Karakter dan Kisah Tokoh Wayang Gatotkaca - Ki Ghaib Siswoyo

20 1 0
                                    


Gatotkaca adalah sosok wayang yang banyak diidolakan oleh banyak orang. Dia adalah putra dari Dewi Arimbi dari negeri pringgodani dengan Bima atau Bratasena dari Amarta.

Ketika lahir Gatotkaca bayi/kecil yang bernama Jabang Tutuka ini memiliki keanehan yaitu tali pusatnya tidak bisa dipotong dengan senjata apapun. Karena itulah akhirnya Arjuna bertapa yang bertujuan mencari senjata yang dapat memotong tali pusat gatotkaca.

Dari bertapa mencari senjata tersebut Arjuna harus berperang dan berebut dengan Karno untuk mempeberebut sernjata yang bernama Kunto Wijaya Ndanu. Dalam perebutan tersebut Karno mendapatkan senjatanya dan Arjuna mendapatkan rangka atau sarungnya.

Dan rangka itulah yang digunakan untuk memotong talipusat Jabang Tutuka. Sebuah keanehan kembali terjadi, setelah tali pusat tersebut berhasil dipotong bersamaan dengan itu rangka tersebut masuk kedalam tubuh Jabang Tutuka.

Jabang Tutuka yang masih bayi kemudian dibawa ke kahyangan dan diadu dengan seorang raksasa. Dalam pertarungan tersebut Jabang Tutuka kalah, karena kekalahan tersebut kemudian Jabang Tutuka dimasukkan kedalam kawah candra dimuka. Masuknya Jabang Tutuka kedalam kawah Candradimuka, para dewa di kahyangan memasukkan seluruh jenis logam kedalamnya.

Setelah mendapatkan penggemblengan di dalam kawah candradimuka keluarlah Jabang Tutuka menjadi sosok yang sakti dan kuat dan Betara guru memberi nama Gatotkaca.

Sebagai seorang kesatria dan raja di kerajaan Pringgodani Gatotkaca memiliki banyak kelebihan. Namun demikian Gatotkaca juga memiliki kelamahan dalam dirinya. Apakah kelemahan sang kesatria ini?

Tonton kisah lengkapnya di video berikut ini:

Karakter dan Kisah Tokoh Wayang Gatotkaca - Ki Ghaib SiswoyoTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang