Pada malam hari di rumah duka, ada sepuluh ruang duka dalam satu koridor, tiga lantai, empat koridor, dan korban tewas yang tak terhitung jumlahnya.
Banyak anggota keluarga yang menonton malam, ini adalah tempat di mana tidak ada waktu luang selama tiga ratus enam puluh lima hari, dan tempat di mana kesedihan dan musik dimainkan selama tiga ratus enam puluh lima hari dan detik.
Zhong Yunyun dan Fang Ran berdiri di pintu melihat dua orang di depan peti mati.
Setelah Yan Xi berlutut selama tiga puluh jam, He Siye akhirnya memberitahunya dan menutup matanya untuk beristirahat.
Gadis kecil itu masih berlutut di tanah dengan lututnya, bagian atas tubuhnya tergantung di kertas kuning tebal yang dilapisi ubin, memegang tangan kelinci kecil itu dengan hangat di pelukannya, kepalanya terbaring di pangkuan He Siye, napasnya pendek.
He Siye tidak tidur, dan pandangannya seperti tertuju pada potret Tian Po. Tian Po dan neneknya berpenampilan tiga bagian, dan mungkin semua orang tua yang baik hati terlihat sama.
Fang Ran bertanya: "Saya ingat bahwa Ono juga berlutut sampai hari ketiga upacara perpisahan tubuh tahun lalu, bukan? Dia juga tidak bahagia di hatinya? Keduanya adalah anak
- anak cinta ." Zhong Yunyun menghela nafas: "Hei Pokoknya , Ono menemani neneknya sampai akhir dan melihat terakhir kalinya. Xiao Xi, hanya beberapa menit sebelum melihat terakhir kali. "
Fang Ran berkedip cepat, menahan air mata," Hidup anak ini terlalu pahit. "
Zhong Yunyun dengan cemas bertanya dengan cemas. : "Xiao Xi belum menangis? Jika kamu tidak menangis dengan keras, kamu akan sakit. Ono sakit parah selama dua bulan liburan musim panas."
Fang Ran menggelengkan kepalanya dan menghela nafas.
Sepulang sekolah di sore hari, Shen Fei mendengar berita itu dan menemukan Yao Yao dan datang ke rumah duka bersama.
Fang Ran membujuk Yan Xi, "Xiao Xi, ada satu hari tersisa. Kamu akan makan dulu, oke? Mau minum bubur?"
Yan Xi juga tidak minum banyak air, dan bibir atas dan bawahnya saling menempel kering , menggelengkan kepalanya. "Bibi Maafkan aku, aku benar-benar tidak ingin makan. Ketika aku pulang, aku akan makan enak, bukan?"
Fang Ran menghela nafas dan keluar untuk mengubah nasihat Yang Feng. Yang Feng tidak tidak membujuknya untuk pindah. Pasangan itu memandang He Siye bersama.
Sosok He Siyeqi Changqingjun berdiri di depan jendela, berbicara dengan Shen Fei di telepon, memberitahunya bagaimana caranya pergi setelah memasuki pintu masuk utama Mausoleum Yongshou.
Cowok berbaju putih yang biasa kini mengenakan kemeja hitam dengan kerah kancing yang diikat rapi.Celan celananya lurus, serta baju hitam dan celana panjang hitamnya menambah kekhidmatan pada penampilannya.
He Siye memandang pandangan penuh harap Yang Feng dan berkata ke telepon: "Aula Abadi di lantai dua, dan aula duka nenekku."
Dia menutup telepon Shen Fei, mengambil bubur di tangan Profesor Yang, dan menuangkannya ke dalam mangkuk plastik., Mengambil sendok dan memberikannya ke mulut Yan Xi.
Mata Yan Xi bengkak karena air mata terus-menerus. Dia menatap He Siye dan menggelengkan kepalanya. "Saudara Xiaoye, saya benar-benar tidak ingin makan. Tunggu ..."
He Siye meletakkan sendok itu tanpa mengucapkan sepatah kata pun. Di antara bibirnya, "buka mulutnya."
Yan Xi tidak bergerak.
Sendok He Siye terus terulur ke depan, "buka mulutmu."
Bulu mata Yan Xi yang panjang bergetar dua kali, melihat Brother Xiaoye tampak marah, buka mulutnya dengan patuh dan makan.
Fang Ran dan Yang Feng menghela napas lega dan pergi mencari seseorang untuk menentukan waktu pemakaman.
Ketika Shen Fei dan Yao Yao berjalan ke pintu, He Siye sedang memberikan air kepada Yan Xi. Shen Fei melihatnya. Dia tidak bercanda mengatakan "Brother Ye menuangkan teh dan air" seperti biasa. Dia dengan sopan membungkuk ke peti mati Tian Po.
Ketika Yao Yao kembali ke rumah duka untuk pertama kalinya, dia tidak tahu bagaimana mengungkapkan belasungkawa, dia hanya tahu bagaimana mempelajari sesuatu dan membungkuk dengan Shen Fei.
Tanggapan Yan Xi adalah bersujud. Yao Yao melompat turun dan buru-buru pergi membantunya, "Jangan, Yan Yan, kamu, kamu ingin memulai."
Masih ada air mata di mata Yan Xi, "Baiklah, terima kasih Yao Yao, Terima kasih saudara Xiao Fei. "
Yao Yao merasa kasihan pada Yan Xi, memeluk Yan Xi dan menepuknya untuk menghiburnya, Shen Fei dan He Siye keluar untuk berbicara.
Shen Fei berbisik: "Saya mendengar bahwa kepala sekolah menelepon Kantor Urusan Akademik untuk memberi tahu Yan Xi. Seorang gadis menjawab telepon tetapi tidak memberi tahu Yan Xi. Apakah Anda tahu siapa itu?"
He Siye tidak berbicara, mengulurkan tangannya ke arah Shen Fei dan mengaitkan ujung jarinya dua kali.
Shen Fei mengerti, membagikan sebatang rokok dan korek api.
Pada hari ketiga pemakaman, untuk mengucapkan selamat tinggal kepada Tian Po. Dalam upacara perpisahan dengan jasadnya, Yan Xi mengenakan pakaian berbakti yang kotor, mengecilkan tubuhnya yang kurus, dan akhirnya mengucapkan selamat tinggal kepada Tian Po, namun air mata masih terus mengalir. dan dia tidak menangis.
Setelah Tian Po dikremasi, Yan Xi tidak meminta Fang Ran dan Yang Feng membelikan pemakaman untuk neneknya. Abunya disimpan sementara di rumah duka. Dia berencana menunggunya sampai dewasa sebelum membeli kuburan untuk neneknya.
Setelah Fang Ran dan Yang Feng membawa Yan Xi pulang dan menyelesaikan makannya dengan tenang, dia kembali ke kamar untuk melanjutkan membaca pekerjaan rumahnya, dan semuanya seperti biasa.
Di malam hari, awan api memantulkan sebagian besar langit, merah seolah-olah langit sedang terbakar.
Di kompleks Luerwan, Zhong Yunyun menjawab telepon dan bertanya dengan tidak percaya: "Apa katamu?" Mobil
F1 sedang disiarkan di CCTV di TV. Sebuah mobil balap yang melaju dengan kecepatan tinggi, berlari ke arah luar lintasan saat berbelok, dan ke samping. Berbalik, berhenti setelah beberapa lap, dan paramedis bergegas.
Zhong Yunyun menatap ke lokasi kecelakaan itu, dengan kesedihan di matanya.
He
Siye tidak mendengarkan komentar itu lagi, mematikan TV, berhenti sebentar, dan bertanya dengan keras: "Ada apa?" Zhong Yunyun duduk di sofa dengan berat.
"Apakah ada kemacetan lalu lintas pada hari Nenek Yan Xi meninggal? Ayah Yanchao yang menyebabkan kecelakaan itu. Orang-orang, tidak ada."
"Tiga mobil menabrak satu, salah satunya mengemudi dalam keadaan mabuk. Ayah Yanchao paling menderita dan dikirim ke satu. Setelah rumah sakit, aku baru saja selamat sekarang. "
He Siye segera bangkit dan memanggil Shen Fei, melepas pakaiannya, dan berganti menjadi kemeja hitam.
Dia berjalan keluar dengan cepat, dan Zhong Yunyun berteriak: "Nak, kamu menelepon Qin Zhen untuk bertanya? Meskipun ibu Yan Hao selingkuh dan melarikan diri dengan ayah Qin Zhen, ibu Yan Hao yang salah, tetapi ayah Yan Hao tidak. Ya, hanya Yan Hao yang tersisa. "
He Siye tidak melihat ke belakang dan berkata, "Yanhao masih memiliki paman kedua, dan ibu Yanhao meninggalkan putranya dan pergi ke luar negeri. Yanhao tidak akan pernah melihat ibunya lagi dalam hidup ini."
He Siye buru-buru berjalan keluar pintu dan berlari ke dalam dirinya. Yan Xi yang memberi pangsit.
Yan Xi melihat kemeja hitam yang dikenakan He Siye, dan teringat bahwa Bibi Fang berkata bahwa Direktur Yan dirawat di rumah sakit untuk penyelamatan, "Saudara Xiaoye, mau kemana?"
Api di cakrawala bergerak perlahan, dan mata He Siye merah Dari pantulan Dia berkata: "Ruang pemakaman."
Yan Xi berseru: "Aku akan pergi juga, Xiaoye Brother, tunggu aku."
Dia berlari ke halaman dengan pangsit, dan berhenti lagi dalam dua langkah.
Kembali ke depan He Siye, sambil memegang pangsit panas di atas piring, dia menyerahkannya ke mulut He Siye, "Saudara Xiaoye, kamu belum makan, kamu makan pangsit dulu."
He Siye tidak suka makan pangsit, kepalanya berbalik. Bersandar ke belakang.
Yan Xi bertanya-tanya mengapa Si Ye mengira tangannya kotor, meletakkan kembali pangsitnya di atas piring, dan berkata, "Kalau begitu, Saudara Xiao Ye, tunggu aku, aku akan segera keluar."
Yan Xi meletakkan kembali pangsitnya di atas piring. piring dan bahkan lebih malu. Bagaimana pangsit yang telah disentuhnya ini bisa diletakkan kembali di atas piring? Dia mengalami masalah dengan pangsit ini dan berpikir untuk memakannya sendiri. Dia mengambilnya, memasukkannya ke dalam mulutnya, dan tiba-tiba direnggut .
Dagu He Siye bergegas masuk ke halaman rumahnya, "Ayo."
Dia melempar pangsit ke mulutnya.
Direktur Yan meninggal secara tak terduga. Banyak guru, orang tua dan siswa datang ke rumah duka untuk menyampaikan belasungkawa. Dia terlihat tegas, tetapi dia selalu baik kepada siswa. Bahkan Shen Fei dan Yao Yao, yang ditangkap oleh Direktur Yan, datang , dan saya sangat sedih.
Yan Hao sepertinya telah menangis, dan berdiri di dekat peti mati kayu, membungkuk sebagai balasan kepada orang-orang yang datang, dan berkomunikasi dengan teman sekelas dan kerabat seperti biasa.
Melihat He Siye datang, dia sepertinya tidak terlalu terkejut. Setelah mengembalikan hadiah, dia bertanya, "Kamu tidak memanggil Qin Zhen untuk mencari ibuku?"
He Siye menatapnya tanpa mengucapkan sepatah kata pun.
Yan Hao ternyata bodoh, menggelengkan kepalanya dan berkata: "Oke, saya mengerti, saya tidak berkelahi, terima kasih." Setelah
orang-orang yang datang untuk berduka hampir pergi, kerabat dan tetua Yan Hao di aula menerima catatan Ada beberapa orang muda di buku besar.
Shen Fei menyerahkan sebatang rokok kepada Yan Hao, tetapi Yan Hao tidak menolak Yao Yao dan Yan Xi duduk di samping dengan tumpukan uang kertas.
Yan Hao berlutut, Shen Fei berjongkok, He Siye berdiri.
Tampaknya Yan Hao dan He Siye tidak pernah bertengkar, dan Yan Hao tidak pernah menindas Yan Xi.
Shen Fei bertanya pada Yan Hao, "Apa rencanamu di masa depan?"
Yan Hao menjentikkan jelaga, "Ada beberapa kerabat ibu tiri saya yang melakukan tugas di sini, tetapi dia juga menjelaskan kepada saya bahwa itu tidak mungkin bagi saya untuk tinggal dengan anak angkat yang begitu besar. Jika saya seorang wanita, dia pasti akan membesarkannya. Saya tinggal di rumah paman kedua saya selama setahun dan pergi untuk mengabdi sebagai tentara setelah ujian masuk perguruan tinggi. "
Yao Yao tertarik dalam hal ini dan berkata, "Aku juga ingin menjadi tentara, ayahku berselingkuh. Ibuku menangis di rumah sepanjang hari, dan aku ingin melarikan diri dari rumah."
Shen Feile berkata, "Aku juga bercinta, ayahku menikahi peri kecil yang dua tahun lebih tua dariku dan melahirkan seorang putra berusia satu tahun.
Lari dari rumah. " He Siye tidak bisa mengendalikan Yao Yao, tapi dia bisa mengendalikan Shen Fei, menendangnya, "Jangan bingung, beri aku ujian masuk perguruan tinggi yang serius."
Yao Yao penasaran dengan Yan Hao sejak dia masuk. Apa yang terjadi pada He Siye, jiwa gosip tersulut, Yan Hao tidak sesedih Yan Xi , jadi dia bertanya: "Hei, pengganggu sekolah, kebencian apa yang kamu miliki dengan
Xueshen ?" Yan Hao menatap He. Si Ye mengambil sebatang rokok, "Ibuku melarikan diri dengan ayah dari saudara laki-laki baik dari Guru Keempat dan pergi ke luar negeri. "
Yao Yao terkejut," Lalu untuk apa kau selalu menyusahkan Guru Keempat? "
Shen Fei tersenyum," Otaknya kebanjiran. Hei, tidak ada tempat untuk meletakkan api, dan guru keempat adalah pengganggu sekolah dan orang tuanya mengatakan "anak orang lain". Selain itu, apakah Anda perlu alasan untuk mengganggu seseorang? Metode transfer kebencian. "
Yao Yao berkata kepadaku, sayangku, kepala sekolah memiliki lubang di kepalanya, tidak heran dia bisa membuat Guru Keempat menuangkan sup sayur ke kepala sekolah, ini mengganggu Guru Keempat dengan mencari kesalahan tanpa alasan.
Dan Yan Xi, sudah bisa mendengar, tercengang.
Ayah Yao Yao berselingkuh, ayah Shen Fei menikahi seorang istri muda dan melahirkan seorang anak laki-laki, dan ibu Yan Hao melarikan diri dengan orang lain, yang sedikit di luar kemampuannya untuk mengerti.
"Benar," Yan Hao memandang Yan Xi, "Setelah kelas itu, Wang Huan dari kelasku mengirimkan kertas, dan tidak kembali ke kelas di kelas tiga."
Shen Fei dan Yao Yao berkata serentak, "Aku | Brengsek! "
Yan Hao menatap He Siye lagi," Aku tidak tahu apakah dia menjawab telepon, artinya, kamu bisa menilai sendiri. "
He Siye merokok ke tanah dan menginjak jari kakinya," Yah . "
Setelah malam tiba, Shen Shen Fei dan Yao Yao pergi lebih dulu, meninggalkan He Siye dan Yan Xi. He Siye menerima telepon dari laboratorium dan keluar untuk menelepon.
Pada siang hari ketika ada banyak orang, Yan Xi tidak merasakan keberadaan. Pada malam hari, setelah orang-orang itu bubar, dia ragu-ragu untuk berjalan ke Yan Hao dan berjongkok di tanah, "Sudahkah kamu makan?"
Yan Hao mengangkat matanya dan menatapnya tanpa ekspresi.
Yan Xi berbisik, "Aku tahu betapa sedihnya kehilangan orang yang aku cintai. Aku akan menemanimu sebentar."
Dia menundukkan kepalanya untuk menumpuk uang kertas, suaranya masih sangat kecil. Menangis, menyapa kerabat dan teman, menangis ketika tidak ada siapa-siapa, tapi menangis ketika tidak ada, sangat kesepian. "
Yan Hao mengalihkan pandangannya ke wajah Yan Xi, matanya menjadi merah, dan dia memindahkan kertas kuning tebal ke tanah. Di bawah kakinya, dia dimaksudkan untuk duduk.
"Jika kamu tidak ingin menangis, anggap saja aku tidak mengatakannya. Jika kamu ingin menangis, menangislah sekarang. Aku akan tinggal bersamamu sebentar," Yan Xi meyakinkannya, "aku menang ' tidak memberitahu siapa pun. "
Yan Hao mengabaikannya.
Setelah waktu yang lama, Yan Xi melihat kertas kuning di bawah lutut Yan Chao, dan sebagian besar menjadi pusing.
Yan Xi mengangkat kepalanya untuk melihat wajah Yan Hao, Yan Hao tiba-tiba menundukkan kepalanya dan mencondongkan kepalanya ke arahnya, wajahnya tergantung di pundaknya, dan dia tidak membiarkan dia melihat wajahnya.
Yan Hao berkata: "Jangan lihat aku, aku tidak menangis."
Tapi suaranya menangis, bahu Yan Xi perlahan-lahan menjadi basah, dan bahunya menjadi dingin karena basah. Dia duduk tak bergerak di tanah, mendengarkan tangisannya yang tertahan.
He Siye meletakkan tangannya di saku, bersandar di kusen pintu, matanya tertuju pada mereka berdua, berbalik dan menunggu.
Untuk waktu yang lama, Yan Hao mengangkat kepalanya dari bahu Yan Xi, melihat ke bagian basah dari bahu Yan Xi, "Mengapa Anda memakai pakaian Anda sebelum kering."
Yan Xi: "?"
