"Ya, takkan ada perubahan, aku akan selalu memerintahkan rakyatku untuk saling bahu membahu membangun dan menjaga koloni. Rasanya semua ratu, baik semut dan lebah akan sepakat". Ujar salah seorang ratu dari koloni yang memiliki populasi paling banyak di hutan itu. "Baik ratuku!" Jawab rakyat koloni pada ratunya masing-masing. Berbeda dengan semut dan lebah, populasi mereka banyak, tetapi mereka tidak memiliki ratu ataupun raja. Mereka hanya memiliki pemimpin-pemimpin keluarga, terkadang keluarga-keluarga itu bekerjasama dan terkadang pula mereka berperang.
Respon mereka adalah yang paling berbeda dari warga hutan lain. Mungkin karena mereka merasa tak nyaman dengan pikirannya. "Rasanya ada yang salah" ujar salah satu pemimpin kawanan monyet. "interaksi kami lebih kompleks dibanding hewan lain. Bukannya kami jarang berinteraksi dengan hewan lain, berbeda dengan semut dan lebah, mereka memiliki ratu, sedangkan kami memiliki banyak transaksi yang terdapat dalam interaksi kami. Aktivitas dan transakasi kami memiliki tujuannya masing-masing, bahkan berbeda pada setiap individu. Jika dikelompokan ini akan menjadi perdebatan yang panjang!"
Menurut harimau kita harus melangsungkan kehidupan kita masing-masing. Namun kehidupan kami sangat bergantung pada koloni, tentunya jika sendiri saja kita masih bisa hidup, tetapi sedikit sekali keuntungan yang akan kami peroleh, ketika kami sendiri bahkan kita tak sanggup menghadapi seekor kucing hutan. Di sisi lainnya, jika hidup mengandalkan koloni, maka perang antar keluarga takkan pernah usai!
Ditengah diskusi monyet itu, aku terbesit suatu pikiran, "Aku manusia? Apakah manusia itu?Dalam hutan ini, rupanya tak ada perbedaan antara aku dan monyet, aku hanya berbadan sedikit lebih besar, rasanya aku sama dengan mereka, aku adalah bagian dari koloni mereka." Perasaan itulah yang akhirnya membuatku ingin memunculkan ide untuk memajukan koloniku. "Aku punya ide". Ujarku ditengah debat yang sedang dalam puncaknya. "Bagaimana jika kita mengangkat raja diantara kita, raja dari semua monyet. Kita membutuhkan kekuasaan tertinggi untuk menjaga koloni-koloni dan mencegah adanya perang. Dengan kekuasaan persatuan itu dan kemampuan fisik kita bisa menghadapi semua, bahkan harimaupun takkan bisa melawan kita. Kita bisa menjadi penguasa dihutan ini!"
Chapter 6 Bersambung~