pulang sekolah gue keluar kelas paling terakhir, gue gak ada cerita apa-apa ke naomi tentang kejadian siang tadi. gue masih gak ngerti kenapa pak chandra bisa-bisanya ngajak gue buat makan mie ayam bareng, misalnya hal ini semata-mata dibuat imbalan karena gue udah ngebantuin si bapak, beneran deh mendingan gak usah. karena gue juga biasa aja, ikhlas-ikhlas aja tuh, tapi pak chandra sendiri tuh maksa sampe minta izin ke bang reza. jadi ini imbalan? atau ngajakin gue ngedate? gak kok, becanda doang.
gue keluar dari kelas dan nemuin pak chandra lagi berdiri di depan kelas gue, gue hampir jantungan gara-gara kaget ngeliat pak chandra tiba-tiba nongol. mana tatapan dia tajem banget, gue reflek senyum biar gak canggung. eh si bapak masih aja murung, kayaknya kelamaan nunggu gue. tapi niat gue emang nunggu sepi terus baru keluar, lagian si bapak gak pengertian. kalo satu sekolah sampe tau gue sama pak chandra pulang bareng gimana? please jangan ngebayangin ekspresi mereka.
"halo pak."sapa gue.
"udah selese ngumpetnya?"
"saya gak ngumpet."
"iya deh, udah siap berangkat?"
"ini bapak beneran jadi ngajakin saya?"
pak chandra ngangguk. "iya."
"beneran gak salah?"
"saya tinggal nih, pulang sendiri ya?"
"kok gitu sih?"
"abisnya kamu banyak nanya."
gue nunduk. "iya, saya minta maap, kalo bapak mau pulang duluan gapapa kok."ujar gue.
"emang berani?"
"berani."
"sekolah udah mulai sepi loh."
"emang ada kenapa kalo sekolah mulai sepi?"
"ntar dikejar hantu nangis."
gue manyunin bibir, ngeri juga sih kalo misalnya gue ditinggalin pak chandra disini sendirian. sekarang gue jadi ngebayangin hantu-hantu di sekolah ini mulai ngejar gue secara keroyokan, amit-amit beneran deh.
"udah jangan bengong."
"iya-iya."
"ayo."ajak pak chandra ngulurin tangannya.
gue naikin kedua alis. "kenapa?"
"beneran gak mau digandeng sama saya?"
siapa pun tampar gue atau cubit lengan sekali aja, ini mimpi atau kenyataan sih!? pak chandra beneran nih mau ngegandeng tangan gue!? tapi, kok gue ngerasa malu-malu kayak tai gini sih bangsat. bawa gue kabur!!!!
"g-gak usah deh pak, makasih."
"saya gak nerima penolakan loh sel."
"eh kok gitu?"
pak chandra ngegandeng jemari tangan kanan gue. "biar gak ilang ya."ujar si bapak.
"nanti kalo ada yang liat gimana dong pak?"
"biarin aja, kan mereka punya mata."
pak chandra narik tangan gue, terus kita berdua jalan bareng gitu. "nanti kalo misalnya saya kena masalah gimana dong pak?"
pak chandra berhenti jalan terus noleh kearah gue. "masalah apa selma? kamu takut?"
iya jelas lah anjing gue takut, ini gue jalan bukan sama tukang kebun tapi sama guru gue sendiri bangsat. secara reflek gue ngangguk, terus gue liat pak chandra udah senyum sambil ngelus kepala gue pelan. "adeknya gibran tuh adeknya saya juga. kamu gak akan kena masalah cuma gara-gara pulang bareng saya."
KAMU SEDANG MEMBACA
bungsu-on going
Teen Fictionselma cuma anak bungsu yang disayang banget sama keluarganya, hidupnya penuh aturan. hidupnya si bungsu ini males dan dipenuhi sama hal-hal receh semenjak sahabatan sama naomi. hebatnya lagi, selma dicrushin sama guru muda yang jadi idola setiap mur...