Sebelumnya kita harus tau dulu yaa apa itu bahasa Jawa?
Bahasa Jawa (Basa Jawa, Hanacaraka: ❓❓❓ Pegon: (جاوا باساadalah bahasa Austronesia yang utamanya dituturkan oleh penduduk bersuku Jawa di wilayah bagian tengah dan timur pulau Jawa guys.
Jumlah total penutur bahasa Jawa diperkirakan mencapai sekitar 75,5 juta pada tahun 2006.
Ngoko lugu merupakan tingkatan pertama dan paling dasar dalam bahasa Jawa. Bahasa ini hanya diterapkan untuk komunikasi dengan orang yang lebih muda atau orang yang kedudukannya sejajar dengan kita.
Tingkatan kedua, ialah ngoko alus. Setingkat lebih tinggi daripada ngoko lugu, bahasa ini digunakan untuk komunikasi dengan orang yang sudah akrab tapi masih menjunjung tinggi kesopanan dan rasa saling menghormati.
Tingkatan yang lebih tinggi dari ngoko, ialah bahasa krama. Bahasa krama dibagi lagi menjadi dua, yakni krama lugu dan krama inggil. Krama lugu inilah yang merupakan tingkatan paling dasar dari bahasa Krama.
Krama inggil merupakan tingkatan tertinggi dalam bahasa Jawa. Tak jauh berbeda dari Krama lugu, bahasa ini
digunakan untuk komunikasi dengan orang yang lebih tinggi, baik secara usia maupun kedudukannya.
Nah di bahasa Jawa ini terdapat tingkatan bertutur sama juga seperti bahasa Sunda dan bahasa Bali..
Dimana ada perbedaan kosakata jika kita bertutur kata dengan orang yang lebih tua dan dihormati.
Ada 4 tingkatan di dalam bahasa Jawa yaitu *Ngoko lugu, Ngoko Alus, Krama lugu, dan Krama Alus*
Kosakata bahasa jawaContoh:
Lia makan bakso (bahasa Indonesia)
Lia mangan bakso
(Bahasa Jawa ngoko)Lia nedha/dhahar bakso
(Bahasa Jawa krama)Nedha digunakan untuk kita yg sepantaran atau yg lebih kecil.
Dhahar digunakan untuk orang yg lebih tua. Nenek kakek. Ibuk. Bapak
Selamat siang
Bahasa Jawa sopan krama : sugeng siang
Selamat malam
Bahasa Jawa sopan krama : sugeng ndalu
Bahasa Jawa sopan krama :pagi sugeng injing atau sugeng enjang
Bahasa Jawa sopan krama sore : sugeng sonten=====^0^=====
Dicukupkan sekian materi untuk hari ini. Dipahami dan simak baik-baik ya😉
Oh iya, jangan lupa tinggalkan jejak kalian ya😊
KAMU SEDANG MEMBACA
Materi Eskul ACCS
RandomEskul yang ada di ACCS antara lain : Bahasa Inggris Bahasa Korea Bahasa Sunda Bahasa Jawa Motivasi