Gue jelasin ni ya, kemarin-kemarin gue baik-baik aja, terus pas mau masuk SMP gue ikut oom gue ke kota yang lebih besar, sekolah elit katanya, karena kasian otak gue di sia-siain kalo tinggal di kota kecil. Siang atau malam hawanya ga bisa lu bedain. Panas beneran parah. Terik everyday, yang namanya hujan, jarang banget terjadi.
"Alah... ngeles terus" celetuk nyokap
"Ya ya ya, Daniel mandi nih mandi"
•°•°•°
Nyokap itu... kalo omongannya di jawab bakal balas terus, tapi kalo di diamin lebih bahaya, mama bakal ngoceh~~~~~ terus, dan berhentinya bisa lebih lama lama lama lama lama banget.
Pas mau ambil handuk buat mandi, oiya gue baru inget motor gue, kasian udah sebulan ga gue cuci. Yaudah deh mau gue cuci dulu. Ntar gue dianggap majikan yang tidak bisa memenuhi hak barang-barangnya. Secara kan relasi gue sebagai majikan dibangun secara bermartabat, egalitarian, bersahabat, bahkan dengan kekeluargaan, ahahahaha ngelantur terus.
"Itu mau kemana lagi? Tadi katanya mau mandi" cegat nyokap ketika gue pindah haluan arah
"Mau mandiin Pau dulu"
"Yaudah sana" balas nyokap
"Ini juga mau kesana Ma" jawab gue
Jadi, Pau itu motor bebek kesayangan gue, bukan karena belinya dari hasil jerih payah gue sih.. tapi karena ini hadiah ulang tahun dari bokap pas gue naik kelas 3 SMP.
Warning: umur gue masih belum cukup buat ngendarain Pau waktu itu, adik-adik tolong jangan ditiru!
Gue itu tipe yang sayang banget sama barang, gue rawat, gue jaga, liat kan? Barang aja gue perhatiin apalagi elu.
Lagi asik bersihin motor tiba-tiba gue ga sengaja liat cewek disamping pager rumah gue, ya gue acuhin aja yakan, secara mungkin cuma numpang lewat.
"Daniel"
Beh barusan yang manggil gue suaranya alus bener. Pasti gue noleh dong karena jelas-jelas cuma gue doang yang namanya "Daniel" di kelurahan ini.
"Ya?" Lah cewek tadi rupanya. Kok dia tau nama gue ya? Wajahnya kayak pernah liat, tapi dimana yaa?? Mikir keras nih gue
"Tante yang dirumah sebelah, kemana ya?" Tanya si Dianya
Maksudnya tante gue yaa. Jadi, tante gue, adiknya nyokap, rumahnya sebelahan sama rumah gue. Pada paham ga? Paham kan ya.
"Oh tante Lia? Jualan dipasar belum pulang. Kenapa?" Tanya gue balik
"Gitu ya, hem... yaudah deh, ga jadi, aku pulang dulu ya" sambil dadahin gue terus gue ditinggal
Yaaah si Eneng malah cepet banget pulangnya, padahal masi pengen ngobrol, kayak jelangkung ga sih? Datang ga di undang, pulang ga di anter, padahal kalo mau bisa gue anter pake motor kesayangan gue satu ini.
•°•°•°
"Ma~ Daniel pergi dulu ya, mau ngumpul ama temen, sorenya Daniel mau main dilapangan voli. Jangan telpon ya"
"Eh sini dulu" tiba-tiba nyokap ngeberhentiin langkah gue
"kenapa ma?" Tanya gue
"Mama cuma mau nyium, masih bau apa enggak" kata nyokap. Kan nyokap aneh-aneh lagi
"Ga bau Ma, kan udah mandi, udah wangi nih, baunya semerbak" kata gue
"Hemmmmmm" yah pake mikir lagi sih Mama. "Yaudah sana pergi, pulangnya jangan malem, ntar abis main keringatan, bau, ga mandi alasan airnya dingin"
"Lah emang dingin Ma" kilah gue
"Panasin aja airnya di kompor" kata nyokap. Mama sih ga mau masang keran air panas di kamar mandi, alasannya buang-buang duit. Terus, lagian mandi air dingin banyak manfaatnya, salah satunya yaitu meningkatkan kekebalan tubuh biar ga gampang sakit, gitu kata nyokap. Nyokap emang selalu bener dah.
"Iya iya" selalu deh nyokap gitu, padahal tadi udah pake sepatu, sekarang harus pake ulang lagi.
"Daaaa ma" pamit gue
"Daaah, hati-hati"