Menurut Lino, yang hobi baca novel sample di Gramedia, penghuni Kosan Gemes tuh udah cocok sama karakter tokoh novel-novel Wattpad. Sesuai lah sama stereotip tokoh pada umumnya.
Contohnya aja Lino sendiri. Setelah sholat subuh berjamaah di masjid depan, dia langsung rapiin kamar dan mandi. Abis itu ke dapur dan buat sarapan. Persis kek tokoh utama teladan di pagi hari gitu, kan?
Felix juga sama. Bocah SMA itu muncul pas Lino lagi bongkar kulkas nyari daun bawang.
"Mau masak apa, Mas?".
"Nasi goreng. Udah lama kan kita nggak makan nasi goreng buat sarapan?".
Felix ngangguk antusias. Lino sih hapal gelagatnya Felix, ni anak pasti mau bantuin.
"Gue bantuin ya, Mas!".
Kan, bener. Lino kan jadi enak :)
Nah, kalo Felix tuh macem tokoh yang hobi bantuin ortu atau kakaknya gitu kalo buat sarapan. Tokoh protagonis pada umumnya, lah. Pasaran. Walaupun pasaran, di kehidupan nyata Lino lebih seneng sama tokoh begini. Nggak nyusahin dan nggak beban.
Nggak kayak si ono noh, yang lagi otewe dapur sambil garuk-garuk muka. Siapa lagi kalo bukan si Tukang Pamer Otot, alias Abi. Sepagi ini aja, masih pake kaos oblong yang semalem dipake tidur, tu bocah udah pamer bisep kemana-mana. Gimana nggak, orang lengan pendeknya digulung sampe ketek. Sengaja mau pamer otot.
Tapi bukan itu yang bikin Lino males. Yang bikin Lino males tuh kalimat ini:
"Wah, bikin nasi goreng, ya, Mas? Sini biar gue yang ngoseng. Sekalian warm up otot gue,".
Nah itu! Itu dia kalimat yang bikin Lino gedeg. O-T-O-T!
Bukannya apa, tapi dia eneg aja sama acara pamer otot itu. Yang seneng sama acara nggak jelas itu cuma Felix. Soalnya kan... you know lah rumor yang beredar.
Nah si Abi ini, kalo kata Lino masuk ke golongan protagonis kakak-kakak hot kesukaan cewek-cewek. Yang biasanya pamer ke-sexy-an 'tanpa disengaja'. Yang pagi-pagi udah keliatan 'uwow' walaupun rambutnya masih berantakan dan masih ada beleknya.
Satu aja yang Lino bersyukur dari kebiasaan Abi ini: dia nggak perlu pegel ngoseng nasgor :)
Setelah diambil alih Abi, Lino cuma perlu duduk macem tuan putri di meja makan. Nunggu bibi Abi dan bibi Felix selesai masak.
"Abi! Itu petsinnya kurang. Nggak usah sok masak makanan sehat. Anyep gue nggak suka,".
"Lix jangan lupa Dewa telor ceploknya setengah mateng, Hakim harus mateng, Bang Chandra putih telornya aja, Ayen kuning telornya dua, gue telornya dua, Abi nggak pake telor,".
"Abi itu nasinya pada jatoh! Lo pikir beras murah? Pungut nggak?! Masukin ke panci lagi. Kumannya mati kalo kena panas,".
"Sosisnya potong gurita aja, Lix. Biar kesannya gede,".
Begitulah. Lino lagi kospley jadi tuan besar :)
Di tengah-tengah kegiatan 'mengawasi para adek memasak', kursi di sebelah Lino ditarik. Pas Lino liat, ternyata ini tipe tokoh berikutnya lagi: si paling rapi pagi-pagi karena ada kelas pagi.
Siapa lagi kalo bukan Chandra? Doi udah pake kemeja hitam plus celana bahan hitam.
"Pagi, Lin," Chandra nyapa sambil gulung lengan kemejanya. Nggak lupa pake senyum pepsodent lengkap eye smile dan lesung pipi. Fix ini tokoh kesayangan pembaca Wattpad nih yang modelnya begini. Cowok cakep murah senyum yang dewasa. Biasanya kalo di Wattpad juga, yang begini gampang aja dapet restu calon mertua.
KAMU SEDANG MEMBACA
Kosan Gemes
FanfictionKata Pak GD, "Selamat datang di Kosan Sukses Jaya Abadi,". Tapi kalo kata penghuni kosnya mah, "Selamat datang di Kosan Gemes!". Kosan yang udah berdiri sejak nggak kebagian kursi itu diisi sama 8 bujang: Chandra, Lino, Abi, Dewa, Rayhan, Hakim, Aye...