PART 1 Hari Pertama

247 9 3
                                    

Ingatlah akan satu hal ini, jika kamu punya masalah dan keluh kesah, ceritakan segalanya itu kepada Tuhanmu, maka hatimu akan tenang dan sedikit lega. Dunia memang tak seindah cerita Cinderella ataupun semudah membalikkan telapak tangan. Kehidupan sebenarnya lebih sulit dari yang dibayangkan, kita hanya bisa berserah diri kepada-Nya dan cukup jalani kehidupan di depan mata, tak perlu lagi melihat ke belakang. Teriak saja semua hal yang terpendam selama ini, iya, selama ini ...~~~

/teng /teng /teng /teng

'Eittt, suara apaan tuh', gumam gue sambil gosokin mata buat ngumpulin nyawa.

'Hoam' Owh, suara lonceng pagi. Pertanda kebiasaan harian gue udah dimulai. Suara langkah kaki manusia lain pun sudah terdengar jelas. Gue pun ga mau kalah dong, 100% nyawa sudah terkumpul pertanda siap memulai hari hehe.

"Woi bangun, ga denger tuh alarm raksasa dah ngaung, masih molor aje lu", gerusuk gue ke temen gue yang lain yang masih kayak kebo, ga ada bedanya.

"Belicik lu, Al. Sok-sok an bangun pagi lu, biasanye lu yang paling telat bangun." sahut temen gue sambil lemparin guling ke punggung gue.

"Yaelah, lu kagak tau hari ini hari apa, Ric?"

"Hari ini hari Senin lah, yeu peak lu", akhirnya temen gue, Venus, bangun juga setelah gue gubrak gubrak tuh kasur.

"Masih muda dahal udah pikun ae, hari ini tuh hari pertama kita sekolah lagi, udah jadi kakak kelas kita haha"

Sontak temen gue langsung melek mendengarkata-kata gue.

"Wuazeekk, dapet adek-adek kelas gemes nih, gas ngeng lgsg mandi ah", keliatannya si Rico ga sabaran liat adek kelasnya yang baru masuk hari ini. Gue jg gitu sih, penasaran jadi kakak kelas itu begimane.

"Ven, lu masi mau ngorok atau kami tinggalin nih?", ucap gue udah prepare sama Rico buat mandi.

"5 menit lagi sabar", malah nyender di pegangan kasur.

"Yaudah kalo ngeyel, yoklah Ric, tinggalin aja dia, biar dimarahin sama Romo" gue dan Rico lgsg keluar kamar buat mandi.

"Al, Ric, tungguin napa" keliatan si Venus mulai mengejar kami yang udah keduluan dari dia.

"Al, kan lu sebagai siswa teladan se asrama, udah siap buat bikin opening greeting buat adik kelas belom?" si Venus yang mulai kepo.

"Eumh, belom sih, palingan entar lgsg spontan ae kayak biasa. gue kan Albert, santuy mah" ucap gue dengan santai.

"Selipin nama gue juga yak di greeting lu, siapa tau ada adek kelas yg mau kepoin gue kan haha", kebiasaan si Rico mulai kegatelan.

"Emangnye lu sponsornya asrama, pake sebut nama lu segala, ada2 aje lu" pergilah jiwa buaya dari Rico, Ya Lord.

"Iya tuh, ga cukup apa temen cewek sekelas kita semuanya dipepetin"

Setelah perbincangan singkat tadi, akhirnya kami sampai di kamar mandi khusus asrama pria, minimalis dan rapi.

"Huah, akhirnya kelar juga mandi nya, siap-siap jadi cakep dulu dah", kebiasaan celotehnya Rico tinggi banget.

Gue dan Venus juga udah selesai dan balik lagi ke kamar buat siap-siap ke kapel karena bakal misa pagi dan beberapa pengumuman.

"Outfit hari ini apa aja ya, lupa gue", ampun dah Venus, lu masih muda cepet amat lupanye.

"Barongsai warna-warni, biar sekalian parade kita", sabar Al, kudu sabar hadepin temen pikun kek si Ven.

"Nih outfit kita hari ini, serba putih dan serba cakep kayak gue dong"

"Cermatin dari atas sampe bawah, Ven. Tapi soal kecakepan, jelas gue lah yang paling puoll haha", hadueh kelakuan.

Gue pun juga harus segera pakai baju karena ga mau telat dengan hari pertama sekolah lagi. Tahun baru, suasana baru.

Setelah berkemas, gue pun duduk sebentar di meja belajar dan mempersiapkan kitab suci untuk dibawa saat misa pagi. Tak tersadar, gue melihat foto keluarga gue tertempel sempurna di atas meja belajar, sepasang keluarga yang sangat lengkap, ayah, ibu, dan seorang anak yang terlihat ceria.

'Pa, Ma, sudah 1 tahun gw disini, di asrama impian kalian, terasa nyaman dan menyenangkan, gw pasti bisa lulus dengan hasil memuaskan', gumam gue optimis dan tegas.

Kebengongan gue pun terpecahkan dengan suara yang sering terdengar di seberang asrama kami.

/dug /dug /dug

"Kayaknya di seberang asrama kita juga mulai tahun ajaran baru kan yak". Gue mengangguk pertanyaan dari Rico.

"Mungkin murid-muridnya dikumpul buat dengerin pengumuman juga", tambah gue buat Rico.

Gue yang sangat terfokus dengan dunia yang sudah diatur ini kurang paham dengan dunia luar. Mungkin suatu saat nanti gue bisa tau seperti apa dunia seberang itu terjadi.

"Yoklah, udah jam 5 nih, kita ke kapel, entar telat lagi", sela Venus memotong imajinasi gue.

"Ayok"

Perjalanan dari asrama pria ke kapel utama ga terlalu jauh, Cuma 2 menit. Kami harus datang lebih awal biar ga dimarahin sama Romo.

Murid asrama yang lain pun semakin datang berhamburan menuju kapel utama. Huah, suasana keramaian ini udah lama ga terlihat setelah 1 bulan lamanya liburan.

Sembari kami berjalan sambil cerita hal yang ga jelas, tiba-tiba,

"Woi, lama ga jumpa kelen", tamparan di bahu yang cukup keras itu sangat familiar buat gue karena cuma dia aja cewek yang berani begitu sama gue.

"Lain kali ucapin salam kek, maen nabok mulu aje lu"

"Santuy aja kali, tabokan gue kan ga sekeras cowok-cowok pada"

Namanya Maria, satu-satunya siswa cewek yang mau temenan sama kami, siswa cowok yang B aja. Tapi tingkahnya belum tentu sebaik namanya.

"Beb Rico, makin cakep aje lu", celoteh Maria pasti cuma bohongan.

"Nye nye nye, basi lu, Mar", nah kan, gue bilang juga apa.

"Obat nyamuk udah mau abis nih", sadboy banget lu Ven.

Kami pun melanjutkan untuk bergegas ke kapel utama berbarengan dengan siswa asrama lain.

Inilah kehidupan gue, setelah 1 tahun lamanya menetap di sebuah asrama Katolik yang cukup terkenal, pastinya bakal ada pahit manis kejadian yang bakalan terjadi ke gue dan teman-teman gue. Tinggal di asrama bener-bener displin cuy.

Lonceng kapel pun akhirnya terdengar lagi setelah semua siswa dan pengurus asrama lain tiba. Suasana menjadi layaknya misa di Gereja pada umumnya, sangat sakral dan tenang.

TEGAK LURUS [BL]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang