lanjut yang tadi

16 1 0
                                    

Terus ada juga nih, sebuah Hadist yang mengatakan bahwa :

“Seseorang yang berkata Laa ilaaha illallah dan memanjangkannya (terus-menerus), maka 4000 dosa besarnya diruntuhkan”.
    Para sahabat bertanya “lalu bagaimana jikalau orang itu tidak punya dosa besar, wahai Rasul?” Nabi Muhammad Saw bersabda “maka diampuni seluruh dosa keluarganya dan tetangganya”.

Paham gak sih sama maksud dari Hadist itu?

Ya, ketika kita selalu mengucapkan Laa ilaaha illallah, maka 4000 dosa besar kita diampuni oleh Allah swt!

Wuuuuuuuh.. siapa sih yang gak kepengen dosa-dosanya diampuni? apalagi ini dosa besar lho. Kalian tau gak sih, dosa besar itu apa aja?

1. Syirik/menyekutukan Allah

dalam surat An-Nisa : 48 disebutkan bahwa “Allah mengampuni dosa selain syirik”. Artinya, syirik itu adalah dosa yang serius dan gak main-main. *berbeda dengan si dia yang justru tak kunjung serius denganmu. Yhaaaaaahahhaha.

Bahkan dalam surat Al-Maidah : 72 disebutkan bahwa “orang yang melakukan syirik, haram hukumnya masuk ke surga”.

Duhh serem banget ya.

Nah maka dari itu, dengan melakukan taubat yang sungguh-sungguh dan diiringi dengan selalu mengucap Laa ilaaha illallah, InsyaAllah Allah akan mengampuni dosa besar ini. Karena dengan mengucap Laa ilaaha illallah, disitu kan kita meng-esa-kan Allah dan meyakini bahwa memang Allah-lah satu-satunya Tuhan yang patut disembah. Tak ada yang lain.
#Semoga semakin hari, iman kita semakin kuat. Aamiin…

2. Berputus asa dari rahmat Allah

Dalam surat yusuf : 87, Allah berfirman bahwa “hanya orang kafir saja yang berputus asa dari rahmat Allah”.

Mengharap rahmat Allah merupakan bagian dari keimanan seseorang kepada Allah. Saat seseorang berputus asa dari rahmat Allah, maka artinya ia ragu bahwa Allah akan menjaga dan menjawab doa hamba-Nya.

Sebagai hamba Allah yang penuh dengan keterbatasan, kita diharuskan untuk terus berharap hanya pada-Nya dan jangan sampai putus harapan (berputus asa). Allah itu suka banget sama hamba-Nya yang mau berharap dan terus meminta pada-Nya. Beda sama manusia yang ketika terlalu sering dimintai sesuatu pasti sebel. Iya kan? 

Pesan dari gue, jangan pernah berpikiran bahwa Allah gak mau ngabulin doa lo. Ketika lo merasa “kok doa gue gak dikabul-kabulin ya? apa Allah emang gak berkenan buat ngabulin doa gue? hm, gue cape nih doa dari dulu tapi tetep gini-gini aja”.

Coba deh, berpikir positif dari doa-doa yang terasa tak kunjung dikabulkan. Mungkin aja Allah sedang melatih kesabaran dan kesungguhan lo. Mungkin juga karena Allah sayang sama lo dan khawatir ketika doa lo dikabulin, lo udah dapet apa yang lo mau, terus lo jadi jarang doa sama Allah. Atau bahkan sama sekali gak pernah berdoa lagi karena semua yang lo inginkan udah Allah kasih.

Well, pernah gak sih mikir kesitu?

Sebagai perumpamaan, ada 2 orang pengamen datang ke rumah lo. Sebut saja si A dan si B. Si A, menyanyikan lagu dengan suara yang terdengar asal-asalan dan acakadul. Pokoknya gak enak deh. Nah, respon lo gimana sih? tentunya lo bakal dengan cepat memberikan uang ke si A karena lo gak mau denger suaranya yang seakan hendak memecahkan gendang telinga. *haha, separah itukah suaranya? wk. Lalu si B, menyanyikan lagu dengan tenang, santai, tertata, dan hasilnya terdengar sangat bagus dan menyenangkan. Gimana respon lo pada pengamen yang kedua itu? tentunya lo gak akan buru-buru buat ngasih uang ke si B kan? karena lo masih pengen denger nyanyiannya yang merdu.

Nah, gimana nih sama perumpamaan gue barusan? paham ga?

Pahamlah yaa pasti wkwk.

Intinya, Allah gak langsung ngabulin doa-doa lo itu bukan berarti Allah gak sayang sama lo. Allah cuma pengen lo jadi hamba-Nya yang lebih sabar dan terus berdoa tentunya. Bahkan nih ya, Allah itu selalu ngasih lebih dari apa yang kita minta.

Sebagai contoh nih ya, selama gue SD, gue gak pernah sekali pun yang namanya jadi juara. GAK PERNAH! yaa meski orang-orang bilang gue ini gak bego-bego amat sih. Tapiiiiiiiiiiiiii gue inget banget, waktu itu gue pernah sekali-kalinya dapet nilai 0 di ulangan harian. Pas pulang ke rumah, langsung gue sobek tuh kertas dengan mata yang pengen banget nangis *tapi terus gue tahan. Karena kalo sampe gue nangis, nanti ketauan dong sama ibu. Bisa-bisa ibu gue curiga. Alasan gue nyobek tuh kertas juga kan karena gue gak mau ketauan sama ibu. Gue malu banget!

Waktu terus berlanjut, udah saatnya gue masuk SMP. Nah, disaat awal-awal masuk SMP, gue baru kepikiran begini “pengen deh, sekaliiiiiii aja ngerasain gimana sih rasanya jadi juara?”. Pikiran itu ada ketika gue ngeliat kakak kelas gue, yang sekaligus juga tetangga gue, dia ini sering banget jadi juara disekolah.

Dari zaman SD sampe SMP *waktu itu. Dan karena gue juga kepengen *kepengen banget bahkan, haha. Ya jadi gue doa dong sama Allah.
Selesai sholat magrib, kira-kira isi doanya begini “Ya Allah.. aku pengeeeeen banget ngerasain gimana rasanya jadi juara. Hmm gapapa deh juara 3 juga. Yang penting aku juara. Aku mohooooooooooooon banget. Tolong kabulkan doaku, Ya Allah. Aamiin…”

Terlepas dari doa itu, gue selalu berusaha untuk belajar lebih rajin dong tentunya. Yaa meski gak bisa gue pungkiri, rasa males itu selalu ada. Singkat cerita, hari kenaikan kelas udah tiba. Dan ternyata, gue dapet peringkat 9 saat kelas 7. Ya, gue bukanlah sang juara, lagi. Hmm~
Allah gak langsung ngabulin doa gue untuk jadi juara, karena Allah pengen ngetes kesabaran gue dan kesungguhan gue. Apa gue masih mau terus berdoa? apa gue masih mau terus berusaha? dan gue emang gak nyerah. Pokoknya gue pasti bisa!

Dan pada akhirnyaaaaaa, saat hari kenaikan kelas berikutnya tiba, Allah ngabulin doa gue! Ya, akhirnya gue bisa jadi juara. Akhirnya gue bisa ngerasain gimana bahagianya jadi juara. Dan yang terpenting, akhirnya gue bisa bikin orangtua gue bangga sama prestasi gue!

Gue dapet peringkat 2 waktu itu! Tapi lo inget ga sih? padahal, gue kan ngedoanya pengen juara 3. Tapi yang terjadi apa? Allah justru ngasih yang lebih dari apa yang gue minta.

Entahlah, tadinya gue pikir, untuk jadi juara 3 aja itu kebayangnya sulit banget buat gue. Ternyata.. Allah baik banget. Bahkan nggak cuma disaat itu aja. Allah pun ngabulin doa gue yang minta begini “Ya Allah, semoga prestasi hari ini bukanlah prestasi yang pertama dan yang terakhir untukku. Aamiin..”

*duhh jadi mellow gini deh gue nulisnya wkwk. Sampe ga kerasa jadi nangis gini huhu. Yaa seketika gue jadi ngerasain lagi gimana bahagia dan terharunya hari itu, wkwk.

Huft, cukup sampe sini aja deh ceritanya. Sedih gue seriusan wkwk. Sedih Bahagia gitu hehe.

Pokoknyaaaaaaaa, thank you soooooooooooooooooo much God!

Dari cerita gue, semoga kalian bisa paham dan mengerti ya, bahwa Allah itu Maha baik dan yang pasti bakal ngabulin doa-doa kita (selagi doa itu emang doa yang baik).
Tetap semangaaaaaaaaaat

3. Merasa aman dari ancaman Allah

Allah memang Maha pengampun dan akan memaafkan setiap kesalahan hamba-Nya. Akan tetapi, bukan berarti hal ini bisa menjadikan kita abai dan merasa aman dari ancaman Allah. Justru saat seseorang merasa aman dari ancaman Allah, makai a termasuk ke dalam orang-orang yang merugi.

Merasa aman dari ancaman Allah itu berarti kita seolah kaya gak takut gitu sama azab Allah. Dan bisa-bisa kita jadi gak segan untuk melakukan dosa. Dengan iming-iming Allah itu Maha pengampun, jadi mikirnya “ah nanti aja deh taubatnya, Allah kan maha pengampun. Allah pati memaafkan segala kesalahan gue!” Astaghfirullah… ini sama sekali gak bener.

Gini deh, emangnya kita tau umur kita sampe kapan? emangnya kita tau hidup kita di dunia ini tinggal berapa detik lagi? bisa aja abis nulis ini gue meninggal. Dan bisa aja, abis baca tulisan gue ini, lo udah gak ada. Mungkin aja kan?!

Lagipula nih ya, kalo sampe kita mikirnya jelek kaya tadi, itu kan berarti kita seolah mempermainkan Allah. Kita seolah mempermainkan kesempatan besar yang Allah berikan. Dan itu sama sekali gak di benarkan!
Allah hanya akan menerima taubat yang sungguh-sungguh dari hamba-Nya. Bukan taubat yang asal-asalan. Bukan taubat yang ntar inget ntar enggak. Bukan taubat sambel *istilah yang sering gue denger sih begitu. Jadi plis temen-temen, jangan sampe kita tergolong ke dalam orang-orang yang hanya taubat sambel ya.

Makanya, disetiap doa, gue selalu mengikutsertakan semoga gue dan semua orang yang gue sayang itu termasuk kedalam orang-orang yang bertaubat. Termasuk yang sedang baca tulisan gue. #Aamiin

Buku apa nih? Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang