Hola, admin Aras is back.
Kali ini kami mau berbagi referensi aja buat kalian yang pengen riset sihir untuk cerita fantasy kalian. Materi kali ini adalah ringkasan dari apa yang sudah ada di dalam group Kepenulisan di line.
Mungkin kita sering melihat/membaca kisah-kisah mistis maupun berbagai hal yang tidak bisa dijelaskan menggunakan logika dari berbagai cerita atau film. Hal itu biasa kita sebut dengan nama ilmu sihir.
Dalam sejarah yang pernah admin baca, kalau zaman dulu awal-awal ilmu sihir itu itu adalah alkimia. Kalau pernah dengar yang paling terkenal dalam alkimia biasanya mengubah besi biasa menjadi emas, atau menetralkan air kotor. Oleh sebab itu banyak orang yang ingin menjadi seorang alkemis, seperti yang telah dijelaskan dalam cerita 'sang alkemis' karya Paulo Coelho.
Biasanya dalam Alkimia akan terbentuk sebuah simbol yang berbentuk indah bagai mancala, dan paling lazim bentuknya lingkaran. Simbol-simbol ini sering kita lihat saat cerita ritual pemanggilan roh jahat yang biasanya roh itu akan muncul ditengah lingkaran sihir itu.
Anime yang menggunakan cerita simbol Alkimia adalah fullmetal Alkemis. Kalau sihir yang menggunakan simbol ini bisa dilihat dalam cerita Marvel yang berjudul Doctor Strange.
Sihir adalah sistem konseptual yang merupakan kemampuan manusia untuk mengendalikan sesuatu melalui mistik, paranormal, atau supranatural.
Biasanya dalam cerita sihir akan sangat berhubungan dengan yang namanya 'Mana'. Tapi sebelumnya, sebenarnya apa itu 'Mana'?
Mana asal mulanya berasal dari ajaran Hindu yang biasanya disebut dengan Manas. Manas ini adalah 'tempat' dari bagian OBJEK dari benih tubuh. Objek dalam Manas direpresentasikan oleh GELOMBANG. Gelombang ini bisa datang dari berbagai sumber.
Sebelum lanjut, dalam fisika. Seluruh ruang masa yang ada di dunia ini terdapat gelombang. Sebagai contoh gelombang suara, cahaya(gelombang dan partikel).
Untuk sihir, dalam penggunaannya, sang pengendali sihir akan menggunakan Manas yang dia pinjam dari gelombang di sekitarnya. Dalam ajaran aslinya, pengumpulan mana bisa didapatkan dari bermeditasi. Bahkan sebuah novel terlaris yang juga merupakan game salah satu game terbaik sepanjang masa, the Withcer, menggunakan metode bermeditasi unguk mengumpulkan Mana kembali.
Tapi dalam cerita, bahkan game kebanyakan, mereka juga menggunakan sebuah ramuan(potion) untuk memulihkan Mana.
Jika menurut sumber yang ada, kekuatan dari Dewa-dewa seperti yunani dan sebagainya juga termasuk dalam katogori magic.
Sebuah Mantra juga disebutkan bukan tanpa alasan. Kembali ke dalam ajaran Hindu, Secara etimologi Mantra berasal dari suku kata Man (Manana) dan kata Tra (Trana) yang berarti pembebasan dari ikatan samsara atau dunia fenomena ini. Dari kombinasi Man dan Tra itulah disebut mantra yang berarti dapat memanggil datang (Amantrana).
Kesimpulan mudahnya, mantra disebutkan untuk memanggil datang kekuatan mistik itu. Biasanya mantra-mantra ini juga disebut dengan istilah 'spell' dalam bahasa inggris.
Sekarang adalah pengkategorian jenis-jenis spell/mantra sihir dari dari berbagai sumber yang admin ketahui:
1. Destruction(Penghancur)
-->Api(Fire/Flame)
-bola api
-semburan api
-pelindung api
-dll
-->Es(Ice/Frost)
-Membuat beku
-panah es
-tembok es
-dll
-->Petir(Lighting)
-Bola petir(Lightning Bolt)
-Membuat gemuruh
-Pelindung petir
-Menghasilkan listrik
-dll
-->Air(Water)
-Menghasilkan air
-Menetralkan air
-dll
-->Angin(Air/wind)
-Membuat angin topan
-Terbang
-Mendorong menggunakan angin
-kelincahan
-dll
-->Lainnya(Other)/Kombinasi
-kayu
-tumbuhan
-membuat hujan
-menenangkan cuaca
-dll
-->Kejut(Shock)Berimajinasi saja, susah jelasin satu-satu.
2. Restoration(Mengembalikan)/Healing(Penyembuhan)
-Penyembuhan(Healing)
-obat dari racun(poison cure)
-prisai sihir(biasanya transparan dan mengeluarkan aura)
-lingkaran sihir perlindungan
-dll3. Illusion(ilusi)
-tidak terlihat
-sulit terdeteksi
-menenangkan hewan buas/calm(bisa juga manusia)
-membuat marah/rage
-menambah semangat dan keberanian/courage
-Paralis
-Night vision
-dll4. Alteration
-membuat cahaya(Seperti lumos dalam Harry Potter)
-bernapas dalam air
-membuka kunci pintu
-mencari barang(Seperti Acio dalam Harry Potter)
-dll5. Conjuration
-memanggil pedang sihir
-memanggil panah sihir
-memanggil kapak sihir
-memanggil baju zirah sihir
-menembakkan anak panah tampah busur dari tangan
-dll6. Necromancer
-memanggil pengawal(Summon)
-memanggil pasukan tengkorak
-menghidupkan orang mati untuk digunakan tubuhnya sebagai pengawal(turn undead) tidak punya pikiran.
-memanggil pengawal elemental(terbuat dari api/air/angin/ tergantung keahlian)
-Mengunci jiwa sehingga musuh tidak bisa mati dan hanya akan terjebak diam membatu dalam tubuh itu.7. Enchenting
-Membuat senjata berlapis kekuatan sihir(Api, Air, Angin, Es, Petir, dll)
-Sangat diperlukan untuk bisa membuat ramuan.
-dllDari kategori di atas, usahakan buatlah pelevelan dalam setiap sihir. Sebagai contoh, seorang Necromancer lemah tidak akan bisa memanggil(Summon) sang Ratu dari roh api, mereka hanya bisa memanggil roh api tangkat rendah. Sedangkan Conjuration lemah hanya akan membuat pedang sihir yang mudah hancur. Healing lemah akan membuat penyembuhan terasa lama. Begitu juga sebaliknya untuk mengguna yang kuat.
Bisa menggunakan sistem pelevelan seperti lv.1 lv.2 - lv.100
Atau bisa menggunakan rank seperti F, E, D, C, B, A, S, SS
Atau pengkategoruan seperti pemula, menengah, expert.
YOU ARE READING
Materi Kepenulisan WATN
RandomDi sini adalah tempat dari membagikan materi-materi kepenulisan yang ada di We are the Nobles