Banyak pelajaran berharga yang sampai hari ini aku merasa bersyukur banget, dimana di titik ini benar-benar berada di titik capek banget, walaupun pastinya di depan sana prosesnya mungkin akan lebih sakit lagi.
Mempelajari tentang nilai diri dan kedewasaan.
Untuk setiap orang yang telah hadir, semua punya masa, walaupun ada yang masih menetap, ada juga yang singgah sebentar. Momen perpisahan akan selalu ada. Terima.
Semua hanya tentang pelajaran, jangan menyesal bertemu orang ya, siapapun itu, dan sesakit apapun situasinya. Terima.
Sampai kamu akan sadar bahwa cinta paling tulus di dunia ini adalah Tuhan dan diri kamu sendiri. Semua orang punya prioritas masing-masing, belajar untuk mengerti bahwa dunia itu luas.
Pelajari dan peka terhadap hal kecil.
Apapun keadaannya, jangan simpan kebencian dan kedengkian. Akan selalu ada orang yang ngga suka kamu, ngga suka keputusan kamu, ngga suka pendapat kamu. Terima itu.
Fokus ke diri kamu sendiri, upgrade nilai hidup kamu.
Terpuruk, kesepian, kosong, down, sedih, hancur, itu semua normal. Its ok to not be ok. Kita manusia.
Satu hal yang perlu diingat. Kamu berharga.
Percaya bahwa setiap bertemu dengan seseorang, berarti kamu diberi peran, entah perannya menjadi apa. Let it flow. Learn.
Kamu berdiri di kaki kamu sendiri, pastikan kaki kamu kuat.
Berani berprinsip dan tidak takut sendiri.
Tidak berharap pada manusia. Mewajarkan people come and go, mau sejauh apapun hubungannya.
Cintai diri kamu sendiri secara penuh, penuh! Kepergian orang yang dekat sekalipun di hidup kamu, ngga akan membuat separuh diri kamu menghilang/pergi. Kamu harus selalu utuh, apapun yang terjadi ke depan.
Untuk semua yang udah terjadi, sesali kesalahannya bukan pelajarannya. Kamu masih berharga untuk melanjutkan hidup.
Ada penggalan lirik bagus dari lagu Hard 2 face Reality,
Sometimes its hard to face reality
Don't be afraid to stand alone
Don't be afraid to stand outside your comfort zone
I know its hard away from home
And it ain't easy all alone