PERBEDAAN BUKANLAH KESALAHAN

2 0 0
                                    

Hai-hai,,
Pernahkah kalian menilai orang lain salah,karena dia berbeda pendapat dengan kalian?
Jawaban jujurnya sepertinya adalah pernah,atau malah sering?hehe

Saya jujur sering banget terjebak dalam situasi begini,tapi bersyukur semakin kesini semakin berkurang .
Resepnya adalah sering mengingatkan diri untuk tidak langsung menyalahkan.

Jujur saja saat melihat orang lain berbeda pendapat atau berbeda dalam suatu hal dengan saya,saya merasa kesal dan menyalahkan mereka.
Sekarang pertanyaannya bagaimana  dengan mereka yg saya anggap salah karena pemikiran dan pendapatnya berbeda dengan saya?
Jawabannya adalah,saya yang salah menurut mereka..

Jadi siapakah yang benar ?
semuanya benar sekaligus  juga salah..

Bukankah hidup selucu itu?
Saat kita menilai seseorang tidak baik,bagiamana dengan penilaian mereka tentang kita?
Apa yang kita pikirkan tentang orang lain,sebaliknya orang lain pun bisa berfikiran sama terhadap kita

Jadi sebenarnya bukan tentang benar atau salah, karena tidak ada suatu kebenaran yang mutlak benar,ataupun kesalahan yg mutlak salah.
Benar salah hanyalah sebuah persepsi,suatu penilaian tidak yang tidak lepas dari sebuah sudut pandang.

Selain menjadi salah atau benar,terkadang kita juga sangat cepat menilai seseorang dari kacamata kita.
Saya sendiri dulunya sangat gampang memberi penilaian tentang seseorang,membuat kesimpulan sendiri tentang seseorang hanya berdasar beberapa hal yang saya liat.
Padahal untuk menyimpulkan sesuatu kita harus melakukan sebuat riset yang tentunya tidak lama.
Dan itupun belum tentu terjamin keakuratannya..
Maklumlah kita manusia sudah terbiasa hidup berdasarkan prasangka kita semata.

Yuk kita stop untuk menghakimi orang lain.
Karena ada yang kita lihat melalui kacamata kita adalah pantulan warna dari kaca kita sendiri.
Bukankah lebih baik kita belajar menilai diri sendiri dulu,sudah pantaskah kita menilai orang lain?kalau diri kita sendiri saja masih sering melakukan hal yang tidak bajik.

Ayo kita sama-sama menjadi lebih baik dari setiap waktu dalam hidup ini.
Karena dengan belajar membuka pikiran dan menjadi lebih bijak,kita bisa menjalani hidup lebih bahagia.

RUANG RENUNGAN SEHARI-HARITempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang