Hari ini adalah salah satu hari baik. Semua hari itu baik, tapi kali ini spesial.
Aku dapat sesuatu yang bagus banget hari ini.
Tahu nggak, sih? Kamu hidup di dunia ini, nggak dituntut untuk selalu bisa membuat semua orang senang, nggak dituntut untuk tidak mengecewakan siapapun. Kadang kita terlalu takut nggak punya tempat di dunia. Merasa perlu diterima semua orang dan ingin selalu dipandang baik. Padahal perspektif kebaikan dari setiap orang itu berbeda, ya.
Capek nggak, sih?
Ada nggak dimana kamu terlalu memaksakan diri kamu untuk bisa mencapai standar manusia yang nggak ada habisnya?
Jangan, ya.
Kamu hidup untuk diri kamu, loh. Bukan egois. Tapi harus bijak.
Harus tegas sama diri sendiri.
Akan ada dimana kamu berada di posisi yang sulit. Akan ada dimana kamu bisa saja membuat orang kecewa, akan ada dimana kamu dianggap jahat.
Kenapa begitu, ya?
Biar nggak salah paham...
Sebagai contoh, ketika kamu dihadapkan kepada pilihan yang sulit salah satu pilihan tersebut bisa mengecewakan seseorang, tetapi pilihan tersebut adalah yang terbaik.
Agak sulit, ya.
Kadang kita memilih untuk mengorbankan pilihan yang benar karena terlalu takut tidak mendapat penerimaan yang baik.
Fokusnya salah, bro.
Kamu terlalu fokus sama apa yang dipandang manusia tentang kamu. Terlalu takut dianggap yang enggak-enggak, selalu ingin dipandang baik. Baik belum tentu benar.
Benar oleh siapa?
TUHAN
Ubah pandangan, yuk. Sekarang bukan lagi takut mengecewakan manusia, tapi takut mengecewakan Tuhan.