oOo
Hari pertama masuk sekolah buat Ryan itu biasa saja. yaa biasa karena emang ga ada istimewa nya, Ryan pikir ini bakal sama kaya hari pertama nya masuk ke SMP, tapi yang nggak biasanya itu dia bakal ketemu lagi sama sahabat kecil nya yang kurang lebih udah 2 tahun dia tinggalin tanpa pamit.Dan dengan sialnya di hari Senin pertama ini dia terlambat. Jam hampir nunjukin pukul 8, tapi si Ryan masih sibuk cari dasi nya yang gatau dia simpen Dimana.
Udah ketebak pasti sampai di sekolah dia di hukum sama kak OSIS yang jadi pembimbing di gugusnya.
Itulah nasib Ryan yang notabene nya mulai tinggal sendiri. setelah 2 tahun lalu tinggal di kampung halaman ayah nya. dengan di temani asisten rumah tangga yang ayah nya pekerjaan untuk sekedar mengurus rumah dan kebutuhan Ryan yang sudah tidak memiliki seorang ibu sejak umurnya masih sangat kecil. Sementara itu ayahnya hanya sibuk dengan pekerjaannya. Bangun kesiangan. Tentu aja itu sering Ryan alami mengingat dia sekarang mulai tinggal sendiri di sebuah apartemen yang Ryan beli dengan uang tabungan dari sisa uang jajannya selama sekolah. Tapi itu ga cukup buat dia sebut sebagai rumahnya.
.
.
Hari Senin di Minggu ke tiga ini Ryan di sambut dengan pemandangan matahari yang udah terik. Refleks dia liat nakas, jam udah nunjukin jarum pendek yang hampir sejajar sama angka 10. Dan untuk ke tiga kali nya dan di hari Senin lagi, dia lari kesana kemari buat siap-siap, bahkan dia masukin semua buku. Males buat liat jadwal. Ryan bukan orang yang bakal milih tidur lagi dan nggak berangkat sekolah karena terlambat. lebih baik terlambat daripada nggak sekolah.
Dan saat sudah sampai tepat di depan gerbang sekolah dia kembali mendapat sambutan dengan gerbang yang sudah tertutup rapat. Ryan sempet bingung kenapa dia selalu kesiangan pas ada acara yang dinamakan upacara itu. Ryan bahkan nggak benci berdiri di bawah matahari. Tapi seolah matahari nggak mau liat Ryan ada di kerumunan siswa/i yang sedang melaksanakan upacara.
Ryan yang gamau ketinggalan kelas lebih milih masuk ke pemukiman warga buat cari jalan pintas. Dan swalaa~ dia ketemu sama tembok pembatas antar pemukiman dan sekolah nya yang ga terlalu tinggi. Dia panjat tembok pembatas itu. Ga lupa dia nutupin mukanya pake topi sekolah.
Pas udah masuk, di depannya udah ada ruang guru.
'sial, harusnya gua lebih sambar cari jalan lain, ini mah sama aja masuk kandang macan.' gerutunya dalam hati.
"Khem." Deheman ini sontak buat Ryan yang sembunyi di belakang tembok ruang guru kaget.
"Mau sampe kapan Lo ada disitu?" Ryan yang denger itu cuman matung nggak berani keluar dari balik tembok.
Karena kesal anak yang masih betah sembunyi di belakang tembok enggan nanggepin pertanyaan yang dia keluarin, ia milih jalan lagi hampirin anak laki-laki itu ( Ryan ) buat mastiin kalo di balik tembok beneran ada orang. Tapi baru juga mau lebih deket bocah yang sembunyi di balik tembok kini udah berdiri di depannya.
"Aa... gua cuman itu..." Ryan akhirnya berani keluar dari persembunyiannya. sambil nutupin matanya pake topi yang dia pake, ga mau sampe dapet masalah dengan natap langsung orang yang belum tau siapa itu. Bisa aja kan itu guru BK. Bisa - bisa dia dapet masalah serius.
"...."
"Gua kesiangan lagi... Udah gitu gua lupa bawa dasi." dengan sedikit keberanian Ryan lepasin topinya dan angkat wajahnya supaya bisa natap orang yang tadi udah nyiduk dia. Pas dia berani natap orang nya, dia kaget. Badannya seketika membeku.
dimas udah ga tahan sama si Ryan yang malah diem aja asik ngebengong, langsung narik paksa lengan baju Ryan dan nuntun dia ke arah lapangan. Ryan yang tau kalo dia mau di bawa ke lapangan malah berontak.