No. Id Card: M016
Nama Lengkap: Ajeng Nilam Sari
Titimangsa: 26 Februari 2022....
Pertanyaan:1. Apa yang dimaksud dengan pantun?
Pantun adalah karya sastra yang terikat dengan aturan, berisi sampiran dan isi pada baitnya yang berpola tertentu.
2. Apa saja unsur intrinsik sebuah pantun? Sebutkan secara lengkap!
Tokoh, tema, setting/latar tempat dan waktu, plot atau alur, amanat, dan ciri khusus rima.
3. Apa saja unsur ekstrinsik sebuah pantun? Sebutkan secara lengkap!
Unsur ekstrinsik dalam Pantun adalah latar belakang atau sebuah keadaan yang menjadi penyebab terbentuknya pantun. Unsur ini sangat berpengaruh dalam menentukan isi pantun pun penguat dari unsur intrinsik yang ada.
4. Apa saja peranan dan fungsi pantun?
1. Pantun tercipta sebagai alat pemelihara bahasa.
2. Pantun menjaga fungsi kata serta mampu menjaga alur berfikir. Meskipun akan memberikan nasihat, namun orang yang berpantun akan memilih perkataan sebelum mengutarakan.
3. Pantun melatih seseorang berfikir tentang makna yang ingin disampaikan kata sebelum mengucapkan pada orang yang dituju agar tidak menyakitkan.
4. Pantun akan melatih untuk berfikir asosiatif. Dia akan hati-hati dalam mengambil suatu kata, karena kata yang dipilihnya akan memiliki kaitan dengan kata yang lain.
5. Dalam segi pergaulan, pantun memiliki fungsi yang kuat, itulah mengapa pantun tetap enak untuk dimainkan dalam berkomunikasi.
6. pantun menunjukkan kecepatan seseorang dalam berfikir dan memainkan kata- kata. Meskipun, secara umum peran sosial pantun merupakan alat penguat penyampaian pesan.
7. Peranan pantun adalah bahwa pantun mampu menjadi penjaga dan media kebudayaan untuk memperkenalkan serta memastikan nilai-nilai masyarakat tetap ada.
5. Bagaimana struktur dan cara pembuatan pantun yang benar?
Struktur bagian pembuatan pantun terdiri dari Sampiran dan Isi. Sampiran seperti mempersiapkan bagian isi dengan rima dan irama yang sama. Tidak ada hubungannya dengan isu. Sampiran memberikan seperti apa bunyi isi pantun.
Isi pantun adalah inti dari pikiran pembuat pantun. Apa yang ingin disampaikan pembuat pantun dituangkan disitu. Tapi jangan sampai rimanya tak sama dengan sampiran agar enak didengar
Contoh:
Pulang petang karna turun huj an
Kena marah karna lupaberkab ar
Hidup memang penuh perjuang an
Jangan menyerah dan tetap bersab ar
4. Buatlah 1 bait pantun
Berima a-b-a-b, bertema biawakBiawak
Oleh: Ajeng Nilam SariMamak memang tak kenal retisalya
Penuh kebaikan tak pernah sumarah
Biawak termasuk reptil berbahaya
Awas jangan sampai masuk kerumahTegal, 26 Februari 2022
KAMU SEDANG MEMBACA
Karya Keluarga SLR Part 25
General Fiction1. Aprilia Cahyasari 2. Oktiana M 3. Maya Marisa 4. Anwar Maulana 5. Darka 6. Putri Milatul Asfakhi 7. Lintang 8. Siti Azizah 9. Ardeliia Claurybel Chintia 10. Anisah Nurhayati 11. Muhammad Choirul Annas 12. Devnsrd 13. Abdul Khaq Hamar 14. Rofiatus...