Muhammad Choirul Annas

0 0 0
                                    

No. Id Card: M038
Nama Lengkap: Muhammad Choirul Annas
Titimangsa: Sidoarjo, 25 Februari 2022

....
Pertanyaan:

1. Apa yang dimaksud dengan pantun?
• Pantun merupakan salah satu bentuk karya sastra yang terikat dengan aturan.
    
• Pantun juga merupakan puisi lama, yang sudah melegenda di Nusantara. Nyaris semua daerah memiliki pantun. Pantun sendiri berasal dari bahasa Minangkabau. Kata aslinya adalah Pantun yang jika diterjemahkan artinya penuntun.

2. Apa saja unsur intrinsik sebuah pantun? Sebutkan secara lengkap!
Unsur intrinsik dalam pantun di antaranya tokoh, tema, amanat, setting atau latar tempat dan waktu, plot atau alur, dan lain sebagainya. Ciri khas pantun sebagai unsur intrinsik adalah rima. Rima dalam pantun mempunyai akhiran yang serupa sehingga mampu menjadi daya tarik tersendiri bagi para pendengarnya.
      
3. Apa saja unsur ekstrinsik sebuah pantun? Sebutkan secara lengkap!
Unsur ekstrinsik dalam suatu pantun dapat berupa adat, norma dan nilai yang berlaku di masyarakat, serta biografi atau latar belakang pembuat pantun.

4. Apa saja peranan dan fungsi pantun?
A. Pantun sebagai pemelihara bahasa
B. Pantun membuat seseorang melatih berpikir tentang apa yang ingin dia sampaikan
C. Melatih komunikasi dalam bergaul
D. Pantun sebagai penjaga dan media kebudayaan atas nilai masyarakat yang ada.

5. Bagaimana struktur dan cara pembuatan pantun yang benar?
* Pantun memiliki dua bagian. Bagian pertama adalah sampiran. bagian keduanya isi. Sampiran seperti mempersiapkan bagian isi dengan rima dan irama yang sama.
* Sampiran bisa jadi tak ada hubungannya dengan isi. Namun sampiran memberikan gambaran seperti apa nanti bunyi isi pantun. Kalimat dalam sampiran biasanya dibuat unik agar pendengar tertarik.
* Isi pantun adalah inti dari pikiran pembuat pantun. Apa yang ingin disampaikan pembuat pantun dituangkan disitu. Tapi jangan sampai rimanya tak sama dengan sampiran agar enak didengar
    
4. Buatlah 1 bait pantun
Berima a-b-a-b, bertema biawak

Ikan teri dimakan heri
Heri gemuk penuh lemak
Jangan hanya mau bermimpi
Sampai terkejar oleh biawak

Karya Keluarga SLR Part 25Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang