..🪣🪣..
"Yeyy"
Akhirnya gue lulus juga dari bangku sekolah.
Dulu pas udah akhir kelas 3, pas masanya ujian kelulusan gue udah mikir sehabis lulus sekolah gue mau ngapain.
Gue bikin pilihan untuk diri sendiri. Pilihan itu gue sebut dengan 3K. Kawin, kerja dan kuliah.
Menurut kalian gue harus milih mana?
Kalo gue milih K yang pertama yaitu kawin masalahnya gue nggak tau bakalan kawin sama siapa, doi aja kagak punya-punya dari SD, etdahh!!
Jangan bilang gue mau di kawinin sama om-om gatel, ogah banget gue, mending kagak usah kawin seumur idup aja daripada harus kawin sama om-om.
Okey, lupakan soal kawin. Kayaknya K yang pertama belum cocok untuk gue saat ini.
Mari kita beralih ke K yang kedua. Kerja? Gue mau kerja apa coba? skil aja belum punya. Menjahit? Gue kagak bisa jahit, ntar yang ada baju orang-orang malah gue bikin nggak karuan. Tak berbentuk, tak berwarna, tak berbody dan tak tak lainnya. Duh! Nggak bisa ngebayangin tuh.
Stop soal kerja. Mari renungkan K yang ketiga. K = Kuliah, Hmm kalo di renungkan boleh juga tuh. Enak mungkin ya kalo kuliah jadi mahasiswa, tinggal minta duit ke Omma sama Oppa. Eits, tapi ini bukan Oppa-oppa Korea ya, tapi ini kakek gue yang sejak kecil ngeramut gue sampe segede ini.
Okey, akhirnya setelah mikir beberapa jam akhirnya gue jatuhkan pilihan ke huruf K yang ketiga di antara 3k tersebut, yaitu Kuliah.
Gue pengen kuliah karena apa? Salah satunya karena gue pengen mengangkat derajat orang tua gue. Ya jujur aja keluarga gue tidak ada yang lulusan perguruan tinggi. Mentok mereka lulusan SMEA, kalo orang sekarang menyebutnya SMA.
Itu kalo Ayah gue yang lulusan SMEA. Nah, kalo Almarhumah Ibu gue lulusan SD. Ya maklumlah orang zaman dulu kan pendidikan untuk perempuan tidak begitu dipentingkan jadi ya ibu gue cuma lulusan SD doang.
Iya, ibu gue udah nggak ada sejak gue duduk di bangku kelas 2 SD. Waktu gue masih umur 8 tahun. Dulu sih masih nggak nyangka ibu gue bakal pergi secepet itu tapi ya yang namanya takdir Tuhan kan tentu nggak ada yang tau.
Ayah gue? Ayah gue udah nikah lagi dari tiga tahun yang lalu, dia nikah sama janda anak 3. Jadi otomatis dia tinggal sama istri dan anak-anak barunya.
Jadi nih gue sekarang tinggalnya sama Oppa Omma gue, ya nggak sekarang aja sih udah dari kecil malahan gue tinggal sama mereka.
Dulu sih ayah ngajak gue buat tinggal sama dia dan istri barunya plus anak-anak barunya, tapi ya nggak tau kenapa gue nggak mau ninggalin Oppa Omma gue, gue udah nyaman aja tinggal sama mereka. Gue nggak mau pisah sama mereka.
..🪣🪣..
12.15
Loc 📍
Rumah Omma sama Oppa yang gue tempatin dari dini."Assalamualaikum" gue mengucap salam sambil mengetok pintu dengan semangatnya, gak sabar buat ngomong sama mereka kalo gue udah lulus dan gue pengen melanjutkan ke perguruan tinggi. gue ketok tuh pintu sampe berkali-kali.
"Assalamualaikum Omma Oppa, cucu Omma sama Oppa udah pulang nih, ayo buka dong Omma!"
Mereka kemana ya? Nggak kayak biasanya mereka ndak ada di rumah, apa mereka ketiduran sampe gak kedengeran cucunya teriak-teriak di depan pintu masuk?
"Omma? Oppa?" Gue teriak lebih kenceng lagi, siapa tau mereka ketiduran beneran kan?
Tok! tok! tok!
Gue mengetuk pintu lagi kesekian kalinya tapi tak kunjung ada jawaban dari dalem rumah.
"Zye!"
Kayak ada yang manggil, gue noleh ke belakang.
"Eh, buk" sapa nyengir gue ke ibu tetangga yang megang pipi kirinya yang di lapisi salonpas. Kayaknya ibu itu sakit gigi dan terganggu teriakan gue tadi. Hehe maapin Zyediana Fira bu.
Zyediana Fira, itulah nama yang ayah gue berikan buat gue.
"Zye, Omma sama Oppa kamu tidak ada di rumah, mereka ada di rumah sakit" ucap ibu itu sambil mengelus pipinya.
"Loh, siapa yang sakit Bu? Paman? bibi? atau Pluto? Sejak kapan Bu mereka di rumah sakit? Kok gak ngabarin aku dulu kalo ke rumah sakit? Nerocos mulut gue nanya ini itu tanpa jeda.
Oh ya Pluto, gue lupa ngejelasin soal siapa itu Pluto. Jangan kalian kira Pluto yang gue maksud adalah salah satu planet di angkasa. Pluto yang gue maksud di sini adalah sejenis mamalia kucing yang paling gue sayang, gue kasih makan tiap hari, gue kasih minum susu. Gue elus-elus, gue gendong-gendong tiap hari sampe kadang Omma gedeg ngeliat gue yang nggendong kucing kayak nggendong anak.
Kucing kesayangan gue itu gue namakan dengan Pluto.
"Bukan, tapi Oppa kamu yang baru saja di larikan ke rumah sakit" balas ibu itu.
"Emangnya Oppa sakit apa Bu? Tadi sehat-sehat aja pas Zye pergi ke sekolah?" Tanya gue lagi penuh rasa penasaran, karena kaget aja kenapa tiba-tiba Oppa di bawa ke rumah sakit padahal tadi pas gue pamit pergi ke sekolah buat acara perpisahan Oppa masih baik-baik aja.
"Oppa kamu tadi kesrempet sepeda motor, kepalanya ada yang luka jadi langsung di larikan ke rumah sakit"
Brak!
Piala dan selembar sertifikat di map yang gue pegang jatuh gitu aja di atas lantai, gue shock banget dengernya. Rasanya nggak percaya kalo Oppa sekarang masuk rumah sakit.
"Ya udah ibu pulang dulu" pamit ibu itu meninggalkan gue yang masih ternganga tidak percaya dengan apa yang barusan ibu tadi sampaikan.
Itu nggak mungkin! Oppa nggak kenapa-kenapa kan? Oppa sehat-sehat aja kan?
Gue rasanya mau abruk, sudah tidak kuat menopang diri, gue duduk berlutut, mengais piala dan satu lembar sertifikat penghargaan yang udah pisah sama map nya. Tangis gue pecah.
Hello all
Apa kabar?
Oh ya gimana dengan part pertamanya?Jangan ikut nyesek ya doain aja semoga Oppanya Zyedia tidak kenapa-kenapa hehe.
Jangan lupa vote ya temen-temen
See you❤️
KAMU SEDANG MEMBACA
Cerita di Balik Cerita
Novela JuvenilZyediana Fira, seorang mahasiswi yang merasa hidupnya terombang-ambing oleh keadaan. Impiannya untuk lulus dan meraih gelar sarjana membuatnya kuat dan tegar selama menjalani perantauannya dalam menimba ilmu. Hal yang tak di sangka terjadi, ternyat...