Jika membaca pengalaman dari para pengusaha merupakan hal biasa bagi saudara, maka cobalah membaca pengalaman dari para atlet yang sukses memenangkan medan pertandingan. Siapa tahu ada hal menarik dari tulisan mereka.
Apalagi kalau atlet dari cabang olahraga menembak, saya jamin pengalaman tersebut sesuatu yang baru bagi saudara! Seperti apa yang dituliskan oleh Lanny Bassham, seorang penembak dari Amerika yang meraih juara Olimpiade 1976 sekaligus penulis buku berjudul With Winning in Mind.
Bassham menguraikan bagaimana kondisi di lapangan, "Olahraga ini tanpa gerakan. Saya menembak dari jarak sekitar setengahnya lapangan sepak bola, dengan target hanya 1,3 cm. Kalau kesalahan tembak lebih dari 0,005 milimeter, saya akan kehilangan satu poin."
Kemudian ia berbagi tips kemenangannya, "Saya harus berlatih agar semua berhenti. Saya berhenti bernafas. Saya hentikan pencernaan dengan tidak makan selama 12 jam sebelum kompetisi. Saya berlatih lari supaya detak jantung di bawah 60, sehingga saya punya waktu satu detik ketika jantung saya berhenti berdetak."
Olahraga menembak memang membutuhkan suasana hening yang sangat tinggi. Itulah sebabnya mereka juga menggunakan penutup telinga (earmuf). Kunci kemenangannya hanya satu, berusahalah sehening mungkin!
Bagi kita yang sudah mencoba berbagai cara untuk memenangkan medan pertandingan pada saat puasa namun belum berhasil juga, cobalah tips tersebut. Berusahalah sehening mungkin!
Memang betul kita sudah hentikan pencernaan dengan tidak makan selama 12 jam. Namun masalahnya kita masih sibuk dengan kebiasaan yang membangunkan kebisingan kembali di dalam pikiran.
Contohnya membuka-buka medsos setiap 30 menit. Penasaran dengan apa yang terjadi pada orang lain. Merasa harus tahu dengan semua keadaan yang sedang berlangsung. Sehingga informasi apapun masuk berjejal-jejal di dalam kepala. Keheningan pun hilang, berganti kebisingan.
Kita punya satu kunci kemenangan, namun sayang satu-satunya kunci itu justru kita abaikan. Ayolah jangan begini terus. Jauhi dulu hal-hal yang membuat bising.
Jalani hari dengan hening. Ganti kebiasaan membuka-buka medsos dengan membuka mushaf, karena di dalamnya tersimpan banyak sekali ketenangan. Duduklah dengan syahdu saat selesai melaksanakan shalat. Bertaubat dan berdoa yang tulus. Hening dan damai. Hanya antara kita dan Allah saja.
YOU ARE READING
HENING
SpiritualJalani hari dengan hening. Ganti kebiasaan membuka-buka medsos dengan membuka mushaf, karena di dalamnya tersimpan banyak sekali ketenangan. Duduklah dengan syahdu saat selesai melaksanakan shalat. Bertaubat dan berdoa yang tulus. Hening dan damai...