Jabar Rafeyfa Endaru, pemuda tinggi yang biasa di panggil jae ini aktif banget kemana-mana, terkenal kedua sekecamatan setelah Satya.
Punya chanel yutub juga, isi kontennya nge-game, podcast, nge review gitu². Alhamdulillah subscriber nya udah banyak. Dia lagi buka toko juga, jualan Hoodie sama kaos gitu.
Alhamdulillah banyak uang buat nabung juga, bahagiain orangtua, kuliah bayar sendiri, mandiri banget pokoknya kak jae ini:).
Di sela-sela kesibukannya dia masih bisa main kok sama temen-temen nya, apalagi dia kak jae ini anaknya petakilan, nemplok sana sini, aktif beut pokoknya.
Sekarang jae lagi siap-siap buat acara rapat nanti dia yang jadi ketuanya gantiin Satya, soalnya Satya lagi ada rapat ketua remas sekecamatan, jadi jae yang gantiin Satya rapat di masjidnya sendiri.
Rapatnya nanti abis dhuhur, sekarang jae lagi nulis apa aja yang nanti mau di sampaikan ke anak-anak, kalo ga di tulis nanti lupa, soalnya jae orangnya lupaan.
"Ini doang yah? Apa masih ada yang kurang? Kayaknya ada yang kurang apa yah? Oh gaada keknya bener pas udah ini aja" belum ada 5 menit yang lalu Satya nelpon udah lupa aja si jae.
Bentar lagi mau dhuhur jae juga udah nge chat di grup remas buat ngingetin anak-anak kalo hari ini rapat, udah nge chat Brian juga biar Brian jemput ke rumahnya. Padahal jarak rumah Brian ke rumah jae cuman 5 langkah:).
Emang jae aja yang males bawa motor sendiri, alesannya yah puasa:). Sekarang jae udah rapi udah pakek baju Koko lengan pendek warna abu , sarung dengan motif garis warna hitam + peci hitam udah siap.
Ga lupa dia bawa buku catetan dia yang udah dia tulis tadi. Tapi gajadi turun gara² firasatnya gaenak.
Bener aja di bawah udah rame suara khas anak kecil, udah ada jiyad sepupunya jae, terus Cemal anak temen mamanya jae, terakhir si kembar Sarim-Shahin anak temen mamanya jae juga.
Jae tuh bukannya gasuka kalo ada anak kecil, dia suka-suka aja tapi masalahnya nih anak-anak suka ngikut kalo dia mau keluar, soalanya udah Deket banget sama jae.
Nttar kalo ga di turutin nangis berjamaah lagi:(. Kan jae jadi bingung harus gimana:(. Masa dia lompat dari jendela kamarnya nanti di kira bundir sama tetangganya.
Sekarang jae lagi cari cara keluar rumah tanpa ketahuan tapi masih bisa izin mama tanpa chat gitu:(. Pas jae lagi mikir dengan gasopannya Brian manggil dia kenceng dari bawah.
"JABARRRRRR OOOO JABARRR MAEN YOKK" Brian udah biasa tereak-tereak di rumah jae udah diijinin mamanya jae soalnya
Pas Brian tereak kayak gitu para bocah ikut semua nereakin jae.
Si jae yang lagi mikir tadi cuman istighfar, kalo udah kayak gini ujung-ujungnya pasti para bocah pada ikut sholat di masjid tapi kalo jae ga pulang mereka juga gabakal pulang.
"Iyaa bentar ini mau turun" sahut jae akhirnya.
"Kenapa kok ngeliatin guenya gitu amat?!?!"
Jae bilang sambil melotot maksud hati biar anak-anak pada takut liat dia, biar gaikut ke masjid soalnya kan mau rapat abis dhuhur takutnya ganggu yang lain pas lagi rapat nanti.
"Hehehe ikotttttttt" jiyad mewakili para bocah
Mau bilang jangan ikut kok mamanya ngeliatin jae kayak "udah ajak aja!!!"
"Gimanaaa yahh kak jae nanti ada rapat ashar baru pulang kalian emang mau? Kan kalian belum buka puasa"
Kan para bocah masih berada dalam tahap belajar puasa jadi setengah hari, nah otomatis kalo ikut jae sama Brian mereka jadi ga buka puasa siang ini.
"Gapapa deh bawa aja sekalian mereka latihan buat puasa Sampek Maghrib" kata tantenya jae, mamanya jiyad.
Mau gamau jae bawa semua bocah ikut dia ke masjid buat sholat dhuhur sekalian rapat.
Pas udah depan rumah Brian bilang gini ke jae
"Ini kita naik motor apa jalan?" Emang si Brian ngadi-ngadi
"Yah jalan lu mau kita berenam naik motor dempetan?"
"Hehe nggak sih yaudah kalo gitu gue pulang dulu balikin motor" alesan memang oknum Brian ini
"GAUSAH!!!! Lu balikin motor ga balik nttar dah mending motorku disini aja aman kagak ada yang bakalan nyuri" ucap jae cepat.
"Iyah Iyah dih sensi amat bapak-bapak" kata Brian
Yaudah akhirnya mereka jalan berenam si jae gandeng tangan jiyad sama Cemal, si Brian nge gandeng si kembar.
Pas udah sampai depan rumah Brian jae bilang kayak gini ke para bocah...
"Oke sebelum kita ke masjid mari kita briefing, pertama-tama jangan rame pas sholat, kedua jangan ngeluh kalo haus dan lapar karena kak jae gabawa makan sama minum harus belajar puasa Sampek Maghrib yah nttar kak jae beliin eskrim oke!!"
"ASIKKK OKKE" jawab keempat bocah kompak
"Ketiga nttar kak jae masih rapat jadi kalian duduk tenang di samping kak jae oke?"
"Oke"
"Yaudah berangkatttt, Ucap takbir dong takbir ALLAHU AKBAR"
"ALLAHU AKBAR"
"semangat kan??"
"Semangat kok kak heheh" ucap Cemal.
Brian dari tadi ngebatin.....
"Temen gue cocok juga jadi guru TK hihihihi" dasar Brian.....-----------------
Tadi udah sholat dhuhur, sekarang giliran jae mimpin rapat buat acara pengajian yang mau di selenggarakan di masjid An Nur.
Udah bentuk pengurus, udah bentuk rundown acara juga, tinggal persetujuan Satya nya yang belom.
Sekarang jae lagi ngeliatin para bocah, yang sebenernya mau ngeluh tapi karena briefingannya jae tadi mereka gajadi ngeluh.
Kasian jae liat mereka sebenernya, akhirnya jae ngajak mereka ke tempat wudhu buat main air sebentar, biar seger gitu katanya.
"Eh semuanya bentar yah gue mau bawa nih anak-anak ke tempat wudhu dulu" kata jae sambil nge gandeng tangan para bocah.
------------------
"Nah biar seger kita main air dulu yah, biar hausnya sedikit terkurangi" ucap jae sambil nyalain keran air.
"Yeayy main aerrrrr main aerrrr"
Keempat bocah pada seneng main air. Karena udah terlalu lama jae juga gaenak sama anak yang lain bilang ke anak-anak kalo main air nya udahan aja tapi gaada yang mau yaudah sama jae di tinggal tapi udah jae titipin ke mamang yang bagian nyapu masjid kok.
"Nah kalian main dulu yah jangan nakal" kata jae
Semuanya pada ngangguk doang
Pas jae baru mau duduk kok denger teriakan sama tangisan khas anak kecil, tuhkan belom aja semenit jae tinggal udah berulah. Semua pada lari ke tempat perkara kejadian.
"Astaghfirullah" jae yang ngeliat jiyad udah basah semua bajunya, ga kalah si Cemal juga basah dari atas Sampek bawah, si kembar juga ga kalah basahnya dari Cemal.
Kayaknya nih main airnya ke terlaluan Sampek masuk mulut. Jae mau marah tapi puasa, mana yang mau di marahin juga anak-anak belom pada ngerti.
Akhirnya jae ngegendong jiyad sama Cemal buat balik ke rumahnya, si Brian yang bagian gendong si kembar.
Alhamdulillah puasa hari keduanya jae, lancar-lancar sedapp....
KAMU SEDANG MEMBACA
Remember us Ramadhan ; With day6
RandomCerita kelima bujang dengan Lika liku menjalani puasa Ramadhan tahun ini. Dimulai makan banyak pas malem, sahur uring-uringan, bagi takjil yang sebenernya keberatan bagi-bagi lemes katanya:) tapi dengan berat hati harus bagi, soalnya kata pas ustadz...