Cinta gak butuh alasan.
Bullshit!
Cinta itu butuh alasan. Semua yang ada di dunia ini butuh alasan. Biasanya orang yang bilang: aku mencintai dia tanpa alasan, itu sebenernya mereka suka sama fisiknya aja, tapi mereka gak ngomong, entah karna denial atau gengsi. Munafik emang. Semua orang cuma suka gara-gara fisik! Besok gue nikah ama makhluk ghaib yang gaada fisiknya aja, lah, biar gak jadi orang munafik!
Intinya, cinta butuh alasan. Dan itulah kenapa gue gak pernah ngerasain rasanya dicintai. Gue kikuk, jelek, dekil, jerawatan. Menjijikan. Gue sendiri bahkan ogah buat ngaca dan liat diri sendiri disana, apalagi orang lain yang liat gue? Soal sifat, gue juga gak baik-baik amat. Bahkan, gue sampe sekarang kelas 11 ini gak pernah dapet temen gara-gara mereka bilang gue judes.
Gue judes bukan karna benci sama mereka. Sebaliknya, gue benci sama diri gue sendiri. Gue selalu merasa semua orang liat ke arah gue dengan tatapan jijik. Gue gak pernah nyaman di tempat umum. Mau muntah rasanya, mual sama diri sendiri.
Apakah kehinaan fisik ini gen? Bukan, sayangnya ... gue jadi gak bisa menyalahkan Sang Pencipta tentang kesialan ini. Dulu gue cantik, setidaknya itu yang sering dibilang nyokap. Gue punya abang, dia anak kuliahan semester akhir. Dia ganteng dan dari SD sampe sekarang selalu terkenal. Makanya gue percaya sama nyokap yang bilang: 'dulu gue cantik', sebab abang gue ganteng, dan kata orang kami mirip. Eh, itu berarti gue ganteng, dong?
Tahun lalu gue sempet bawain flash-disk abang gue yang ketinggalan. Gue bela-belain langsung ke kampusnya, padahal gue capek abis pulang sekolah waktu itu. Waktu gue sampe, abang gue telpon buat suruh gue gak usah dateng ke kampusnya dan minta buat nunggu di warung deket sana. Gue bilang gue udah sampe ke kampusnya, dan dia setengah membentak suruh gue nunggu disana. Dia gak bilang alasannya apa, tapi gue bisa asumsikan sendiri kalo dia malu. Pulangnya gue nangis. Cengeng banget. Najis.
Intinya, gue hina. Dan gue ngelakuin segala cara buat nyembunyiin diri gue. UKS adalah tempat paling aman bagi gue. Gaada orang disana selain penjaga UKS yang jeleknya sebelas-dua belas sama gue. Sebagai anak PMR, penjaga UKS gak terlalu permasalahin gue ngerem disana. Malah, gue ikut bantu-bantu disana.
Kadang kalo males pulang, gue tetep diem di ruang UKS ini. Berhubung Bu Sri—penjaga UKS—orangnya baik, dia percayain gue buat pegang kunci UKS. Yang penting pas pulang dikunci lagi, katanya. Lagipula, percuma gue pulang. Pas pulang nyokap sama bokap kerja, sedangkan abang gue sering keluyuran buat nongkrong. Bengong doang di rumah gue! Apa bedanya sama di sekolah?
Sabtu ini gue milih buat diem di ruang UKS sambil maraton anime. Wibu bau bawang. Ya, itu gue. Walaupun gue cewek, gue gak terlalu peduli sama penampilan. Apalagi make-up gitu, duh... gue bilang gini bukan karna pick me, cowok aja gue gak demen, tapi karna males aja make-up gitu. Muka gue mau didempul setebel apapun, jeleknya emang gak ketolong. Lagipula, gue pernah denger—nguping, tepatnya—ada cewek di kelas gue yang curhat mukanya break up abis make make-up. Ngeri banget tu muka bisa putus hubungan? Kan serem, ya, kalo mukanya udah putus hubungan sama tulang dan tinggal tengkoraknya doang. Nanti malah dipajang di ruang UKS, sebelahan sama manekin sarana peraga.
Seperti yang gue singgung tadi, kebanyakan informasi gue dapatkan dari menguping. Gue gaada temen di sekolah ini. Gaada tuh gue ngerasa: masa SMA adalah masa yang paling indah. Kehidupan gue di SMA gini-gini aja, berangkat, ngerem di UKS, pulang. Selama hampir 2 tahun gue sekolah disini, gak pernah ada kejadian yang menarik menimpa gue—
BRAK! Suara menggelegar terdengar dari pintu UKS yang digebrak seketika mengagetkan gue. Pintu itu digebrak oleh sesosok—yang gue asumsikan manusia—sedang membopong siswi dibalut oleh baju olahraga. Beda dengan siswa yang membopongnya, siswi yang dibopong itu sangat menawan, bak malaikat.
