Dialog tag

48 6 1
                                    

Membuat tulisan menjadi lebih ekspresif, by serly


Menulis membutuhkan kreatifitas dan daya imajinasi yang bagus. Namun, ada yang lebih penting lagi untuk dipelajari sebelum kita mulai menulis. Lantas, hal dasar apa yang harus kalian pelajari terlebih dahulu sobat rangers?

Kalau menurut aku secara personal, sih,  tentang tata bahasa dalam penulisan ya.

Lalu apa saja sih tata bahasa dalam penulisan itu? Sebenarnya banyak banget ya. Namun, dalam materi kali ini, aku akan bahas terlebih dahulu terkait dialog tag.

Apa itu dialog tag? Ada yang tau?

Dialog tag adalah penggunaan ungkapan atau frase pendek yang digunakan setelah kalimat langsung untuk menggambarkan bagaimana ucapan tersebut diungkapkan oleh pembaca. Selain itu, tujuan dari penggunaan dialog tag sendiri adalah untuk mengekspresikan informasi tambahan atau mencari persetujuan atau konfirmasi dari pendengar.

Contohnya pada kalimat:
"Mengapa dia marah?" ucap Sheva pada dirinya sendiri.

Dialog tag dalam kalimat itu adalah pada kata 'ucap' , dimana dalam kata itu bertujuan untuk memperjelas kalimat yang diucapkan pada dialog tersebut.

Lalu bagaimana cara penulisan dialog tag yang benar?

Penulisannya adalah tergantung pada situasi kalimatnya, apakah masih berhubungan dengan dialog sebelumnya ataukah tidak.

Untuk lebih jelasnya, perhatikan contoh berikut:
"Mengapa kamu menangis?" menatap gadis itu iba. ❌

"Mengapa kamu menangis?" Menatap gadis itu iba. ✅

Contoh lainnya:
"Luka ini sangat menyakitkan," ujarnya merintih kesakitan.  ✅

"Aku tidak ingin mengikutinya." Sheva berlalu pergi dari hadapannya. ✅

Lalu dimana letak perbedaannya? Perbedaanya adalah terletak pada tanda baca dan huruf kapital setelah dialog berakhir.

Segitu dulu ya materi dari aku sebagai penulis pemulaa. Correct me if I Wrong. Terima kasih sobat rangers💌

Kamu telah mencapai bab terakhir yang dipublikasikan.

⏰ Terakhir diperbarui: Jul 26, 2023 ⏰

Tambahkan cerita ini ke Perpustakaan untuk mendapatkan notifikasi saat ada bab baru!

Materi Kepenulisan Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang