Bismillahirrohmanirrohim...
Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.
Hadis Riwayat Abu Dawud berkata "Semua Perkara yang baik tidak dimulai dengan bacaan " Bismillaahir Rahmanir Rahiim", maka akan terputus (sia-sia belaka)."
Apa kabar hati hari ini? Apakah masih sama? Apakah sudah baik? Ah, entahlah. Aku cuma menerawang dan menerka apa yang terjadi denganmu. Pikirku sudah tidak ada alasan lagi untuk berposisi special di hadapanmu. Karena, sederhana saja bagiku, tiada segala bentuk usaha yang berbuah keindahan hakiki jika bukan Allah sebagai alasan utamanya.
Sendu sekali rasanya malam itu Ketika bersapa ria kita lewat pesan singkat di social media. Aku mengucapkan kata selamat untukmu di hari kelahiranmu. Ah sungguh dahsyat rasanya getaran yang menggoyahkan dadaku. Hampir robek rasanya jantungku. Ku kira sapaan dan ucapan itu akan hangat sampai seterusnya, ternyata hanya sesaat saja. Dan kamu memang memilih berlari ke arah lain untuk menjemput hijrahmu Bersama senja yang nanti akan kamu labuhi.
Kejam sekali rasanya dunia dengan segala fatamorgananya. Kesal dibuat bertubi-tubi dengan kecaman ucapan kata akhir yang tak pernah engkau ucapkan pada-Ku. Baiklah, aku kisahkan ini sebuah "Hijrah Kumbang Berlabuh Senja." Bagiku cukup sudah, jika tiada ucapan akhir yang akan berakhir."
"Sesungguhnya orang-orang yang berkata "Tuhan Kami adalah Allah" kemudian mereka tetap istiqomah, maka tidak ada rasa khawatir pada mereka, dan mereka tidak pula bersedih hati. (Qs. Al Ahqaf [46] : 13)
Untuk-Mu,
Semoga semua kebaikan-Mu diterima Allah,
Karena Aku hanya bisa mengenang-Mu
(Malam, 1 April 2020)