Wajah Yan Hao sedikit basah. , tapi sangat basah. Saya akan melakukannya, dan berkata kepadanya: "Ngomong-ngomong, kakakmu bertengkar hari itu, aku tidak menembak, jangan khawatir, aku tidak akan menunda ujian masuk perguruan tinggi kakakmu . "
Yan Xi telah melupakan hal ini, dan berkata dengan cepat:" Saya di sini bukan untuk menghibur Anda. "
Yan Hao melambaikan tangannya," Ayo pergi. "
Yan Xi baru saja pergi. Yan Hao mengambil DV yang selalu dia bawa dia, mengklik video pertarungan He Siye hari itu, dan menekan delete.
Saya mengklik video lagi, dan gadis-gadis yang menari hip-hop di pertemuan olahraga yang difilmkan perlahan-lahan jatuh ke wajah gadis kecil di sisi paling kiri dari baris kedua yang tidak dia sadari sebelumnya.
Tujuh hari kemudian, Tian Po membakar tujuh yang pertama, dan Yan Xi mengambil tangga kayu kecil untuk mengirim neneknya.Setelah membakar uang kertas, dia melemparkan tangga kayu kecil itu dan membakarnya di kompor, berharap nenek bisa mengikuti tangga ke surga yang damai.
Sepulang dari rumah duka, kedua keluarga makan bersama di halaman, Setelah makan, Yan Xi membantu mengambil piring dan mengirim mereka ke dapur.
Zhong Yunyun bertanya pada Fang Ran dengan suara pelan, "Apakah Xiao Xi masih menahan dan tidak menangis?"
Fang Ran menghela nafas, "Tidak, aku demam pagi ini , aku takut aku akan sakit."
Dia Siye mendengar sedikit gerakan mengambil mangkuk, jeda.
Di malam hari, He Siye mengetuk pintu dan memasuki kamar Yan Xi. Yan Xi dengan sangat sadar mengeluarkan buku fisika untuk semester kedua sekolah menengah, dan membalik efek Doppler dari halaman yang terlipat, "Saudara Xiaoye, sudah waktunya membicarakannya di sini. "
He Siye tidak. Lihat, tutup buku, dan lihat mata Yan Xi," Ketika saya masih kecil, saya suka makan ikan kincir angin goreng. Nenek saya akan memasaknya untuk saya dalam dua atau tiga hari. Bagaimana denganmu? Apa yang nenekmu suka lakukan untukmu? "
Dua kalimat, mata Yan Xi langsung memerah.
He Siye mengusap kepalanya, "Menangislah jika kamu ingin menangis, jangan menahan."
Yan Xi menggigit bibirnya dan menggelengkan kepalanya, air mata jatuh.
He Siye menatapnya dengan tenang, menunggunya menangis, tapi dia terus menggigit bibir tanpa menangis.
Setelah sekian lama, dia menghapus air mata dan hidungnya, dan emosinya berangsur-angsur mereda.Dia membuka buku itu dan melanjutkan menghitung masalahnya.
Yan Xi menoleh saat kunci itu jatuh.
Jari telunjuk He Siye memutar kunci ring berputar-putar.
Mata Yan Xi yang berlinang air mata mengikuti gantungan kunci, menggiring bola, "Saudara Xiaoye, apakah kamu mencoba menghipnotisku?"
He Siye: "..."
"Ya," He Si Ye berkata: "Pergilah ke suatu tempat bersamaku sekarang. Apakah kamu takut? Jika kamu takut, maka hipnotis sebentar. "
Yan Xi menggelengkan kepalanya dengan serius," Tidak takut. "
Setengah jam kemudian, He Siye menaiki Yan Xi kembali ke Tian Po Di depan halaman selama hidupnya .
Sepanjang jalan, Yan Xi menyaksikan perjalanannya berkali-kali di jalanan, dan sudah bersiap untuk Xiaoye membawanya ke sini.Setelah tiba, dia masih menangis diam-diam.
Mendorong gerobak ke halaman, He Siye menyalakan lampu di halaman, dan di bawah cahaya ia melihat kembali ke gadis kecil yang memegang tangannya dengan hangat dan menangis. Dia takut menangis oleh paman dan bibi, dan takut mereka akan menangis. terlalu bijaksana untuknya. Gadis kecil.
Gadis kecil itu beringsut dan mendekati kamar nenek, membuka pintu, dan berdiri di depan pintu melihat ke dalam.
Dia perlahan-lahan membungkuk, berjongkok di tanah, bahu kurusnya bergetar, rengekan menyakitkan di tenggorokannya, dan tangisan depresi berangsur-angsur menjadi lebih keras, sampai He Siye datang untuk memeluknya, dan Yan Xi akhirnya menjadi patah hati.