Tema kita hari ini adalah cara membuat vector. Tepatnya vector mata dan alis. Karena salah satu dari jenis cover Wattpad erat hubungannya dengan vector, maka aku putuskan untuk membuat tutorial ini terlebih dahulu sebelum kita membahas cover tersebut.
Nah vector itu termasuk ke dalam gambar ilustrasi, kawan-kawan. Cara pembuatannya itu ya gampang-gampang susah.
Tingkatkan kreatifitas kalian agar hasil semakin maksimal dikemudian hari.
Yah karena dalam pembuatan vektor ini tidak bisa instan. Kita harus mulai dari awal. But don't worry, I'm here to help you. Meskipun saya belum terlalu pro dan masih butuh banyak belajar, saya akan mengusahakan yang terbaik untuk membantu kalian semua.Berikut adalah hal yang harus kita perhatikan dalam pembuatan vektor:
1. Tracing.
2. Coloring.
3. Shading.
4. Masking.
Dari empat poin di atas, saya rasa yang paling sulit adalah shading. Yup, dalam hal ini kita harus memperhatikan perubahan warna dari mulai gelap ke terang dan sebaliknya. Shading salah gambar auto kacau.Well, kita langsung saja masuk ke materi inti.
Bahan:Aplikasi : Medibang Paint.
Sebenarnya ada banyak aplikasi android, ios, ataupun pc yang bisa kita gunakan, beberapa mungkin sudah kalian kenal.Contoh : CorelDraw, Infinite Design, Ibis Paint X, PicsArt, MediBang Paint, dll.Kenapa saya pakai MediBang Paint? Karena aplikasi ini adalah salah satu yang RAM-nya tidak terlalu besar. Tool-nya juga lumayan lengkap, dan yang terpenting tidak mudah mengalami crash. Kekurangannya adalah ketika menambahkan font, aplikasi ini tidak menampilkan betuk akhir font (sample) jadi kita sulit untuk menentukan font yang akan kita pakai.
Mungkin untuk selanjutnya saya akan belajar menggunakan aplikasi yang lebih beragam.More experiment more experience.
1. Buka MBP. Buat new canvas. Masukkan gambar yang akan dijadikan sebagai bahan vektor menggunakan tool no 16, lalu atur opacity pada pengaturan layer agar kita lebih mudah membuat outline.
KAMU SEDANG MEMBACA
Graphic Class
De TodoKumpulan dari materi graphic yang sudah di sampaikan di Studying Authorship. Yuk, baca kembali materimu! For all member STAU From all admin STAU