Meluluhkan hati mertua

2 0 0
                                    

Karena tulisan ini saya buat tidak melulu berisi quote tapi juga sharing pengalaman ya man teman.

Ada beberapa teman saya mengeluhkan betapa buruknya hubungan mereka dengan mertuanya -terutama mertua perempuan- mereka curhat kepada saya tentang bagaimana nyinyirnya mertua mereka, oleh sebab itu part ini saya buat. Yuk cekidot apa saja tips untuk meluluhkan hati mertua,

1. Ikhlaskan hati ketika berbuat baik kepada mertua, niatkan hanya untuk mencari pahala Alloh. Hal ini penting agar ketika perbuatan baik kita tidak dibalas sesuai ekspektasi, kita tidak sakit hati lalu berhenti berbuat baik kepada mertua.

2. Pernah mendengar hadits yang berbunyi "Tahaaduu Tahaabuu" yang artinya Saling memberi hadiahlah kalian niscaya kalian akan saling mencintai (HR. Bukhari) ?? Berilah hadiah walaupun sederhana untuk mertua, berilah apa yang sedang dibutuhkan mertua semoga dengan itu Alloh ta'ala melembutkan hati mertua kita.

3. Sering melakukan skin ship dengan mertua seperti mencium tangannya, memijitnya ketika kita melihat beliau kelelahan, memegang tangan beliau ketika menyebrang jalan. Awalnya mungkin akan terasa canggung tapi percayalah semua akan mencair seiring berjalannya waktu.

4. Seringlah memuji suami/istri kita di depan orang tuanya alias mertua kita. Sampaikan betapa baiknya suami/istri kita dan betapa kita bersyukur dengan hal itu.

5. Jangan suka mengeluhkan urusan rumah tangga kita kepada mertua, terutama masalah finansial.

6. Seharusnya saya menempatkan tips ke 6 ini mungkin di urutan 2 tapi karena sudah terlanjur ya sudahlah, jadi yang keenam ini do'akan mertua kita agar dilembutkan hatinya. Sesungguhnya Alloh Maha Membolak-balikkan hati.

7. Ingat jangan menyerah hati mertua kita terbuat dari daging bukan batu yang keras. Ketika hati mertua belum juga luluh jangan pernah meminta pasangan kita untuk memilih antara kita atau mertua karena hal itu akan menyakiti hati mertua, lebih baik menepi sementara jika dirasa lelah.

Oke segitu dulu ya, semoga bermanfaat.

Curhat CoretkuTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang