Saya melihat anda disepanjang jalan kota. Saya melihat anda di estalase toko. Saya melihat anda diantara musim hujan dan musim panas.
Sudah lama saya tidak tau banyak tentang anda. Apa kesibukan anda, bagaimana style yang anda kenakan, bagaimana akhir pekan anda, siapa karakter karakter baru dalam cerita anda, apa yang menjadi makanan favorit anda saat ini dan apakah anda masih sering memutar playlist payung teduh melalui ponsel anda ?
Satu hal yang masih saya ingat bahwa hari ini menjadi hari dimana anda telah tumbuh satu tahun lebih dewasa.
Saya berharap agar anda selalu berdiri untuk orang orang yang setia mendukung progress anda hingga saat ini, untuk teman teman baru dan rekan kerja anda. Dan untuk anda yang telah tumbuh dewasa, semoga anda selalu sehat dan bahagia bersama mereka yang menyayangi dan anda sayangi kapanpun dan dimanapun anda berada.
Sejak hari kelulusan itu, waktu berlalu lebih cepat dari biasanya. Mengantarkan saya kepada masa yang mereka sebut 'dewasa' serta meninggalkan aroma remaja disetiap penjuru kota. Rasanya seperti berada di medan perang asing dengan berbagai alasan yang tak dapat diceritakan. Semesta tidak pernah membuat perundingan tentang persiapan menjadi orang dewasa. Yang saya tahu, beberapa dari mereka hampir mati oleh ambisi begitu pula dengan saya. Apakah anda juga ?
Saya selalu ingat hari dimana saya masih sering mendapatkan support dan energi dari anda untuk setiap masa yang sulit dalam langkah saya. Saya berfikir bahwa seharusnya hal itu saya dapatkan dimasa ini.
Tentang hari dimana anda mengatakan telah memiliki rencana untuk berkunjung ke Malang, saya menantinya hingga hari sidang akhir saya. Saat anda datang, saya akan mengajak anda untuk menyusuri jalanan Idjen dimana rumah rumah megah berjejeran tak berpenghuni.
Hari itu saya mencoba sebuah kedai kopi kecil bernuansa tiong hoa didekat stasiun Malang kota. "Toko Kopi Kong Ca". Saya dan teman menjuluki kedai ini sebagai "cafe pensiunan". Setiap pagi ramai orang tua menikmati kopi mentega yang menjadi menu andalan mereka. "Bak mee Kong Ca" juga mengingatkan saya kepada cerita anda yang menyukai hidangan mi termasuk bakmi jawa. Seandainya anda berkunjung ke Malang saya akan membawa anda ke kedai ini, fikir saya saat itu.
Tahun ini saya sering berpergian ke kota Surabaya. Ada banyak tempat cantik disana. Pinggiran jalan disekitar Tunjungan selalu memberikan kenangan. Menjadi sihir bagi saya untuk selalu rindu dengan lekuk kota yang membawa syair cinta dibibir sang gadis yang saya suka.
Akhir akhir ini saya disibukkan dengan beberapa deadline sembari menunggu jadwal wisuda saya dalam waktu dekat ini. Setiap hari sangat membosankan, melakukan hal yang itu itu melulu. Tapi saya juga sedang merancang apa yang akan saya lakukan dimasa depan. Seperti yang anda tau, terlahir sebagai seorang raziq akan selalu banyak impian yang diciptakan. Saya harap anda bisa menemani saya sampai semua impian itu merekah sempurna.
Hari saat saya akan diwisuda, apakah anda akan menghadirinya ?
Dan hari dimana anda meminta saya untuk mengambil foto bulan, apakah anda mengingatnya ?
Sekali lagi, Selamat!