Reno

2K 27 0
                                    

"Ren bangun woi, udah jam berapa ini" suara seorang perempuan yang lagi bangunin sambil mukul mukul muka gw pake guling. "iya iya bentar dah buset". "langsung ke dapur, udah di masakin emak noh buat sarapan" kemudian dia keluar dari kamar menuju ke ruang makan. Dia Reva, kakak perempuan gw yang udah kuliah semester 2 di sebuah Kampus di kota ini, setelah dia keluar gw bangun dari tempat tidur kemudian nyusul dia ke ruang makan di rumah ini. Kenalin gw Reno anak ke dua dari dua bersaudara saat ini gw masih kelas 11 SMA. 

Saat sampai di ruang makan, disitu udah ada Emak dan Kak Reva yang lagi sarapan. Gw duduk di sebelah kakak gw dan langsung makan masakan emak gw yang gada tandinganya ini. "habis makan ntar jaga rumah ya ren kakak sama emak mau kepasar bentar" saut Kak Reva ketika beberapa suap nasi masuk ke mulut gw, "oke" ucap gw. Mereka nyelesain makananya lebih dulu dari gw kemudian bersiap dan pergi ke pasar naik motor.

Setelah makan gw nyuci piring bekas gw sarapan tadi, kalian bertanya kemana bapak gw? dia udah pergi sejak lama ninggalin emak gw nikah ama janda lain, duh padahal kalo dipikir pikir bapak gw pasti nyesel dah, emak gw udah cantik masih keliatan muda, mana walaupun umurnya hampir menyentuh kepala 4, tapi badan nya masih ideal mantep di tambah punya usaha furniture yang karyawannya ada puluhan, entah apaan yang bikin bapak gw ninggalin emak dan lebih milih janda pirang yang gatau kerjanya apaan itu.

Hari ini adalah hari minggu, dimana hari gw bisa bermalas malasan di rumah melupakan sekumpulan tugas sekolah. "yah ntar aja dah ngerjainnya" kata kata yang selalu gw ucapin ketika ingat kalo ada tugas sekolah yang belom di kerjain hehe. Ceritanya gw pengen nyantai di teras sambil nyebat tapi baru inget kalo rokok gw udah habis semalem waktu nongkrong ama temen. "Yah masa gw harus keluar beli, males banget" akhirnya mau gamau pun gw keluar naek motor nyari warung madura buat nyari rokok. "Pak ***** sebungkus  ya", "oke mas, ini" ujarnya sambil menyodorkan rokok sebungkus dan uang kembalian.

Gw berjalan ke arah motor yang terparkir di pinggir jalan, saat mau menyalakan motor ini, tiba tiba "dek" celetuk seorang pengemis yang gw liat mukanya udah lumayan tua karna berkeriput sama rambutnya udah sebagian yang uban an. "Eh iya kenapa pak? ucap gw, "Bapak sedang keliling mencari orang yang tepat untuk bapak kasih ini, tadi waktu bapak liat kamu dari jauh, feeling bapak merasa bahwa ini memang untuk adek" sambil menyodorkan gulungan kertas putih kecil, "Eh? ini apa ya pak?" tanya gw kebingungan sambil menerima gulungan kertas itu. "Di dalem gulungan kertas itu ada sebuah mantra, dimana mantra itu bisa membuat adek masuk ke badan orang lain yang adek pengen". Gw buka itu gulungan kertasnya kemudian liat didalemnya ada kata kata kayak mantra gitu "Ini saya baca gitu aja pak? atau gimana?" saat gw ngeliat tiba tiba bapak itu yang tadi ada di samping gw sekarang udah ilang gatau kemana "buset, ilang kemana dia" gw tolah toleh dan ganemuin dia ada dimana, badan gw merinding, pikiran gw mulai mikir yang aneh aneh. Akhirnya gw kantongin itu gulungan kertas ke jaket gw dan cabut pulang kerumah.

Sampai dirumah, gw nyebat di teras sambil liatin terus gulungan kertas yang tadi dikasih sama bapak bapak pengemis tua tadi. Berkali kali gw bolak balik, puter kanan puter kiri buat mastiin gulungan ini "Ini beneran ga si? sambil mengembuskan asap rokok gw secara perlahan. Badan gw kembali merinding karna secara ga langsung gw kembali inget ketika menghilangnya kakek.. eh bapak.. eh bapak apa kakek ya tadi? tau ah, tiba tiba aja menghilang dan hal itu bikin gw merinding lagi sekarang. 

Tulisan di dalem gulungan ini bukan menggunakan bahasa Indonesia, tapi pake bahasa Inggris dan ada sedikit campuran bahasa Spanish? mungkin, gw gaterlalu ngerti tapi kayaknya iya soalnya ada kata yo quiro yang artinya aku ingin. Tau darimana gw kalo artinya itu? karna pernah gw ngeprank temen waktu nginep dirumahnya, gw pura-pura kesurupan setan Spanyol. Parahnya lagi dia percaya jir, balik lagi ke tulisan di gulungan ini. Kalimat nya lumayan panjang dengan campuran dua bahasa tadi, gw masih gapercaya kalau ini beneran atau gw dikibulin sama kakek eh bapak tadi.

1 Batang rokok gw udah mau abis dan barengan dengan gw matiin ke asbak, terdengar suara motor memasuki rumah gw, itu Kak Reva dan Emak gw yang udah pulang dari pasar. Tangan gw langsung masukin gulungan kertas tadi kedalem kantong celana supaya mereka ga nanyain apa yang tadi gw pegang. "Yaelah pagi pagi udah ngerokok aja lu, olahraga napa, biar sehat itu badan" saut Kak Reva ngelepas helm nya sambil jalan ke arah gw, "Ini gw sambil berjemur woi, vitamin B nih" ucap gw. "Berjemur pagi itu bukan vitamin B tapi D, alesan berjemur tapi gatau buat apa, nih jus alpukat" dia ngasih jus alpukat kesukaan gw di meja depan tempat gw lagi duduk di teras "Hehehe beda dikit doang, makasih kak", "sama-sama" dia pun masuk mengikuti Emak gw yang udah masuk dari tadi kedalam rumah.

Gw dan Kak Reva emang sedekat itu, selain karna emang dari kecil kita selalu bareng dalam hal apapun, perbedaan umur kita juga masih deket, jadi itu udah jadi hal biasa dalam hubungan Kakak Adek kami. Emak pun ga mempermasalahin itu, "Yang penting kalian harus saling membantu, kalau salah satu ada yang sakit, satunya merasakan juga" itu katanya, udah kek bocah bocah STM lagi didik anak baru tuh.

Sambil meminum jus alpukat, gw membuka lagi gulungan kertas dari pengemis tua tadi membaca tulisan tulisan yang belum sempet gw baca tadi didalem nya. "Baca kalimat ini kemudian pikirkan dan bayangkan orang yang kamu inginkan agar kamu menjadi dia", "anjir ngeri juga ini, kalo gw baca terus bayangin jadi Jokowi gimana yak" sebenernya gw penasaran ini kertas bener atau kaga tapi di lain sisi juga ngeri gimana kalo bener bener bisa terjadi, mengingat kalo pengemis tadi tiba tiba ilang dalam sekejab bikin gw mikir kalo ini bener bisa terjadi. Eh kenapa mikir kayak udah pasti berhasil aja, padahal juga belum tentu ini berhasil. Apa ke orang terdekat dulu? kalo gitu berati... tiba tiba satu orang terlintas di kepala gw, Kak Reva.

Aku Berada didalam Tubuh Kakak kuTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang