Malem yang dingin. Hujan deres dan angin kenceng. Bu Jennie udah dari sore ngangkutin jemurannya. Takut daster kesayangannya kebawa angin sampe Paris.
Kosan Gemes sepi. Ya nggak sepi-sepi amat sih... Ada backsound petir-petir sama kaca geter gitu. Tapi penghuninya nggak ada yang bersuara. Ya maklum, namanya juga penghuninya masih newbie alias baru pada ngekos disana. Chandra, penghuni paling lama aja baru ngekos disitu 8 hari. Jadi ya wajar kalo masih pada ngedekem di kamar masing-masing.
Semua pada sibuk sama aktifitas masing-masing. Chandra yang lagi nyusun baju, Lino yang video call-an sama kucing-kucingnya di Medan, Abi yang lagi ngecek tabungan karena baru ditransferin duit sama ortunya, Dewa scrolling Instagram, Rayhan lagi tidur, Felix yang lagi gunting-gunting buat tugas sekolah, Hakim yang lagi baca novel, dan Ayen yang asik ngapalin macem-macem tulang.
Pas lagi sibuk masing-masing itu, PLN ngasih susuripis buat mereka semua.
"AAAAA!!! MATI LAMPU!!".
Yap, betul! Mati lampu berjamaah.
---
Ada aja emang rencana Tuhan, tuh. Mereka yang aslinya pada ogah keluar kamar sampe pagi, tiba-tiba aja serentak udah duduk bareng-bareng di ruang keluarga lantai satu. Ngerumunin senter raksasa yang sebenernya emang disediain sama Bapak Kos mereka.
"Hujan-hujan gini enaknya cerita horor nggak, sih?"
Felix, Rayhan, sama Dewa langsung melotot. "Nggak! Nggak usah aneh-aneh," Tolak Felix. "Ada rumah kosong di gang ini. Nanti kalo setannya denger terus mampir kalian juga yang susah"
Ayen, si pemberi ide, cuma cengar-cengir. Abisnya bosen udah 15 menit mereka diem-dieman aja. Mana nggak ada yang bawa hp kecuali Lino.
"Kalo gitu enaknya cerita apa?" Sekarang Chandra yang nanya. Soalnya dia juga sama kayak Ayen, mulai bosen.
"Nama gue Rayhan."
Semua orang noleh.
"Kenapa? Kok pada ngeliatin gue?"
Felix ngendikin bahu. "Aneh aja tiba-tiba lo ngasih tau nama."
Rayhan ketawa. "Ohhh... Kirain karena kalian sadar kalo gue ganteng banget terus kalian terkesima gitu."
Denger itu, tentu aja si manusia paling kepedean se-kosan langsung nyamber. "Enak aja! Aku yang paling ganteng!"
Rayhan natep Dewa kayak juri-juri Master Chef. Diselidik dari ujung ketombe sampe ujung kapalan tumit, yang mana semua itu nggak ada di Dewa. Rayhan kudu minta spill body care Dewa, sih. "Hmmm... Iya juga. Lu kayaknya yang paling ganteng. Oke, gue sepakat lu yang paling ganteng disini."
Senyum kemenangan langsung dipake sama Dewa. "Jelas... Dewangga Putra Samudera gitu, loh."
"Nama bapak lo laut?"
Random banget pertanyaannya Lino, tapi anehnya Dewa tetep nyautin. "Ya bukan, lah. Aku anaknya Herry Rendra."
"Terus kenapa nama lo Putra Samudera? Harusnya Putra Herry, dong!" Ini juga Felix malah ikut-ikutan nggak jelas. Bikin Lino senyum seneng karena ada yang satu frekuensi.
"Gini, ya," Dewa tarik napas dulu. Siap-siap mau ngejelasin panjang kali lebar. "Jadi aku kan lahir di Bontang, ya. Bontang tuh kotanya di pinggir laut. Nah, ayahku terinspirasi dari itu. Kalo Dewangga Putra Laut kan kurang keren, ya. Jadi pake Samudera. Tambahan info, takutnya nanti kalian nanya kok namanya Dewa padahal manusia. Iya soalnya aku ganteng dari bayi, jadi dikasih nama Dewa."
KAMU SEDANG MEMBACA
Kosan Gemes
FanfictionKata Pak GD, "Selamat datang di Kosan Sukses Jaya Abadi,". Tapi kalo kata penghuni kosnya mah, "Selamat datang di Kosan Gemes!". Kosan yang udah berdiri sejak nggak kebagian kursi itu diisi sama 8 bujang: Chandra, Lino, Abi, Dewa, Rayhan, Hakim, Aye...