"Bantuin gue! Berat, nih!" pinta siswa kurus yang sedang membopong malaikat itu. Sedangkan, masih banyak siswa dengan badan yang jauh lebih besar dari dia, tapi tidak ada yang inisiatif bantu. Mereka semua hanya menatap siswa kurus itu dengan wajah khawatir.
Walaupun agak setengah hati, gue langsung membantu membopongnya, dan memindahkan siswi itu ke brankar UKS.
"Dia kenapa bisa pingsan?" tanya gue agak canggung ke siswa kurus itu sambil menepuk-nepuk bahu yang pingsan untuk memacu dia agar tersadar.
Gue emang payah kalau berinteraksi dengan orang lain, terutama gue punya radar ni cowok rada sok ganteng. Di situasi genting kayak gini aja, dia masih sempet-sempetnya benerin rambut potongan jametnya. Setelah memerhatikannya agak lama, gue merasa pernah melihatnya di suatu tempat, tapi gue lupa. Lagipula, gak penting.
Siswa jamet ceking itu pucat pasi, ekspresinya benar-benar gusar. Dia tidak langsung menjawab pertanyaan gue dan diam sejenak, mungkin mencoba menenangkan dirinya sendiri dulu.
"Dia punya penyakit jantung," katanya kemudian, lalu menghembuskan nafas berat setelahnya.
"Anjing, bego lo! Kenapa gak bilang dari awal?!" damprat gue, malah sekarang gue jauh lebih resah dari dia. Kalo ni anak mati disini gimana?
Walaupun panik setengah mati, hampir mau join tu anak, gue berusaha tenang. Gue angkat dagunya dengan pelan. Mulus banget anjirt kulitnya! Untungnya kekaguman gue bertahan sebentar, kewarasan gue dengan cepat ambil alih kembali. Setelah gue mengangkat dagunya, gue dekatkan kepala gue untuk mendengarkan nafasnya. Sesuai yang gue takutkan, nafasnya abnormal. Bangsat! Masa' malaikat ini harus balik ke sorga lagi sekarang?
Dengan sigap gue taruh tangan kanan gue tepat di tengah dadanya, lalu setelahnya gue timpa tangan gue yang satunya. Gue menekan dadanya berkali-kali dengan secepat mungkin, sambil berharap gue gak ada kesalahan ngelakuin teknik pijat jantung ini. Gue emang beberapa kali pernah diajarin ini di kegiatan PMR dari SMP, tapi praktekinnya secara real dan saat emergensi begini, wah, tegang parah.
Gue menoleh singkat ke arah kerumunan orang-orang gak guna yang cuma liatin doang. "Panggil ambulace, tolol!" bentak gue, namun sepertinya hanya siswa yang jamet ceking tadi yang tanggap merespons dan langsung menelepon ambulance. Sedangkan yang lainnya masih heboh karna panik. Siswa itu lekas pergi dari UKS, mungkin menunggu ambulance di depan. Nah, gitu, 'kan, pinter.
Tangan gue mulai pegal dan lemas, tapi tiap kali gue melihat wajah jelita malaikat yang tidak berdaya, rasanya ada kekuatan 1000 horse power yang datang entah darimana memenuhi aliran darah. Gue sanggup memberikannya support selama 2 menit penuh. Dan ketika gue mengecek nafasnya, nafasnya sudah kembali normal. Akhirnya gue sekarang juga bisa bernafas lega.
Sesaat setelah gue berhasil buat nafasnya normal kembali, siswa yang tadinya menelepon ambulance itu datang bersama paramedis. Ya, tugas gue sudah berakhir. Paramedis itu membawa sang malaikat menggunakan tandu, dan gue hanya menyaksikan mereka pergi sambil mengulas senyum ke diri gue sendiri. Baru pertama kali gue merasa berguna. Ternyata, gue gak sehina itu.
KAMU SEDANG MEMBACA
Cinta Ruang UKS
Short StoryLydia merupakan anak PMR yang punya hobi berdiam diri di UKS bahkan sampai sepulang sekolah. Hal ini membuatnya mempunyai julukan 'penunggu UKS'. Kehidupan Lydia datar-datar saja, sampai di suatu Sabtu kejadian tidak diduga menimpanya. ...