O1

1.3K 134 62
                                    

Hari minggu yang nyenengin, Harsa rebahan di ata sofa ruang tamu rumahnya sambil mainin ponsel. Lupa sama kerja rumahnya yang harus dikumpulin besok, Harsa juga gak kefikiran buat ngecek grup kelas buat nyari jawaban tugasnya. Ngeliat hari yang terang benderang dan hawanya yang ngeringin umat bumi jadi keripik, Harsa ada ide buat ngeposting foto-foto di akun twitternya.

Harsa punya banyak followers, karena dia ganteng. Anak tunggal kaya raya keluarga Wadya. Harsa juga pinter di sekolah, meskipun gak sejenius si juara satu, Harsa masih jebolan 20 besar di angkatannya.

Flexing namanya. Sebenernya hari ini Harsa ada rencana main ke klub bareng temen-temennya, tapi nyokapnya bilang kalau dia harus nemenin nyokapnya buat ketemu orang.

Harsa sih, iya-iya aja. Toh, anggep aja berbakti kepada orang tua. Meski nakal begini, Harsananta tuh anak mama.

Bangkit dia dari sofa buat pergi ke kamar, lepasin baju dan ngacir ke kamar mandi buat nyegerin diri. Selese dari kamar mandi, Harsa keluar pake kaos item. Ngambil beberapa selfie diri dia sendiri, sebelum turun lagi ke bawah nunggu mamanya.

"Maaa, masih lamaa?" Teriaknya dari atas sofa, Mama Wadya turun dengan baju bermerk yang Harsa kira harganya bisa jutaan buat atasannya doang.

"Sabar, toh."

"Panaaas, Maaa. Kalo lama-lama nanti tambah panaaas." Keluh Harsa setengah merengek, Mama Wadya mengetuk kepala Harsa pelan biar Harsa enggak terus-terusan merengek.

"Kayak bayi aja ngeluh terus."

"Emang ada bayi bisa ngeluh?"

"Ada, tuh. Kamu."

"Mamaaa.. 😠" Harsa mencebikkan mulutnya. Kalo aja kawanannya bisa ngeliat Harsa yang kayak begini, bisa dipastiin dagunya jatuh saking kagetnya.

"Sshh." Harsa merengut sambil masuk mobil mamanya. Mama Wadya nyetir mobil ke tempat yang gak pernah Harsa lewatin sebelumnya.

"Kita emang mau kemana, Ma?" Mama Wadya ngelirik Harsa bentar sebelum balik fokus nyetir.

"Ada, deh. Ngikut aja. Kamu cerewet banget jadi anak cowok." Harsa cemberut, kenapa sih mamanya ini selalu aja ngata-ngatain dia?! Dia itu cool di kawanannya, mana ada yang pernah ngatain dia berisik apalagi cerewet. Mamanya doang yang begitu, untung Harsa sayang mama.

Mobil melaju sampai ke pinggiran ibukota, Harsa ngira dia bakal di bawa ke kampung kumuh, siapa tau kan mamanya kayak mama-mama di sinetron itu yang mau nelantarin dia biar dia belajar hidup dari bawah gitu. Untungnya cuma imajinasinya dia aja.

Gak lama setelah lewatin perkampungan kumuh itu, mobil mereka masuk ke komplek perumahan orang kaya yang gak kalah sama komplek rumah Harsa sendiri. Setelah mobil berhenti, Mama Wadya nyuruh Harsa turun, Harsa manut ngangguk-angguk sambil bawa ponsel sama dompetnya aman di badan.

Ternyata, berhenti bukan karena udah sampai tujuan, tapi karena mamanya mau pergi ke supermarket dulu karena kelupaan bawa sesuatu. Harsa ditinggalin  di pinggir jalan, aman si soalnya sudah dalam komplek. Seenggaknya Harsa gak harus khawatir dia bakal kena copet. Ngeliatin rumah-rumah gede sepanjang mata memandang, dan dia yang berdiri sendirian di pinggir jalan, Harsa jadi kesal sama mamanya sendiri. Dia harus apa coba di sini? Masa harus jongkok nunggu mama di sini? Mana enggak tau alamat tujuannya di mana.

Di tengah-tengah kekesalan Harsa, ada yang nabrak punggung Harsa sampe dia jatoh! Harsa ngumpat, "Sial! Jalannya gak sempit-sempit banget, kok bisa nabrak si, lo?!" Harsa balikkin badannya dan ketemu tatapan datar anak SMA yang megang bola basket di tangannya.

"Lo tuh ya, ditolongin bukannya terimakasih, malah ngomel. Sok iye dasar, tau gitu gue biarin aja nih bola nyundul pala lo." Harsa ngeliat tu orang ngelempar basket ke kawanan anak SMA yang agak jauh dari mereka sekarang.

[ON-GOING] Jovandra & Harsananta | HwanharuTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang