-beragam, bukan berbeda.
Berwarna, bukan tak sama.
Hari ini, hari minggu
Nana dan sye memutuskan untuk beribadah di jakarta pusat, dimana tempat dua rumah ibadah yang berbeda bersebrangan. Membuat kedua insan tersebut terpisah untuk ibadah di tempat masing masing, nana yang melangkah ke gereja dan sye yang melangkah ke masjid istiqlal.Masjid dan gereja yang terlihat berdiri kokoh dan berhadapan, menciptakan kesan harmonis dan toleransi yang amat kuat.
Istiqlal dan katedral, jika mereka mempunyai nyawa siapa yang tau kalau mereka saling jatuh cinta seperti nana dan sye.
Nana memarkirkan sebuah mobil nya di perkarangan masjid istiqlal agar setelah sye ibadah ia bisa menunggu nana di mobil.
"Dah sampai" ujar nana
Sye tersenyum lalu melepas sabuk pengaman nya lalu keluar dari dalam mobil begitu juga nana.
Siang ini di bawah langit yang tidak begitu terik namun juga tak mendung mereka berdua akan melaksanakan ibadah nya, sye yang akan melaksanakan shalat dzuhur dan nana yang melaksanakan ibadah rutin di setiap minggu nya.
"Udah mau dzuhur na, aku masuk yah" seraya tersenyum.
"Sye, sampai kan sama Tuhan mu, aku hanya ingin mencintai umat nya, bukan merebut dari-nya"
"Na.. Udah, ibadah yang khusyu ya" ujar nya pada nana.
"Iya kamu juga. nanti kalau kamu selesai duluan, kamu tunggu aku dimobil aja okey"
Sye mengangguk lantas mengukir senyuman yang tak dapat diartikan.
Mereka pun melangkah ke arah yang berbeda.
Sye sempat menoleh kebelakang menatap kepergian nana, sungguh rasa nya menyakitkan.
Sye menghela nafas sebelum akhirnya melanjutkan langkah nya menuju masjid."LDR terberat itu bukan LDR yang beda kota atau negara tapi LDR yang beda rumah ibadah." batin sye.
••
Selepas menunaikan ibadah shalat sye menuju mobil yang terparkir tetapi--
Langkah nya tak berhenti di mobil nya nana.
Sye melanjut melangkah ke sebrang tempat dimana nana sedang beribadah, sye berdiri di dpan gereja bermaksud menunggu nana di sana.Kebetulan di depan gereja ada sebuah tukang ketoprak sedang mangkal.
"Mba duduk jangan diri aja pegal nanti" ucap tukang ketoprak itu sambil menggeser tempat duduk nya untuk sye.Sye tersenyum lantas duduk
"iya pa, makasih"Sye berhela nafas, sambil menatap ke arah gereja menunggu nana keluar.
Setengah jam berlalu sye masih setia duduk di sana menunggu nana, beberapa saat kemudian nana keluar dari tempat ibadah nya.
Sye berjalan ke arah nana
"Baaa!! "
KAMU SEDANG MEMBACA
antara tasbih dan salib
Random"Na, kamu itu seperti bulan dan aku matahari nya" "Kenapa gitu? " "Karena bulan dan matahari itu ga akan bisa bersatu di satu waktu yang sama, begitu pun kamu dan aku" "Kalau gitu, kamu jadi bintang aja biar bisa berada di satu waktu yang sama denga...