sorry kalo garing, i can't make a good opening for any books T-T
"pagi bu..."
samu ngebungkukin badan, nyapa salah satu guru yang barusan papasan sama dia di koridor sekolah. cowok berkacamata itu udah senyum senyum dari bangun tidur, jalan sambil lompat lompat kecil kearah kelasnya. ketua kelas 12 mipa 5 itu udah terlampau kangen sama kelas blangsaknya, juga isinya.
pintu kelas dibuka, senyum lebar kembali diulas, kelas sudah ramai seperti biasa, karena samu biasanya datang 5 menit sebelum bel.
"SAMUUUUDEEERAAAAAAA,"
iya, sudah dipastikan itu winter. samu udah ancang ancang mau lari, terus nubruk kerumunan kelas yang lagi duduk melingker di kursi jeno, kebiasaan tiap pagi nyemil kue buatan bunda jeno.
"wih, brownis." samu langsung nyomot dua, dijejelin di pipinya. jiwa disampingnya langsung mekik gemes, tangannya udah di pipi samu buat nyubit bongkahan fluffy itu. "lo lucuuu bangeet kalo lagi makan, samuuuu,"
punya kaca, bang?
LO LEBIH LUCU KALO LAGI MAKAN ANJRIIIT
"ayok cepet makannya, bentar lagi bel."
samu sempet nyomot empat potong brownis lagi sebelum ngacir ke tempat duduknya, dibelakang jeno. tasnya dibanting, samu lanjut ngejejelin 4 potong brownis ke mulutnya. bel bunyi, si jangkung itu langsung nyamber bahu aji buat dirangkul.
"asli dah, gue kangen banget sama sekolah."
aji ngangguk setuju, ngelipet tangan di dada sambil mandangin lapangan yang mulai penuh dari koridor. "hooh, gue juga."
"bukan karena pelajarannya sih, tapi lebih ke suasananya." samu ngelanjutin, kemudian nelen kunyahan brownisnya. "gue kangen banget sama orion, sama kalian juga."
"idih, paketu bisa aja." aji tergelak, nyenggol pinggang samu dari samping. mereka udah ada di lapangan sekarang, baris di barisan sebelah kanan lapangan dan disebelah 12 mipa 4, soalnya sekarang mereka udah kelas 12. kelas 10 barisnya di kiri lapangan, sementara kelas 11 ditengah lapangan menghadap ke podium.
disamping samu, nana tengak tengok kearah podium yang isinya masih guru guru doang, petugas upacaranya belom kelihatan.
"sam,"
"hah?" malah sean yang ngejawab.
"petugas upacaranya kelas mana ya? kok belom nongol?"
12 mipa 5 yang tadi sibuk koar koar sana sini langsung hening, semuanya nengok ke nana yang plonga plongo karena bingung dilihatin.
"...kalian ngapain melototin gue? cantik ya?"
hazel nepuk jidatnya keras, kedengeran banget bunyi 'plak'-nya. "ANJING KAN PETUGASNYA 12 MIPA 5!!!!!"
panik. sekelas panik, grusak grusuk sana sini. semuanya beneran lupa, hari pertama tahun ajaran baru biasanya ngambil petugas upacara dari kelas paling akhir alias 12 mipa 5, kelas mereka. dan sekarang, mereka belom nentuin siapa aja yang bakal bertugas.
"sam, lo aja pemimpin upacaranya ya!" hana udah mulai ngegas, soalnya panik. dia udah suka rela jadi pembaca protokol, terus yesa juga udah mau jadi pembaca uud 1945. samu ngegeleng ribut, "MOH! masa gue terus pemimpin upacara??? abim tuh,"
"bisa bisa upacaranya jadi ajang tahan tawa kalo dipimpin abim," karin nyeletuk, dia udah siap jadi pengibar bareng hazel sama geral.
"ya terus siapa dong???? saka lo mau gak,"
saka yang dari tadi cuma nyimak langsung ngegeleng, "jangan gue ah, kemaren itu gue udah jadi pembawa pancasila lho, cari yang belom pernah aja."
mata hana langsung micing, nelisik satu satu anak kelasnya. sampai netranya jatuh ke satu eksistensi yang hari ini rambutnya rapi banget dikucir satu.
"rezha, jadi pemimpin upacara ya?"
dan ya, akhirnya petugas upacara dadakan udah kepilih, rezha yang jadi pemimpin upacara. kan jarang banget tuh, ada cewek yang ditugasin jadi pemimpin upacara, jadi vibesnya jadi agak beda, apalagi ini rezhakilla dirgantara. dia kelihatan jauh lebih keren pake rompi khusus petugas upacara, topi khusus juga yang mirip topi polisi, sama sarung tangan putih.
upacara berakhir, 12 mipa 5 puas banget udah milih rezha jadi pemimpin upacara.
"gelo, ja, lo keren banget tadi sumpah." masuk kelas, hara langsung heboh sendiri guncangin bahu rezha. yang dipuji langsung kacak pinggang, "iyelah, rezha gitu looooh,"
"besok besok pemimpin upacaranya lo aja ya, ja."
rezha langsung melotot, "OGAH!"
sean ketawa doang, langsung ngacir ke tempat duduknya karena dirasa wali kelas baru mereka udah deket pintu kelas.
kelas langsung hening, tiba tiba dilanda gugup. soalnya di daftar wali kelas di mading tadi, mereka kebagian guru kimia yang terkenal gualak'e minta ampun, namanya bu asti.
tapi sekarang yang masuk, kok malah pak jae?
"selamat pagi, budak budak kasep lan geulis,"
"selamat pagi paaaaaak,"
samu selaku ketua kelas yang lalu angkat tangan, "maaf pak, mau tanya, bukannya wali kelas 12 mipa 5 itu bu asti ya pak?"
pak jae ketawa kecil, "iya, awalnya mau dikasih bu asti, cuma beliau dipindahkan ke 11 ipa 4 dan saya dipindahin ke sini. nggak usah takut jadinya, sama saya santai aja." jelas beliau sambil ngibasin tangannya. sekelas langsung buang nafas lega, seenggaknya mereka nggak jadi kesiksa dibawah asuhan bu asti setahun kedepan.
pak jae ini guru bahasa inggris kelas 12, terkenal jadi guru yang friendly, humble dan kocak kayak tipe tipe guru bahasa inggris di sma orion ini, misalnya pak brian sama pak jo. bersyukurlah 12 mipa 5.
"oke, karena hari ini hari pertama, saya kasih bebas dulu deh." sekelas bersorak senang. "saya absen dulu ya, yang dipanggil maju satu satu buat perkenalan diri, biar saya bisa kenal kalian."
dan ya, seharian itu, 12 mipa 5 kembali dipenuhi sama teriakan rusuh yang bukan cuma berasal dari siswa-siswinya, tapi juga dari wali kelas baru mereka, pak jae.
KAMU SEDANG MEMBACA
panglima.
Fanfictentang kelas 12 mipa 5 yang katanya dapet predikat kelas tersolid 3 tahun berturut turut. mau coba lihat kedalam panglima? ;lokal!au, with local name. ;00l-02l. ;originally written by yohana.