prolog: dimulai dari nol

904 97 44
                                    

Persiapan new year new life. Gitu kalo kata Calum setiap ada yang nanya, "kenapa pindah rumah?". Padahal mah seharusnya new year, new house ya? Yaudah deh nggak papa. Iyain aja. Terus kenapa pindah rumah? Jawabannya simpel, soalnya Calum punya firasat dia bakal jadi orang kaya, makanya dia butuh rumah yang lebih besar. Songong.

Dibanding rumah lama, rumah yang sekarang jelas kelihatan jauh lebih cozy karena ada pekarangan kecil di belakang dan ada kolam renangnya. Nggak tau sih kolamnya bakal sering kepake atau nggak. Kalo nggak ya buat naro Jamal sama Dobleh aja biar mereka berasa seolah-olah lagi berenang di Samudra Hindia. Soal pekarangannya, Arin juga lagi sibuk hunting tanaman-tanaman buat ditaro situ.

"Rin, aku capek. Tanem pohon beringin aja ya? Nggak usah takut ada genderuwo, nanti bisa dipelihara." Kata Calum waktu itu pas dia nemenin Arin keliling-keliling dan masih belum nemuin tanaman apa yang harus dibeli sampai udah ngedatengin toko yang beda-beda.

Sejujurnya, pengetahuan Arin tentang tanaman juga belum seberapa luas sih. Ini modal ngiler aja liat orang-orang di Instagram kok pada melihara tanaman begini.

"Bougenville kayaknya lucu nggak sih?"

"Kayak nama regu Pramuka."

"Kamu emang nggak asik," Arin cemberut. "Lavender gimana? Dia kan pengusir nyamuk juga."

"Kaktus aja, Rin. Biar nanti kalo anak-anak susah bangun buat sekolah bisa ditusuk-tusukin."

"AH KAMU MAH ORANG LAGI SERIUS!!!" Kalo tempat tukang tanaman ini lagi sepi, kayaknya Calum udah ditimpukin Arin pake pupuk.

"Ish, itu pekarangannya mau aku pake, tau! Kamu pake Shopee tanam aja sih. Nanti aku bantu siram."

"Pake buat apa? Kamu juga jarang di rumah."

"Yeu. Sedih ya?"

"Dikit."

Padahal, Arin niatnya cuma bercanda. Tapi Calum malah cemberut dan tau-tau meluk Arin dan naro kepalanya di pundak Arin. Orang-orang di deket situ jadi pada curi-curi pandang. Ini kalo lagi di sinetron palingan ada backsound "semua yang kau lakukan is mejik."

"Lepas ih! Diliatin orang!"

"Biarin. Kan mereka punya mata."

"Ya kalo mereka nggak punya mata udah ngibrit aku." Arin ngebales ogah-ogahan.

"Maaf."

"Hah?"

"Maaf jarang di rumah."

"Kamu nih suka kesambet tiba-tiba." Sebenernya Arin lagi nahan malu gara-gara masih diliatin orang-orang. "Udah ih, lepaaaasss! Malu tau!"

"Rin,"

"Apa?"

"Nggak. Hehe."

⛅️

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

⛅️

Keenan sama Felix sebenernya nggak begitu semangat pindahan rumah karena jarak rumah yang baru sama sekolah lumayan jauh. Jadi mereka mau nggak mau harus bangun lebih pagi biar nggak terlambat. Terus nggak enak, nggak bisa tidur dulu di mobil karena udah nggak ada yang bisa setiap saat nganterin. Katanya sih mereka mau belajar sulap dulu biar bisa ngendarain motor sambil tidur.

"Kok belom tidur? Besok sekolah."

Asli, mereka kira, orang tuanya udah pada tidur makanya pada diem-diem cabut ke ruang TV buat nonton film. Nggak taunya Calum juga ikutan bangun dan duduk di sofa sambil ngegenggam Indomilk pisang.

"Ayah kenapa belom tidur?"

"Dih, ngeyel," jeda sebentar karena Calum gigit plastik sedotan. "Ayah mah libur. Besok mau gangguin Mama di toko kue."

"IKUUUUUUUUUUT!!!" Felix langsung nengok secepat kilat cahaya sambil masang muka melas. "Pliiisssss besok aku bolos aja."

Semenjak Arin udah nggak dibolehin kerja lagi sama Calum, dia akhirnya kerja di toko kue. Berawal dari bulan-bulan pertama di rumah doang, Arin bawaannya bete dan ikutan kesel juga sama Calum. Pernah tuh pas Calum lagi nugas ke luar kota, teleponnya dicuekin sama Arin. Sampai akhirnya perempuan itu ikut kursus masak. Nggak yang keren-keren banget sih, tapi seenggaknya dia jadi bisa bikin beberapa dessert. Kenapa bisa kerja lagi padahal udah dilarang Calum? Soalnya toko kue itu punya tantenya Arin yang udah nggak bisa kerja lagi karena udah tua dan gampang capek. Daripada tokonya ditutup kan mendingan dikasih aja mumpung ada yang mau ngerawat.

Tapi, jadinya ya begini deh. Felix sama Keenan kerjaannya datengin toko mulu dan asal comot makanan ini-itu. Apalagi waktu hari pertama Arin kerja. Katanya sih mau bantu-bantu di toko yang waktu itu lagi rame karena ada promo, eh ujung-ujungnya malah bantu ngehabisin makan. Calum juga nggak beda jauh, sih. Dia mah bisanya nontonin Arin sambil diem-diem ngefoto dari jauh.

"Pulangnya aja nanti Ayah jemput."

"Bener ya?!"

"Iya. Tapi kalo nggak pada tidur sekarang ya nggak jadi."

"Hadeeh, curang," Felix menghela napas pasrah. "Yaudah. Aku tidur deh."

Keenan yang udah bisa nyium hawa-hawa tipuan dari Calum masih diem di tempat. Calum cuma bisa masang puppy eyes sambil gigit-gigit sedotan susu. Sadar nggak punya pilihan lain, Keenan akhirnya masuk juga ke kamarnya sambil nahan bete di hati. Calum nyengir puas lalu buka HP-nya dan langsung chat Arin.

Calum
| Amaaaaan! sini turun

Emang beneran cuma tipuan. Soalnya Calum sama Arin lagi kepengen nonton drama Korea yang lagi hits setelah mereka tamat nonton Emily in Paris. Lumayan, sekalian bisa jadi bahan instastory juga. TV di kamar mereka lagi rusak, jadi ya terpaksa ngungsi ke sini dan ngusir anak-anak.

"Nggak papa, kan besok mereka harus sekolah. Boong dikit lah kita." Itu pembelaan Calum pas Arin berkali-kali bilang nggak enak sama Keenan dan Felix. Akhirnya Arin nurut juga sih.

"Geseran, dong! Masih luas itu tempat kamu!" Arin bisik-bisik sambil dorong-dorong badan Calum.

"Ih, kayaknya kasur pindahin sini aja, Rin."

"Ngaco."

"Biar kalo ketiduran enak, tau."

Arin berdecak. "Kalo gitu caranya mah benerin aja TV di kamar!"

"Oh iya, ya."

Paginya, Keenan baru mau teriak-teriak manggilin Arin buat nanyain dasinya kemana tapi nggak jadi karena nemuin Mama sama Ayahnya malah ketiduran di sofa.

Nggak jadi teriak nyariin dasi, jadinya teriak, "TUH KAN! CURANGGGG!"

***

a/n
HEHEHE HAAIII!! aduh gatau mau ngomong apa, intinya ini aku bawain lg a ticket to ride versi baru yaa! yang lama diapus krn waktu itu gaada feelnya dan jujur, masih banyak plot holenya :') dari segi bahasa jg aku ganti sih, yg sekarang jd keliatan lebih 'ngotak' sedikit.

ini isinya bakal slice of life ajasiiii jd maaf kalo ngebosenin wkwkwkw males mikirin konfliknya bun.. :') trs mungkin ada beberapa part dari versi lama yg bakal aku bawa lagi kesini. semoga kalian ga bingung ya

yaudah gitu aja, selamat membaca (lagi) semoga betah :D

a ticket to ride ; calumTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang