Bracelet

6 3 1
                                    

Siap?

Action🥣

Varezz POV

Hai! Nama gue Vareez. Gue remaja berusia 17 tahun. Bentar lagi gue lulus SMA.

Kalau lulus.

Gue ini anak semata wayang. Anak yang paling disayang. Mama sama papa selalu menomor satukan gue dibanding kakak gue. Yaiyalah selalu menomor satukan gue. Yakali, kakak gue, gue kan gak punya kakak. Lucu? Nggak. Tapi plis dong ketawa.

Hahaha. Oke cukup. 

Bye the way, gue dulu punya cita-cita jadi seorang dokter. Tapi, nggak buat sekarang. Kenapa? Karena gue takut sama darah. Darah yang awalnya keluar dari kaki gue gara-gara di cakar si moule, kucing kesayangan mama. Ya.. meskipun darah nya kelur gak terlalu banyak, tapi tetep aja sakit. Sampe gue gak mau mandi gara-gara takut kaki gue kebasahan dan pasti bakalan perih.

Gue anak yang cukup manja, gimana gak manja? Orang gue anak satu-satunya. Lupa? Dasar pikun.
Et et et, tapi jangan salah, gue manja di depan mama sama papa doang. Beda kalau di sekolah atau di depan temen-temen gue. Gue bakalan terlihat paling kuat apalagi kalau soal mencintai, memahami dan mengikhlaskan.

Mencintai dia yang bahkan gak anggap gue ada. Memahami perasaan dia, yang bahkan dia sendiri gak pernah paham sama perasaan gue. Dan mengikhlaskan dia yang bahkan belum sempat gue genggam.

Gilaaaa. Kenapa gue se-sadboy itu elah, Wati, Ainun. Lho? kok jadi sebut-sebut nama mantan. Hahaha
gue bukan sadboy kok. Liat aja ending cerita gue nanti.

***

03.28

Alarm gue bahkan belum waktunya buat bunyi. Tapi lengkingan suara mama udah lebih dulu kedenger seisi rumah. Mama terus teriak-teriak histeris akibat moule kucing kesayangan mama, kaki nya berdarah.
Ya allah, gak bisa apa sehariiii aja tu meong gak buat ulah. Gak bikin Mama lebay, alay dan jijay. Astaghfirullah Rez, istighfar lo ngata-ngatain emak sendiri.

Gue berusaha buat tetep tidur dan gak ada niatan buat kebangun. Tapi suara gedoran pintu lebih dulu merusak niatan gue. Mama terus panggil-panggil nama gue, karena disini, gue udah termasuk tersangka. Kalau gak papa, ya gue orang nya.

"Vareez!!" bak penyanyi rocker, suara mama sukses buat gue terlonjak kaget dan bangun.

"Kenapa sih, ma?" Jawab gue yang masih di dalem kamar dan belum bukain pintu.

"Keluar, Rez. Cepet! Mama tungguin di bawah!"

Dengan sangat berat hati dan terpaksa. Gue membopong tubuh gue yang masih pengen istirahat ini ke luar kamar dan nyamperin mama.

Di bawah udah ada papa yang duduk di sofa ruang tamu. Muka papa yang masih keliatan ngantuk dan bahkan masih ada upil di mata nya terlihat pasrah sama keadaan. Bentar lagi, gue sama papa bakalan kena sidang. Atas tuduhan penyiksaan kucing kerempeng warna oranye yang selalu buat ulah.

"Siapa di antara kalian yang udah bikin kaki moule kayak gini?" Tanya mama sambil ngacungin satu kaki moule ke atas dengan paksa. Sampe si moule mengeong akibat kesakitan, kayaknya.

"Bukan Varez ma. Mama kan tahu, Varez jarang ada di rumah."

Mama keliatan menimang-nimang ucapan gue. Dan sekarang, pandangan nya beralih ke arah papa. "Berarti papa, ya?"

Papa yang kaget karena tersangka langsung jawab. "Lho kok papa? Kan papa seharian ngantor ma. Liat moule aja jarang. Gimana bisa moule celaka akibat papa?"

Mama terlihat sedikit kebingungan. "Terus siapa lagi kalau bukan kalian?"

Gue sama papa saling tatap. Sampai akhirnya, "Berarti mama." ucap kita berdua kompak.

"Lho kok jadi mama? Mana mungkin mama celakain Moule. Moule ini udah mama anggap dan mama rawat seperti anak sendiri."

"Kaya malika ya, Ma?"

"Malika siapa?" Tanya papa yang so' polos padahal gue yakin papa tahu kalau Malika yang gue maksud Malika kecap Bango. Tapi demi terhindar dari tuduhan mama yang nggak-nggak lagi, papa selalu sahut topik ngawur yang gue buat.

"Itu lho, Pa. Mantan aku minggu lalu. Masa papa lupa? Mama aja setuju aku sama Malika."

Baru saja mama mau nyahut, tapi papa lebih dulu memotong dan menjawab ucapan gue lagi. "Ohh.. iya, iya, papa baru inget. Gimana itu? Kabar si.. Manula? Kok udah jadi mantan aja."

"Malika, Pa. Bukan Manula." Jawab gue yang sumpah demi apapun pengen ngakak detik itu juga. Manula mah mang Koko atuh Pa. Supir papa yang belum mau pensiun-pensiun.

"Stop!" Gue sama papa langsung tersentak kaget. "Malah ngomongin Malika. Siapa juga yang kenal Malika? Ini jadinya gimana? Siapa yang udah bikin kaki moule kayak gini? Cepetan ngaku atau mama gak bakalan siapain kalian sarapan besok pagi!" Ancam mama. Gue sama papa cuma bisa diem dan nunduk. Kita berdua udah kayak tahanan polisi. Yang udah ketangkap dan cuma bisa pasrah sama keadaan. Mana baju gue ngedukung banget lagi. Warna oranye. Untung aja gak ada bacaan 'tahanan' nya.

"Pokoknya mama gak mau tahu, kita harus bawa moule ke dokter sekarang juga."

"Nanti pagi dong, ma. Dokter hewan nya juga belum bangun jam segini. Masih tidur," ucap papa.

"Iya, ma. Vareez cape banget ma. Masa mama gak kasian sama anak mama yang satu-satunya ini? Mama tega ya kalau Varez sakit gara-gara kurang istirahat?" Ucapan gue berhasil mengubah mimik muka mama yang kesel jadi khawatir.

"Ya ampun mama sampai lupa. Maafin mama ya sayang." Ucap mama sambil usap-usap pipi gue. Gue so' so'an pasang mimik muka lemes aja, biar keliatan lebih dramatis. 

"Yaudah, cepatan kamu tidur lagi."

Gue langsung beranjak dan jalan ke arah atas. Tinggal tersisa Papa di bawah. Dan gak tahu nasibnya nanti bakalan kayak gimana. Drama pagi-pagi buta ini diakhiri dengan mama yang khawatir sama gue.

Soal moule, gue masih mikirin dia. Mikirin gimana caranya nyingkirin tuh meong biar gak tinggal satu atap lagi sama gue. Bikin ribet. Masa iya tiap pagi gue harus kebangun cuma gara-gara dia?




Terimakasih sudah membaca cerita yang tidak sengaja aku tulis ini.

Kamu telah mencapai bab terakhir yang dipublikasikan.

⏰ Terakhir diperbarui: Aug 09, 2021 ⏰

Tambahkan cerita ini ke Perpustakaan untuk mendapatkan notifikasi saat ada bab baru!

BraceletTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang