Lino gabut, dia jalan-jalan gak jelas keluar rumahnya padahal udah hampir jam 11 malam. Sesekali kakinya nendang kerikil yang gak berdosa di bawah sana, dia keliatan acuh banget sama sekitar bahkan kayaknya dia juga gak sadar kalau posisinya sekarang udah jauh banget dari rumah.
Lino tiba-tiba berhenti lalu ngerapetin jaketnya. Udara malem jelas gak cocok buat remaja yang doyannya bergelung dalam selimut itu. Matanya agak nyipit pas ada sosok hitam di kejauhan yang lagi jalan kearahnya. Ketika cahaya dari lampu jalan berhasil nyorot orang itu, senyum Lino langsung ngembang tanpa bisa dia tahan.
'Kak Chan' Lino nyebut nama itu di dalam hatinya sambil jalan pelan dan pura-pura acuh kayak sebelumnya.
Keduanya langsung berhenti ketika jarak mereka udah kurang dari satu meter. Lino senyum tipis, netranya natap Chan yang lagi merhatiin dia dengan pandangan yang engga Lino ngerti. Sampai akhirnya Chan senyum juga. Kayaknya Chan udah inget kalo mereka sering papasan sebelumnya.
"Perpustakaan kota udah tutup jam segini,"
Lino ngerasa gak karuan cuma karena denger suara Chan, padahal belum tentu dirinya yang diajak ngobrol.
'Dia ngajakin ngobrol siapa?'
"Saya ngomong sama kamu dek," Chan kembali ngeluarin suaranya seolah dia baru aja baca pikiran bocah itu, kali ini ada nada jenaka diucapannya.
"Siapa juga yang mau ke perpustakaan kota.." Lino ngedengus pelan pas liat Chan kayak nahan ketawa setelah dia ngejawab omongannya. Gak sadar aja kalo barusan dia ngejawab Chan persis kayak anak kecil yang lagi kesel karena diledekin orang dewasa.
Chan ngedehem pelan, dia ngubah raut wajahnya supaya gak terlihat ngeselin buat bocah didepannya ini.
"Sorry," tangan kanannya dia ulurin ke depan, pandangannya lurus tepat di netra cowok yang lebih muda dengan tatapan bersahabat, "Belum sah kenalannya."
Lino gigit lidahnya pelan, dia lagi nahan diri supaya gak sengklek cuma karena diajak kenalan sama doi.
Tapi ujungnya Lino tetep senyum lebar. Tangan kanannya nyambut uluran tangan Chan tanpa ragu, antara sadar dan engga, dia goyangin tangan Chan setelah nyebut namanya. Padahal Chan udah tau namanya dari jauh-jauh hari.
Chan senyum tipis setelah berhasil ngebebasin tangannya. Lino sendiri kembali gigit lidahnya karena dia ngerasa terlalu excited dan mungkin udah bikin Chan gak nyaman.
Tiba-tiba keduanya diem, mereka bingung mau ngomongin apa lagi. Tapi sama-sama gak mau ninggalin lebih dulu, entah apa alesannya.
"Gak tidur?" Chan langsung mejamin matanya, dia agak nyesel kenapa ngelontarin pertanyaan kayak gitu diantara sekian banyaknya hal yang bisa ditanyain sama orang yang baru aja kenalan.
"Tadi siang Lino udah tidur, jadi sekarang belum ngantuk."
Oke! Chan gak jadi nyesel! Dia malah jadi gemes sama Lino yang ngejawab pertanyaan absurd-nya dengan polos.
Chan sedikit gak nyangka karena sebelumnya dia lebih sering ketemu sosok Lino yang lagi serius belajar di perpustakaan kota atau lagi nugas di cafe dengan laptop menyala yang nunjukin rumusan kimia yang bikin Chan senyum kecut.
Ya intinya.. sebelum hari ini dia ngira Lino itu anak ambis yang susah diajak ngobrol.
"Jadi mau tidur jam berapa?" Chan akhirnya nanya lagi, tangannya tergerak buat ngusap rambut Lino. Dia cuma ngikutin apa kata hatinya, dan itu berhasil bikin jantung Lino ajep-ajep gak karuan.
"Engga tau, nanti juga ketiduran." Gerakan tangan Chan berhenti, dia kayaknya sadar perbuatannya agak kelewatan karena nyentuh orang yang baru dia kenal sembarangan. Padahal Lino sendiri kesenengan rambutnya diusap-usap sama orang yang sering dia kagumin dari jauh itu.
KAMU SEDANG MEMBACA
Adek Bonsai [Banginho] unpub soon
RandomBerawal dari remaja sok polos plus ngeselin bernama Lino yang rela diculik mas-mas ganteng yang dia panggil om Chan. "Mana saya tau, saya kan bonsai" -Lino 19thn "Oh bonsai. Salam kenal bonsai, saya Chan." -Chan 22thn Dom! Chan Sub! Lino BxB area! d...