lanjut lagi 2

10 1 0
                                    

6. Menuduh wanita baik-baik melakukan zina

Islam sangat menghormati nama baik seeorang. Bahkan, dalam surat An-Nur : 23, Allah berfirman bahwa orang-orang yang menuduh wanita baik-baik melakukan zina akan mendapatkan laknat. Bukan hanya di akhirat saja, tapi juga di dunia. Bahkan orang tersebut pun akan mendapatkan azab yang besar.

Perlu di ingat ya temen-temen, bahwa menuduh/memfitnah itu berawal dari dugaan yang buruk. Contohnya begini, “ih kok dia pulang pagi terus sih, jarang di rumah lagi. Mana penampilannya sexy gitu. Pasti dia……” ketika kita berpikir atau menduga tentang hal yang buruk, lalu kemudian kita menceritakannya pada orang lain, itu bisa jadi fitnah.

Padahal, kita sama sekali gak tau apa yang sebetulnya terjadi pada ‘tetangga’ tadi. Tapi dengan mudahnya, kita mendefinisikan bahwa ‘dia’ adalah begini, dia adalah begitu, pokoknya dugaaannya tuh jelek mulu gitu. Astaghfirullah..

Nah, untuk itu, berpikir positif itu penting banget dalam keadaan apapun dan dalam hal apapun. Gak akan ada ruginya jika kita selalu berbaik sangka sama orang lain. Begitu pun berbaik sangka sama Allah.

Yuk buang jauh-jauh pikiran negative, dugaan-dugaan jelek, dan prasangka buruk dalam diri kita. Lagipulaaaaa berpikir positif itu bisa membuat hidup kita lebih tenang lohhhhhhhhhhhhh.

So, always positive thinking, Guys :)

7. Memakan riba

Riba bukan hanya merugikan orang-orang yang terlibat di dalamnya saja. Lebih dari itu, riba juga dapat merugikan banyak orang. Bahkan orang-orang yang tidak berkaitan secara langsung. Karena itu, islam dengan tegas melarang segala bentuk riba dan memakan harta hasil riba.

Buat yang belum paham tentang ap aarti dari riba itu sendiri, jadiiiii riba adalah penetapan bunga atau melebihkan jumlah pinjaman saat pengembalian dari jumlah pinjaman pokok (pijaman saat awal meminjam) yang dibebankan kepada peminjam.

Apabila kita bermain-main dengan riba, maka…..
Uangnya dapat, tapi entah pergi kemana.
Megang duit, tapi semua urusan jadi sulit.
Duit segepok, tapi halangan dateng terus gak kapok-kapok.
Rekening kayanya nambah, tapi serung dapat musibah.
Dapat uang sebukit, tapi keluarga terus-terusan sakit.
Nah loh, apa nikmatnya kalo punya duit tapi begitu? Sama sekali gak ada nikmatnya kan?!

Serius, Riba tuh sereeeeeem banget! Kenapa?

Karena, Rasulullah Saw bersabda : “satu dirham yang dimakan oleh seseorang dari transaksi riba sedangkan dia mengetahui, lebih besar dosanya daripada melakukan perbuatan zina sebanyak 36 kali”. (HR. Ahmad dan Al Baihaqi)

Dan satu lagi, Rasulullah Saw pun bersabda : “Riba memiliki 72 pintu. Yang paling rendah itu seperti menzinahi ibu kandungnya sendiri. Dan sesungguhnya riba yang paling riba adalah merusak kehormatannya”. (HR. Ath Thabrani)

Iiiiiiiiiiiiiiiiiih, serem banget kan?!

Semoga, kita semua terhindar dari hal-hal yang berkaitan dengan riba. Aamiin….

8. Lari dari medan pertempuran

Saat seorang muslim berada di medan pertempuran, maka haram baginya untuk mundur atau lari dari medan pertempuran itu. Kecuali jika mundur tersebut merupakan bagian dari strategi perang atau bertujuan untuk menyusun siasat.

Makanya, kalo emang gak siap atau ragu-ragu untuk ikut serta dalam peperangan, mending gak usah. Daripada tiba-tiba lari kocar-kacir karena takut ngeliat musuh, kan malu wkwk. Bukan cuma malu, tapi ini juga termasuk kedalam dosa besar lagi. Aduuuuuuuuh mending jangan so berani ya temen-temen, ehehe.

9. Memakan harta anak yatim

Bukan hanya harta riba, Islam pun sangat melarang pemeluknya memakan setiap harta yang bukan merupakan haknya. Termasuk harta anak yatim. Baik yang berada di bawah asuhannya secara langsung ataupun tidak.

Kamu telah mencapai bab terakhir yang dipublikasikan.

⏰ Terakhir diperbarui: Apr 28, 2021 ⏰

Tambahkan cerita ini ke Perpustakaan untuk mendapatkan notifikasi saat ada bab baru!

Buku apa nih? Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang