II

553 68 10
                                    

Jas Ujan

Yoongi itu anak tunggal. Ibunya kerja jadi bagian administrasi di rumah sakit pemerintah, bapaknya di perusahaan negara tapi ude pensiun. Intinya, dua-duanya PNS. Inti dari intinya, itu sekeluarga idupnya makmur.

Ibu Yoongi adalah perempuan paling cantik, paling lemah lembut, pokoknya paling dabest deh di mata Yoongi. Dan si bapak adalah sosok yang terkenal gahar di luar, didukung bodinya yang 11-12 sama Ade Rai. Dulu waktu muda sempet jadi binaragawan soalnya. Dan kebiasaannya itu kebawa ampe sekarang. Bapaknya Yoongi ude 60 taon, tapi dari dulu setiap malem pulang kerja ampe pensiun sekarang itu yang namanya ke gym ga pernah bolos.

"Gi, ayo ikut bapak nge-gym lah! Kamu kan kerjanya dari rumah, banyak waktu santai, ngerjain kerjaan bisa sambil rebahan pula. Ayo ikut bapak olahraga biar seger buger!"

Yoongi biasanya bakal langsung jawab ga mau. Dia terlalu cinta dengan hidup santai sambil rebahan. Makanya badannya kurus dan sering keliatan loyo. Pelor sih.

Eh iya, tadi kan ude dibilang kalo bapaknya Yoongi itu terkenal gahar di luar rumah. Saking takutnya, banyak tetangga yang suka gemeteran kalo lewat depan rumah dan papasan sama bapak yang yang nyiram halaman depan. Dulu juga pernah rumah Yoongi kemasukan maling, tapi ke-gep sama bapak. Ga perlu bicara apa-apa, cuma bermodalkan bodi kekar, pelototan mata, dan kumis setebel kamus Oxford, si maling ude pingsan ketakutan sebelum sempet beraksi.

Tapi satu hal yang orang-orang di luar ga tau, bapak itu aslinya tukang nge-troll. Dan si Yoongi inilah yang biasa jadi korbannya.

.

.

.

"Gi, ortunya Jimin ude pulang umroh tuh. Badu aja sampe rumah. Kita samper ke rumahnya yok?"

Jimin itu sepupu Yoongi betewe. Bapaknya Jimin adeknya ibu Yoongi.

"Hayok lah, pak. Yoongi kepengen minum air zamzam."

"Naik motor aja ya?"

"Oke."

Jadilah Yoongi sama ortunya motoran ke rumah Jimin yang jaraknya ga begitu jauh. Bapak ngeboncengin ibu, Yoongi sendiri sambil bawa beberapa makanan buat keluarganya Jimin.

Sayang, pas udah setengah perjalanan tau-tau ujan deres. Ditambah angin ribut pula. Dan itu ujan ga ada peringatan apa-apa, ga ada hawanya, ga ada gerimis, langsung deres gitu aja. Kesel ga lu?

Alhasil, Yoongi plus ortunya neduh dulu di depan deretan toko yang udah pada tutup. Bareng sama pengendara lain yang juga pada ga bawa jas ujan.

Lima belas menit mereka nunggu, ujannya masih deres biarpun udah ga ada angin kencengnya lagi. Bapak nengok ngeliatin Yoongi yang lagi main hape.

"Gi."

"Ya, pak?"

"Bawa jas ujan ga?"

"Bawa sih. Tapi cuma satu yang model ponco."

Yoongi ngebuka bagasi motornya, nunjukin jas ujan yang dimaksud. "Bapak mau pake?"

Bapak ngangguk. "Sini biar bapak sama ibu make jas ujannya. Nanti kamu....."

Yoongi mikir bapaknya bakal bilang "Nanti kamu pulang aja pas ujan reda. Biar bapak sama ibu yang ke rumah om kamu." gitu ya. Tapi ternyata omongan bapaknya jauh di luar ekspektasinya.

"Sini biar bapak sama ibu make jas ujannya. Nanti kamu ke rumah Jiminnya ujan-ujanan aja. Kan udah deket juga rumahnya..."

Yoongi cengo.

Seumur-umur, orang tua kebanyakan biasanya pada khawatir bahkan ampe ngelarang ujan-ujanan karena suka bikin panas dingin meriang. Tapi rupanya si bapak pemikirannya antimainstream sekali pemirsa.

Jadilah mereka lanjut perjalanan dengan bapak ibu yang kering, aman tertutup jas ujan, disusul Yoongi yang motoran sambil rela basah-basahan keguyur ujan.

"Gusti... dosa ga sih ngeloak bapak sendiri?"

(Diambil dari kisah nyata, yaitu bapaknya Panda sendiri :") Iya, si babeh emang se-absurd itu orangnya makanya Panda disuruh ujan²an 😂)

>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>

Kumis

Dari dulu bapaknya Yoongi selalu terkenal dengan kumisnya yang super tebel, item, rapet. Itu satu hal, selain bodi kekarnya, yang bikin orang-orang takut. Temen-temen sekolah Yoongi pun ga ada yang ga takut ama bapak.

Tapi dulu waktu Yoongi SD, pernah sekalinya bapak nyukur abis kumisnya dan itu ngebuat Yoongi nyaris ga mau ngakuin bapaknya sendiri.

.

.

.

(Waktu Yoongi SD...)

"Pak, ini hari sabtu. Nanti pulang sekolah Yoongi dijemput kan, pak?"

Bapak yang lagi asik joget-joget dengerin lagu campursari di radionya cuma ngacungin jempol. Sesekali bapak nyanyi ngikutin lirik yang dia denger.

"Ndang balio Sri~ ndang balio~
Aku loro mikir kowe, ono ning endi~"

Ibu yang lagi nyapu rumah cuma bisa geleng-geleng kepala liat kelakuan suaminya sendiri. "Yang kayak gini kok bisa-bisanya ditakutin warga sekomplek..."

Yoongi sendiri udah kabur setelah pamit dan salim ke orang tuanya. Jemputan sekolahnya udah dateng soalnya.

.

Yoongi sekolah kayak biasanya aja. Belajar, ishoma, belajar lagi, trus abis ashar ikut pramuka ampe jam 4. Selesai pramuka, Yoongi udah siap pulang sambil ngeteng tongkat pramukanya. Dia berdiri di depan gerbang, celingak-celinguk nyariin bapak.

"Bapak kok belom dateng ya?"

Yoongi masih tolah-toleh sana sini nyariin bapaknya. Sampe akhirnya dia ngeliat motor bapaknya keparkir di deket abang-abang yang jual lidi-lidian pedes. Yoongi yakin itu motor bapaknya. Platnya dia inget kok. Tapi kenapa yang duduk di atas motornya bukan bapaknya. Yang ada cuma om-om ganteng kekar tanpa kumis yang Yoongi ga kenal.

Yoongi nyamperin motor bapaknya itu terus merhatiin si om yang cuma senyam-senyum itu. "Kamu ngapain melototin bapak begitu? Ayo pulang!"

Yoongi syok. Dia geleng-geleng kepala sambil ngeliatin si 'om' itu waspada. "Ih, om siapa? Seenaknya ngaku-ngaku bapaknya Yoongi! Bapak itu kumisnya tebel kayak sapu ijuk, dan nggak seganteng om!"

Si 'om', alias bapaknya Yoongi yang udah cukur kumis cuma bisa diem. 'Astajim...jadi selama ini gue jelek pas kumisan gitu?'

Bapak akhirnya ngeluarin KTP dari dalem dompetnya. "Heh, ini bapak lu sendiri tong! Nih KTP bapak! Tadi siang tuh bapak abis cukuran! Sembarangan lu bilang bapak ga ganteng kalo kumisan! Gini-gini bapak primadona ya pas jaman SMEA dulu!"

Yoongi ngeliatin muka bapak di KTP sama muka aslinya berkali-kali. Trus dia liat nama, tempat dan tanggal lahir, golongan darah, semuanya sama.

"Ba..bapak? Beneran nih? Kok mukanya lain?"

"Ya lain lah! Namanya juga antara berkumis ama kagak! Ayo ah pulang. Ibu kamu udah masakin gule sotong paporit kamu tuh di rumah."

Oh emang beneran bapak ternyata. Buktinya dia tau makanan kesukaan Yoongi.

"Lain kali bilang ngapa kalo mau cukur kumis, pak. Bikin kaget aja."

Dan bapak cuma bisa haha hehe aja dengerin Yoongi ngedumel.

.

TBC

Ada yang sama, pernah pangling ama ortu sendiri? 😁

BTS ✔️- Realita KehidupanTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang