Anwar Maulana

1 0 0
                                    

No. Id Card: M032
Nama Lengkap: Anwar Maulana
Titimangsa: Cianjur, 24 Februari 2022.

....
Pertanyaan:

1. Apa yang dimaksud dengan pantun?
Pantun merupakan salah satu bentuk karya sastra yang terikat dengan aturan.

2. Apa saja unsur intrinsik sebuah pantun? Sebutkan secara lengkap!
     Unsur intrinsik adalah unsur yang berasal dari struktur pantun itu sendiri.
     Unsur intrinsik dalam pantun di antaranya tokoh, tema, amanat, setting atau latar tempat dan waktu, plot atau alur, dan lain sebagainya. Ciri khas pantun sebagai unsur intrinsik adalah rima. Rima dalam pantun mempunyai akhiran yang serupa sehingga mampu menjadi daya tarik tersendiri bagi para pendengarnya.

3. Apa saja unsur ekstrinsik sebuah pantun? Sebutkan secara lengkap!

     Unsur ekstrinsik merupakan unsur yang berasal dari luar struktur pantun. Unsur ekstrinsik ini bisa disebut juga latar belakang atau sebuah keadaan yang menjadi penyebab terbentuknya pantun.
     Unsur ekstrinsik menjadi bagian yang sangat penting yang akan menentukan isi pantun. Unsur ini menjadi penguat diperlukan unsur intrinsik yang merupakan struktur pantun itu sendiri.

4. Apa saja peranan dan fungsi pantun?

     1. Pantun tercipta sebagai alat pemelihara bahasa.
     2. Jika orang masih menggunakan pantun,itu artinya dia telah berusaha menjaga fungsi kata serta mampu menjaga alur berfikir. Meskipun akan memberikan nasihat, namun orang yang berpantun akan memilih perkataan sebelum mengutarakan.
     3. Pantun melatih seseorang berfikir tentang makna yang ingin disampaikan kata sebelum mengucapkan pada orang yang dituju agar tidak menyakitkan.
     4. Orang yang akan berpantun akan terlatih untuk berfikir asosiatif. Dia akan hati-hati dalam mengambil suatu kata, karena kata yang dipilihnya akan memiliki kaitan dengan kata yang lain.
     5. Dalam segi pergaulan, pantun memiliki fungsi yang kuat, itulah mengapa pantun tetap enak untuk dimainkan dalam berkomunikasi.
     Membuat pantun tidak mudah ,ketika orang akan membuat pantun, orang tersebut harus berfikir dahulu agar apa yang disampaikan tetap dalam koridor pantun.
   6. pantun menunjukkan kecepatan seseorang dalam berfikir dan memainkan kata- kata. Meskipun, secara umum peran sosial pantun merupakan alat penguat penyampaian pesan.
   7. Peranan pantun adalah bahwa pantun mampu menjadi penjaga dan media kebudayaan untuk memperkenalkan serta memastikan nilai-nilai masyarakat tetap ada.
     Kok bisa? filosofi pantun sebenarnya menjadi awal mula munculnya Kedekatan nilai sosial. Filosofi pantun yang melekat sekali yaitu “pantang melantun” .
     Pantang melantun mengisyaratkan bahwa pantun akrab dengan nilai-nilai sosial dan bukan hanya sekedar imajinasi. Di belahan Nusantara, di Sumatera Barat tepatnya suku Minangkabau, pantun digunakan dalam berbagai acara adat.
     Acara yang menggunakan pantun antara lain acara manjapuik marapulai (menjemput mempelai pria), batagak gala (upacara penobatan gelar), batagak penghulu (upacara penobatan penghulu), atau dalam pidato upacara adat lainnya.

5. Bagaimana struktur dan cara pembuatan pantun yang benar?

Pantun memiliki dua bagian. Bagian pertama adalah sampiran. bagian keduanya isi. Sampiran seperti mempersiapkan bagian isi dengan rima dan irama yang sama.
Sampiran bisa jadi tak ada hubungannya dengan isi. Namun sampiran memberikan gambaran seperti apa nanti bunyi isi pantun. Kalimat dalam sampiran biasanya dibuat unik agar pendengar tertarik.

6. Buatlah 1 bait pantun
Berima a-b-a-b, bertema biawak

Pak Tani sedang nyangkul
Nyangkul sawah pake pacul
Aduhai yang sedang memikul
Biawak di belakang sedang merangkul

Cianjur, 24 Februari 2022.

Karya Keluarga SLR Part 25Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang