Aku minta kepada ibu ku untuk sekolah ke pasantaren,, aku pun sekolah di pasantren HIDAYATULLAH.
Aku dulu di pasantaren masakk sendiri
Setalah seminggu kemudian,, aku teringat dengan ibu ku,taman teman ku adalah taman semasa aku SD,
Dan kami panah nangis karena merindukan kan sang kelaurga di rumh, kami menangis seperti org meratapi org meninggal. Orag pun pada heran,aku betah di pasantaren aku hanya rindu Dengan keluarga ku,Pada hari Minggu biasnya org tua pada berkunjung melihat anak nya,org tua ku tidak datang, dia hanya menitipkan makanan kepada tukang pos.aku sedih sedih sekali aku merasa iri dengan teman ku. Tetap aku akan tetap kuat dan tabah.
Di suatu malam ada acara tadarus Yasin, di situ aku berdoa agar ibu ku
Datang mengunjungi ku.Di Pagi hari, aku duduk depan pintu asrama ku, tidak lama kemudian ibu ku dan Adek ku datang, aku merasa terkejut, aku pun langsung mencium tangan org tua ku, ayah ku juga datang, tetapi dia menunggu di depan gerbang karna laki laki tidak boleh masuk asrama perempuan.kecuali Adek ku, karena Adek ku Masi kecil.
Aku Pun bahagia bisa melihat wajah orang tua ku.
Setalah satu tahun aku pun naik kelas 2 smp,,tiba tiba keluarga ku menimpa masalah yang besar, aku di suruh pindah sekolah, aku pindah ke rumah nenek ku,nama sekolah nya MTSN 1 kota Subulussalam, Alhamdulillah sekolah itu dekat dengan rumh nenek ku, aku bisa jalan kaki.
Di hari pertama aku masuk sekolah itu aku sangat gugup,,, jantung ku bedertak detak di saat aku di tempat kn ke kelas aku di suruh perkenal kn diri, di saat aku masuk kelas itu pas pas san juga mata pelajaran b.inggris masuk, dan aku di suruh perkenal kn diri memakai b.inggris, aku pun mulai memperkanal kn diri ku, my "name is: sofiya kharani,
Addres: Runding"
Di saat itu jantung tak mau berhenti henti aku sangat gugup sekali.
Di saat itu aku blom mempunyai teman, si hari kedua aku sekolah,, Alhamdulillah aku mulai mempunyai teman nama nya "Yara" lalu dia tanyak nam ku siapa aku menjawab"sofiya". Hari demi hari Alhamdulillah aku pun betah di sekolah itu.