusan lanjutannya kayak gimana sih kok tiba-tiba bisa diluar dugaan gini.
Nah, di bab sebelumnya sidol kan bilang mau kasih tau bagaimana cara bikin plot twist yang bagus, jadi kita bahas di bab ini!😍
NOTE : DISARANKAN UNTUK BACA SAMPAI AKHIR BIAR GAK GAGAL FAHAM.
Cara membuat plot twist :
1. Bunuh karakter yang terlihat penting.
Biasanya readers akan menganggap satu atau lebih tokoh penting dalam sebuah cerita. Maka author atau penulis dapat membuat tokoh tersebut terlihat penting sampai pada beberapa bagian awal. Kemudian ciptakan peristiwa yang tidak terduga misalnya tokoh tersebut mati, masuk penjara atau sudah tidak berdaya lagi. Sehingga membuat penasaran karena salah memprediksi tokoh tersebut sebagai tokoh utama, tetapi kenyataannya dia bukan tokoh utama yang sebenarnya. Dan author atau penulis bisa memunculkan tokoh utama yang sebenarnya pada pertengahan atau akhir dari cerita.2. Tinggikan karakter atau tokoh yang terlihat sepele.
Cara ini menekankan pada karakter tokoh yang dianggap tidak penting tapi ternyata sangat berperan atau mengambil kendali pada jalannya cerita. Misalnya salah satu tokoh yang terlihat sepele di awal yang dianggap tidak penting ternyata dia lah yang memegang rahasia atau menjadi kunci dari alur cerita3. Biarkan karakter di dalam cerita menemukan alur cerita.
Buatlah tokoh protagonis di dalam cerita yang ditulis atau dibuat tersebut mengungkap fakta bahwa tokoh tersebut bukan seorang yang selama ini disangkakan oleh readers.
Kalian para author juga bisa membuat karakter atau tokoh yang dianggap sudah mati atau selama ini tidak ada ternyata masih hidup dan memantau jalannya cerita. Harus dimunculkan secara realistis ya thor jangan terkesan fantasi.4. Ciptakan kejadian besar untuk mengakhiri twist.
Buatlah alur cerita yang tidak terselesaikan saat itu juga. Namun buatlah cerita tersebut memiliki konsekuensi ke depan karena alur cerita tersebut akan diselesaikan oleh tokoh protagonis. Dengan begitu cerita akan terdengar lebih menarik dan membuat readers mengikuti carita sampai akhir.5. Pastikan membuat alur cerita yang berhasil.
Alur cerita harus dirancang dengan matang sehingga ketika eksekusi akan menghasilkan alur yang jelas dan menarik perhatian readers. Akan lebih baik jika mempersiapkan rencana cadangan sebagai antisipasi ketika merasa alur yang ditulis kurang cocok. Karena alur cerita yang terlihat acak tanpa ada penghubung akan membuat readers kesulitan mengikuti jalan cerita. Hal ini juga menjadikan karya yang dihasilkan termasuk dalam karya yang cacat.Jadi, bisa kita tarik kesimpulan fungsi dari plot twist :
🌲Menjadikan cerita lebih menarik dan berkesan.
Plot twist bisa menciptakan rasa ketegangan dan kegembiraan pada readers. Dengan membuat penonton terus menebak-nebak apa yang terjadi selanjutnya.
🌲Menantang asumsi readers tentang cerita kita.
Dengan memperkenalkan informasi baru atau mengubah alur cerita, readers akan dipaksa untuk mengevaluasi kembali pemahaman mereka tentang karakter dan peristiwa di dalam cerita. Hal ini dapat membuat cerita lebih kompleks, bernuansa dan juga dapat membantu readers tetap terlibat berpikir kritis tentang cerita kita.Memberikan kejutan.
Ketika sebuah plot twist terjadi maka readers dapat merasakan perubahan yang mendadak dalam cerita dan menjadi terkejut dengan hal yang terjadi. Kejutan seperti ini memberikan pengalaman yang lebih mendalam untuk readers.
🌲Mengubah arah cerita lebih dramatis.
Dengan memasukkan plot twist dalam cerita, author atau penulis dapat merubah cerita secara dramatis. Sehingga membuat cerita lebih menarik dan memungkinkan penulis untuk mengeksplorasi arah cerita yang berbeda.
🌲Memperdalam karakter atau tokoh.
Sebuah plot twist dapat mengungkapkan sifat sebenarnya seorang tokoh yang sebelumnya tidak terlihat dan ini dapat membantu readers memahami tokoh dengan lebih baik.
🌲 Menciptakan kepuasan bagi readers.
Dengan menyelesaikan konflik alur cerita dapat memberikan "rasa tuntas" dan dapat membuat readers lebih mengapresiasinya.Jadi gimana, thor? Tertarik untuk memasukkan plot twist dalam cerita kalian?? Hehehe. Eits, tapi tunggu dulu jangan terburu-buru. Iya, memang sih dengan adanya plot twist itu bisa membuat cerita kalian jauh lebih menarik tapi dengan syarat yaitu plot twist yang kalian buat harus berhasil.
Kalian harus sangat hati-hati dalam menggunakan plot twist supaya tidak merusak cerita. Karena tidak jarang penambahan plot twist justru membuat jalan cerita aneh dan terkesan tidak logis. Hal ini dapat terjadi ketika penambahan plot twist tidak dibarengi dengan transisi yang halus atau tiba-tiba terjadi perubahan alur yang tidak diperhatikan sehingga menjadi diluar logika dan membuat jalan cerita kacau. Oleh karena itu plot twist yang tidak terduga harus logis dan konsisten dengan cerita yang dijelaskan sebelumnya.
Oke, guys! Sepertinya segini dulu penjelasan aku tentang plot twist di halaman ini. Sebenarnya masih ada lagi yang mau aku bahas tentang plot twist tapi aku bikin di halaman selanjutnya aja yaa sengkuuu takutnya kalo dibahas di halaman ini juga jadi terlalu panjang bacaannya. Oke?❤️
Pantengin terusss!!
KAMU SEDANG MEMBACA
Lapak Wattpaders (On Going)
RandomSemua Tentang Wattpad Yuk, belajar bareng! Kamu author baru yang masih bingung dengan kepenulisan di wattpad? Atau para author yang sedang nyari cast untuk tokohnya? Atau kah para penulis yang sedang mengasah cara menulisnya? Atau para readers yang...