No. Id Card: M016
Nama Lengkap: Ajeng Nilam Sari
Titimangsa: Tegal, 19 Juni 2022....
Pertanyaan:1. Apa yang dimaksud dengan prolog?
Prolog adalah pengantar teks dengan satu atau lebih deskripsi atau pendapat penulis tentang cerita yang akan disajikan. Terletak diawal cerita.
2. Sebutkan fungsi secara singkat dari prolog!
Biasanya menjadi penjelas dan pengungkap situasi.
Menjadi terma pembuka atau pendahuluan suatu karya sastra.
Agar bisa memperkenalkan para tokoh dan pemeran, konflik dan sinopsis lakon suatu cerita.
Demi menarik antusias perhatian pembaca dan membuat mereka semakin penasaran dengan isi cerita.
3. Bagaimana tata cara yang bisa dilakukan salam membuat prolog?
1. Identifikasi Penggunaan Prolog Berbeda
Gunakan prolog untuk memaparkan kisah latar belakang dengan alur yang yang memikat hingga pembaca mau menghabiskan seluruh.
2. Membuat Draf Prolog
Buat adegan dengan detail yang hidup. Buatlah prolog berisi satu atau dua adegan.
3. Membuat Edit Prolog
Menyesuaikan dengan isi novel.
4. Ada berapakah jenis aneka prolog? Sebutkan!
Aneka Jenis Prolog
Ada 8 yaitu:
1. Opera
2. Tragedi
3. Komedi
4. Trage komedi
5. Farce
6. Tablo
7. Melodrama
8. Sendratari
5. Buatlah sebuah prolog bertema keluarga
Minimal 3 paragraf, maksimal terserah kalian deh
Prolog
"Kamu adalah rumah".
Karya: Ajeng Nilam SariSore itu, lamunanku hanyut terbawa tetesan hujan. Sembari menatap embun penuh harap. Melihat cakrawala berwarna jingga. Merenungi segala kegelisahan yang tertinggal sementara. Ingin rasanya aku tak kembali ke rumah. Aku hanya ingin disini, dimana aku bisa meluapkan segala emosi dan amarah. Di mana aku bisa pulang menjadi apa adanya. Di rumahku sebenarnya.
Aku tidak beruntung soal keluarga. Namun, aku tak dapat mencela pemberian Tuhan, aku tak dapat menentang takdirNya. Aku tak dapat memilih dimana aku dilahirkan, tak dapat memilih keluarga mana yang menjadi tempat berpulang. Takut, bingung, sedih yang tak terbendung. Itu semua yang kurasakan. Seketika lamunanku terpecah oleh suara beratnya.
"Katanya kalau ketemu mau cerita?" ucap seseorang di sebelahku. Aku menatap matanya yang seolah menenangkan. Kini aku paham, Tuhan telah menyiapkan sebuah rencana indah di segala ujiannya. Meskipun tak sedarah, kita terikat dan berjalan searah. Dia yang selalu ada, dia yang menjadi tempat aku pulang. Dialah yang menjadi rumah sesungguhnya, keluarga sesungguhnya. Namun aku takut, semesta juga akan merenggutnya ...Tegal, 19 Juni 2022
KAMU SEDANG MEMBACA
Karya Keluarga SLR Part 36
General Fiction1. Poetree Malu 2. Erviana Dwi Aksari 3. Nur Lisa Afrinda 4. Ericdha 5. Ajeng Nilam Sari