Berjalan ke sekolah yang sebenarnya tidak asing tetapi terasa asing lagi, ingatan Ian perlahanlahan mulai terbangun di bawah rangsangan dan bimbingan yang dia terima di gedung-gedung penting itu.
Dia bertemu dengan banyak teman sekelas di sepanjang jalan. Ian kadang-kadang mau menyapa mereka, tapi saat dia membuka mulutnya, dia sadar bahwa dia sudah lupa dengan nama mereka.
Namun, Zea dan bocah lelaki yang baru saja mencoba merendahkannya dengan berpura-pura ramah, Ian sudah ingat siapa mereka.
Zea bisa dikatakan sebagai siswi tercantik di Sekolah Menengah No. 5 Surabaya sejak sekolah tersebut didirikan selama beberapa dekade. Pada reuni sekolah menengah tadi malam, Ian membuat pengakuan cinta padanya, dan dia ditolak olehnya secara alami.
Alasan Zea tidak berubah. Saat duduk di bangku sekolah menengah pertama, dia mengatakan bahwa dia tidak ingin jatuh cinta di sekolah menengah pertama; ketika dia di sekolah menengah atas, dia mengatakan dia tidak ingin jatuh cinta di sekolah menengah atas; dan akhirnya setelah lulus sekolah, dia beralih dengan berkata tidak ingin berkencan sebelum lulus perguruan tinggi.
Kota Surabaya memang bukanlah kota yang kecil, dan terkadang ada koneksi yang tidak dapat dipisahkan, seperti ibu Ian dan ibu Zea yyang saling mengenal, tetapi orang tua Zea bekerja di Biro Keamanan Umum dan Biro Sumber Daya, dan kondisi keluarga mereka lebih baik.
Tentu saja, Ian tidak pernah menjadi seorang preman. Nilainya selalu di atas rata-rata, dan ia memiliki sifat yang tidak membosankan. Meski begitu, dia tidak pernah ragu untuk berkelahi dengan preman di luar sekolah. Keluarganya tidak terlalu kaya tapi jelas tidak miski. Sejak dia masih kecil, dia tidak pernah khawatir dengan biaya sekolah.
Masuk akal bahwa orang seperti itu benar-benar tidak pantas untuk mendapat kesempatan kembali ke masa lalu. Dia tidak tahu mengapa dia dipilih untuk ini. Apakah ini adalah hukuman karena dia mencoba mengemudikan mobil setelah bermabuk-mabukan?
Tetapi ada hal yang baik dari sini. Dari usia delapan hingga delapan belas tahun, ada sepuluh tahun di antaranya, dan dari delapan belas hingga dua puluh delapan tahun, ada satu kehidupan di antaranya.
Faktanya, bahkan jika dia berkembang selangkah demi selangkah, Ian bisa menjadi multijutawan di masa depan, tetapi jika dia bekerja keras dan menambahkan beberapa angka nol pada aset pribadinya, dia bisa mengubah arah sejarah.
Adapun anak laki-laki yang hanya ingin menginjak Ian untuk berpura-pura berada di depan Zea, namanya adalah Vinko Satrio, dan ayahnya adalah seorang pengusaha real estate di Kota Surabaya, dan bisnisnya selalu menghasilkan untung setiap hari.
Ketika Vinko bersulang untuk Ian di reuni kelas sepuluh tahun kemudian di kehidupan sebelumnya, tepi cangkir itu tiga inci lebih rendah.
...
"Pak Hasan, di mana pemberitahuan masuk saya?"
Ian berjalan ke kantor guru dan memanggil seorang guru pria dengan gaya rambut Mediterania.
Nama guru itu adalah Pak Hasan. Dia adalah wali kelas Ian. Dia biasanya memiliki hubungan yang baik dengannya. Kadang-kadang dia bisa disebut sebagai saudara laki-laki setelah melalui suatu masalah. Ketika Ian baru saja bekerja sebelumnya, dia menyempatkan diri untuk menemui Pak Hasan ketika dia kembali ke kampung halamannya, tetapi dia lupa mengunjunginya lagi ketika segalanya menjadi terlalu sibuk.
Kemudian, Pak Hasan meninggal karena kanker paru-paru. Ian berada di luar negeri pada saat itu dan dia tidak punya waktu untuk kembali ke upacara pemakaman.
Oleh karena itu, bagi Ian yang "asli", dia dan Pak Hasan benar-benar bertemu satu sama lain setelah melalui beberapa hal, dan dia sangat bersemangat menemuinya.
KAMU SEDANG MEMBACA
Bayang-Bayang Penyesalan Masa Lalu
Fiksi UmumIan Hidayat adalah pengusaha sukses yang memiliki perusahaan sendiri. Namun, di balik kesuksesan dan hidupnya yang sangat berkecukupan, Ian sepertinya memiliki suatu penyesalan di masa lalunya, yang bahkan tidak bisa dia ingat sendiri. Dan di punca...