"Ah gitu doang baperan!"
"Lebay banget sih lu, gitu doang kepikiran."
"Dikit-dikit nangis."
Jadi gini dear,
Kamu nggak bisa paksa tiap orang buat berpikiran sama seperti kamu. Karena pada dasarnya, setiap orang punya karakter masing-masing. Punya jalan pikiran, watak dan perasaan yang berbeda.
Memang ada beberapa orang yang terlahir dengan hati yang lembut, atau sosok yang berpura-pura kuat padahal rapuh.Coba deh kamu tempatin diri kamu di posisi orang tersebut. YAA NGGAK AKAN BISA, karena kamu nggak mengalami hal itu, tapi pikir lagi lebih jauh, pasti ada kan saatnya kamu ingin merasa dihargai? Atau yaa setidaknya didengarkan, di pedulikan dan lainnya. Maka dari itu coba deh, perlakuin orang lain sebaik mungkin, karena kamu pun pasti ingin diperlakukan sebaik itu.
Jangan egois dong! Sendirinya pengen dimengerti, tapi nggak pernah mencoba buat memahami. Satu lagi, tolong kalau mau kasih komentar ke seseorang liat dulu, pahami dulu, karakter orang tersebut seperti apa, boleh jadi 'komentar yang kamu anggap biasa saja' sangat berpengaruh terhadap orang itu, bahkan nggak jarang kok jadi bikin orang itu stress.
Yaa intinya watch your mouth, dan lebih menjaga lagi perasaan sesama manusia. Memanusiakan manusia lah istilah kekinian nya. Kan Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam juga mengajarkan kita untuk memiliki akhlak yang mulia dalam hubungan sesama manusia,
عَنْ أَبِي ذَرّ جُنْدُبْ بْنِ جُنَادَةَ وَأَبِي عَبْدِ الرَّحْمَنِ مُعَاذ بْن جَبَلٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا عَنْ رَسُوْلِ اللهِ صلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : اِتَّقِ اللهَ حَيْثُمَا كُنْتَ، وَأَتْبِعِ السَّيِّئَةَ الْحَسَنَةَ تَمْحُهَا، وَخَالِقِ النَّاسَ بِخُلُقٍ حَسَنٍ " [رواه الترمذي وقال حديث حسن وفي بعض النسخ حسن صحيح]
"Dari Abu Dzar Jundub bin Junadah dan Abu Abdirrahman Muadz bin Jabal radhiyallahu 'anhuma, dari Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam beliau bersabda, "Bertakwalah kepada Allah di mana pun engkau berada. Iringilah keburukan dengan kebaikan, niscaya kebaikan tersebut akan menghapuskan (keburukan). Dan pergauilah manusia dengan akhlak yang mulia." (HR. At-Tirmidzi, dan dia berkata: Hadits Hasan Shahih).
Kalau merasa sependapat dengan tulisan ini atau merasa tulisan ini bermanfaat, silahkan beri bintang. Kalau nggak suka gapapa, saya juga nggak maksa kok, tapi kalau memang ada perkataan yang kurang berkenan, atau ada saran InSyaaAllah saya akan sangat appreciate itu 🌚
-Mikaha
KAMU SEDANG MEMBACA
SPEAK UP
Short StoryHanya berisi celotehan singkat seorang anak remaja tentang semesta #5 dalam useless (2 November 2020)