🚪 Kejahatan Yang Nggak Bisa Ditutupin

211 25 11
                                    

Siang bolong gini enaknya rebahan di kamar, pake AC ato kipas angin, sambil nyeruput minuman dingin. Jangan lupa sambil nonton. Beuhhh... Nikmat benerrr...

Sayang banget, kondisi kosan kesayangan ini lagi nggak baik-baik aja. Dari beberapa jam yang lalu, PLN ngasih hadiah buat mereka sebagai wujud kasih sayang: mati listrik.

Kebayang kan panas-panas, siang bolong, terus mati listrik? Rasanya tuh kayak mau meleleh! Apalagi kalo tetep ngedekem di kamar. Udah pasti mati kepanggang. Itulah kenapa bocah-bocah penghuni kos pada ngumpul semua di ruang kumpul alias ruang keluarga kosan.

Semua pada sibuk masing-masing. Lino yang asik kipas-kipas pake kerdus Indomie, Rayhan yang nemplok di dinding karena katanya dindingnya dingin, Felix sama Dewa yang rebahan di tengah jalan, Abi yang rendeman kaki pake baskom ganti-gantian sama Chandra, dan yang paling kreatif Ayen. Dia dari tadi asik celup-celup sendok ke gelas isi air, terus ditempelin ke muka.

Yang tetep tenang ngehadepin krisis udara dingin cuma Hakim. Dia cuma duduk lemes sekarat di sofa. Nggak tau masih idup ato nggak, kalo Rayhan perhatiin sih udah nggak bergerak dari 15 menit yang lalu.

Kalo udah kepanasan, gerah, kesel sama PLN gini, cuma butuh 'disenggol' dikit aja buat bikin emosi meledak-ledak. Nah, Lino, dengan hebatnya malah mancing keributan.

"Kata nenek gue, di dunia ini ada hukum karma. Kalo kita buat kejahatan, nanti bakal dibales kesulitan. Nah sekarang ngaku lo-lo pada! Siapa yang berdosa sembunyi-sembunyi?!"

Abi adalah orang pertama yang nyaut. "Rayhan! Tobat lo!"

Rayhan yang disebut namanya langsung nyolot, "Lah? Kenapa gue?! Kenapa nggak Ayen?!"

"Ya soalnya lo yang gue tau udah ngelakuin kejahatan!"

Rayhan tambah nggak terima dituduh sama Abi. "Bukti lo apa, Bang? Main nuduh aja lo!"

"Lo lupa kejadian hari itu?"



---



Siang itu Abi baru pulang ngampus. Kosan sepi, kayaknya masih pada sibuk masing-masing. Abi yang baru nyampe langsung ke kamar, naro perabotannya. Pas dia lagi nyalain AC, mau siap-siap rebahan, dia denger suara panci jatoh dari dapur. Sebagai penghuni kosan yang selalu waspada, Abi langsung ke lantai atas. Nggak lupa bawa kaos kakinya sebagai senjata. Kali aja yang di atas itu maling panci.

Ternyata itu Rayhan. Mahasiswa jurusan seni musik itu cengengesan pas ngeliat Abi dateng. Di tangan kanannya ada panci yang Abi curigai sebagai sumber keributan tadi.

Abi itu orangnya peka, jadi daripada nanya ada apa, dia lebih milih ngomong gini, "Lu mau masak mie? Buatin gue juga, ya!"

"Eh? Nggak, Bang. Gue lagi rapiin lemari," Bantah Rayhan.

Ngerapihin lemari? Hmmm... Nggak biasanya, batin Abi.

Tapi dia nggak ngambil pusing. Abi langsung respon pake 'oh' panjang. "Kirain. Gue laper soalnya."

Rayhan cuma make senyum :] khas Dewa sampe denger suara pintu kamar Abi ketutup.




Abi stretching. Niatnya mau pose kayak kucing, tapi takut kecetit jadi nggak jadi. Abis itu dia bangun, haus, mau ambil minum.

Sambil garuk-garuk, Abi ke dapur.

"Bau apa, nih?"

Abi ngendus sana-sini macem anjing polisi.

Kosan GemesTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang