tanpa tokoh

3 3 0
                                    

🍃 Cerita tanpa tokoh terasa seperti nasi tanpa lauk bukan?😲🍃

Tokoh menjadi bagian yang sangat penting karena mereka lah yang menjadi pusat perhatian dan pengerak cerita.tapi yang sering di temui dalam dunia kepenulisan saat ini sayangnya adalah karakter- karakter yang kebanyakan yang tidak punya kepribadian, atau yang sayangnya lebih sering di temukan, karakter yang serupa dengan karakter - karakter terkenal di dunia televisi, dan bahkan novel dan komik.

dalam menciptakan karakter mulailah dengan:

1). Menentukan motivasi karakter.

apa yang menjadi pengerak karakter kita. apa yang menjadi ambisinya,dan kenapa ia memiliki ambisi tersebut. apa yang karakter itu lakukan dan kenapa ia lakukan itu.

2).backstoy.
Setiap karakter memiliki masa lalu pikirkan lah apa yang terjadi sebelum karakter ini memulai ceritanya di cerita kita. ini akan membuat kita paham dari mana asal karakter tersebut.

3). ketakutan terbesarnya.
apa yang paling di takuti karakter tersebut? ini membantu kita dalam membagun konflik karakter tersebut.

4). Hubungan dengan karakter lain.
siapa yang mereka sukai? siapa yang mereka tidak sukai? siapa yang menentang mereka? siapa yang membantu mereka? siapa yang memiliki hubungan dengan mereka ( hubungan darah, atau terhubung akibat kondisi, dengan kata lain "keluarga").

5).sifat kepribadian utamanya.
baik sifat positifnya maupun negatifnya.

6).matasan moral.
apa yang jelas pasti nya tak kan pernah Meraka lakukan? apa yang mereka pertimbangkan untuk dilakukan dalam menghadapi tujuan mereka?

7). Tingkah laku/ pandang nya.

apa yang menjadi permasalahan utama dalam setting ceritamu, dan apa pandangan karaktermu, terhap masalah ini? bagaimana ia merting kah laku terhadap karakter lainnya, berdasarkan pandangan mereka ini? siapa tau yang mereka pandang rendah? tingkah laku macam apa mereka pilih untuk lakukan dan tidak lakukan, yang bagi mereka penting
Contoh: bagaimana pandangan agama mereka dan bagaimana mereka menentukan tindakan mereka, atau apa mereka lebih senang membeli sesuatu ketimbang membuat nya sendiri dll.

8). Kemampuan.

apapun itu, kemampuan sihir , atau bukan sihir,apa bakat mereka, apa kelebihan mereka dan apa kekurangan mereka.

9). Kemampuan berbicara.

bagaimana suara mereka, logat, batasan kosa kata mereka, dan bagaimana mereka berbicara dalam kehidupan sehari-hari, perhatikan bahwa latar belakang mereka menentukan batasan kosa kata mereka, seseorang yang tidak memiliki endukasi tinggi misalnya, memilih mengunakan kata - kata seperti "angin duduk" sebagai ganti "serangan jantung" dan orang dengan edukasi tinggi biasanya menjaga diri untuk tidak menggunakan kata - kata kotor saat berbicara.

1o). Edukasi.
Tentukan setandar edukasi dalam mu,
dan seberapa tinggi edukasi karakter mu.

11). Keluarga.
Bagaimana mereka di besarkan? dan bagaimana kondisi keluarga mereka?

12). Persahabatan.

Persahabatan yang bagaimana yang mereka hargai? berapa teman yang mereka miliki? seberapa mudah mereka bergaul?

13) pandangan seksual/ hubungan romantis.

berapa banyak hubungan romantis yang mereka hadapi? seberapa banyak mereka berkomitmen di hubungan tersebut? bagaimana tingkah laku mereka di saat menjalani hubungan secara romantis?

14). pekerjaan.

apa pandangan mereka terhadap pekerjaan mereka? Pekerjaan macam apa yang ingin mereka lakukan? Pekerjaan apa mereka lakukan? Jika karakter kalian seorang pelajar maka pikirkan etos kerja mereka? Pelajaran kesukaan mereka? cita - cita dll.

15). Pandangan terhadap diri mereka.

bagaimana pandangan karakter kalian terhadap diri mereka?  apa mereka menyukai diri mereka? apa pandangan mereka terhadap hubungan mereka dengan orang - orang di sekitar mereka?

16). Kesehatan.
bagaimana kondisi kesehatan mereka. apa mereka orang yang sakit - sakitan? bagaimana kondisi kesehatan mereka di masa lalu, saat ini dan kedepannya?

17). Cara mereka menjaga rumah.

bagaimana mereka hidup sehari-hari?apa mereka orang yang rapi, atau berantakan? benda- benda yang mereka anggap penting dalam kehidupan sehari-hari mereka, dan benda - benda yang  terus mereka lupakan? Contoh: tokoh yang kalian tulis tidak bisa hidup tanpa handphone,tapi engak akan inget untuk Bawak bekal ke sekolah dll.

18) politik.

bagaimana pandangan mereka terhadap masyarakat sekitar,dan apa yang harus mereka lakukan oleh orang- orang yang bekerja dengan pemerintahan.apa pandangan mereka terhadap politik  yang terjadi di dunia mereka, dan bagaimana mereka menempatkan diri mereka dalam kasta kehidupan sosial.

19). agama.

bagaimana pandangan mereka terhadap kehidupan, kematian, dan pecintaan. Pemahaman mereka terhadap "tujuan" mereka dalam hidup,dan kepercayaan mereka terhadap takdir.

20). Selera.

selera mereka terhadap fashion, makanan, dan hal-hal yang di anggap penting bagi mereka.

Tentu saja tidak semua yang ada di atas ini  harus kamu tulis, sebagai penulis, cantumkan dalam cerita mu,dan secara peribadi sebagian besar hal- hal di atas ini hanya saya simpan di kepala saya, tapi tak jarang juga  saya menempel kan jawaban dari semua pertanyaan ini ke papan tulis kamar saya, untuk terus mengingat kan saya tentang hal- hal yang karakter yang mau saya lakukan atau tidak mau lakukan

Mencetak penulis  PemulaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang