BAB IV TEKNIK PENULISAN

123 5 0
                                    

BAB IV TEKNIK PENULISAN

A. Bahan Skripsi

1. Naskah skripsi ditulis di atas kertas HVS ukuran 21.5 x 29.7 cm atau (A4s).

2. Sampul dibuat dalam bentuk hard cover (lux).

3. Warna sampul adalah sesuai dengan warna yang telah ditentukan masing-masing jurusan. Hijau untuk Prodi Ekonomi Syariah STIES BAKTIYA.

4. Pembatas antara bab dengan bab lain, digunakan kertas doorslag berwarna seperti warna sampul.

5. Jumlah halaman skripsi yang menggunakan bahasa Indonesia harus ditulis minimal 60 dan maksimal 70 halaman, Bagi yang menggunakan bahasa asing (Arab atau Inggris) minimal 45 dan tidak termasuk daftar pustaka dan lampiran.

B. Pengetikan

1. Batas Tepi (Margin)

Batas tepi pengetikan dilihat dari tepi kertas diatur sebagi berikut:
a. Tepi atas (top) = 4 cm
b. Tepi bawah (down)= 3 cm
c. Tepi kiri (left) = 4 cm
d. Tepi kanan (right) = 3 cm

2. Jenis Huruf dan Ukuran

a. Seluruh teks diketik menggunakan font (huruf) Times New Roman ukuran 12 dan diketik tegak, kecuali bahasa asing, maka dimiringkan.

b. Teks bahasa Arab ditulis dengan font Traditional Arabic ukuran 16 tanpa di-bold (tebal) dan tidak menggunakan harkah (baris) kecuali teks Al-Qur'an yang diambil dari Al-Qur'an in Word.

c. Judul ditulis dengan huruf besar (kapital semua).

d. Huruf pertama pada sub judul diketik dengan huruf kapital kecuali kata penghubung.

e. Ukuran huruf yang digunakan adalah sebagai berikut:

1) Ukuran font 10 untuk catatan kaki (footnote) dạn Keterangan tentang sumber data yang dicantumkan di bawah tabel dan gambar.

2) Ukuran font 12 untuk judul bab, sub judul dan isi naskah.

3) Ukuran font 12 dan di-bold untuk nama penulis, nim, nama prodi dan lainnya pada halaman sampul.

4) Ukuran font 12 untuk teks Al-Qur'an yang diambil dari Al-Qur'an in Word.

5) Ukuran font 14 dan di-bold untuk nama lembaga pada halaman sampul.

6) Ukuran font 16 dan di-bold untuk judul dan penulisan kata "SKRIPSI" pada halaman sampul.

3. Jarak Baris (Spasi)

a. 1 (satu) Spasi:

1) Abstrak.

2) Catatan kaki.

3) Kutipan langsung yang panjangnya lima baris atau lebih, diketik sejajar dan indent (masuk ke dalam) 1,25 cm dari garis margin teks tanpa dimiringkan.

4) Sub judul pada daftar isi.

5) Daftar pustaka.

6) Naskah isi tabel, gambar atau keterangan dalam peta.

7) Keterangan tentang sumber data yang dicantumkan di bawah tabel dan grafik.

8) Judul dan sub judul yang panjangnya melebihi satu baris.

9) Jarak garis separator dengan catatan kaki.

10) Teks Al-Qur'an dan teks Hadist.

Panduan Penulisan Skripsi (Karya Ilmiah)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang