Part13

137 5 0
                                    

Hari [요일] yo-il

Sun. Minggu = 일요일 = il yo-il
Mon. Senin= 월요일 = wolyoil
Tue. Selasa = 화요일= hwayoil
Wed. Rabu = 수요일= suyoil
Thu. Kamis = 목요일= mogyoil
Fri. Jumat= 금요일 = geumyoil
Sat. Sabtu = 토요일 = toyoil


Akhir kata subyek
는(neun) & 은(eun)

는(neun) biasanya di pake di akhir kalimat yang menggunakan hangeul vokal
Cnth:
나(na[aku]) + 는(neun) = 나는 (naneun[aku])
저(jeo[saya]) + 는(neun) = 저는(jeoneun[saya])
너(neo[kamu]) + 는(neun) = 너는(neoneun[kamu])

은(eun) biasanya di pake di akhir kalimat yang menggunakan hangeul konsonan
Cnth:
친국(chinguk[teman]) + 은(eun) = 친구근(chingugeun[teman])

Tambahan: Ng tidak selamanya di baca ng, pasti kalian bingung kan,mari aku kasi tau:
한국 & 항욱
한국 (hanguk) ini n dan g nya terpisah jadi ini 한국 bukan di baca hanguk tapi "Han guk"

Kalo yang ini 항욱 di baca normal yaitu "hanguk"


Panggilan Anggota keluarga dalam bahasa Korea 🇰🇷

Jika kamu ingin pintar berbahasa korea pastinya kita harus tahu semua kosa kata yang ingin kita gunakan. Pada topik kali ini akan membahas tentang anggota keluarga dan kerabat dalam bahasa Korea. Dengan menghafal semua kosa kata ini, tentunya akan lebih banyak lagi kosakata bahasa Korea yang kamu kuasai. Yuk, langsung aja, berikut adalah anggota keluarga dalam bahasa Korea.

✅1. 아버지(abeoji) = ayah
아버지(abeoji) berarti ayah dalam bahasa Korea. Penyebutan ayah satu ini merupakan bentuk formal.

✅2. 아빠(appa) = ayah (tidak resmi)
Sebutan ayah yang lain dalam bahasa korea adalah 아빠(appa). Frasa ini mungkin tidak asing bagi kalian karena lebih sering dipakai, misalnya ada salah satu acara program tv korea yang sangat terkenal di mana pasangan ayah dan anak akan berpetualang bersama yaitu 아빠!어디가?(appa!eodiga?). judulnya dalam bahasa inggris adalah Dad, Where we are going.

✅3. 시아버지(si abeoji) atau 장인어른(jang-in-eoleun) = ayah mertua
Ada 2 penyebutan ayah mertua dalam bahasa Korea yaitu 시아버지(si abeoji) atau 장인어른(jang-in-eoleun)

✅4. 엄마(eomma) = Ibu (informal)
Ibu atau mama dalam bahasa Korea adalah 엄마(eomma)

✅5. 어머니(eomeoni) = ibu (formal)
Penyebutan ibu dalam bahasa formal korea adalah 어머니(eomeoni)

✅6. 시어머니(sie omeoni) / 장모님(jang mo nim) = Ibu Mertua
Ada dua penyebutan ibu mertua dalam bahasa Korea yakni 시어머니(sie omeoni) dan장모님(jang mo nim)

✅7. 언니 (eonni) = kakak perempuan
Kakak perempuan dalam bahasa Korea adalah 언니 (eonni). Tetapi frase ini Cuma bisa digunakan jika pembicaranya adalah seorang wanita.

✅8. 누나 (nuna) = kakak perempuan
Sebutan lain untuk kakak perempuan dalam bahasa Korea adalah 누나 (nuna). Terbalik dengan frase di atas. Frasa ini 누나 (nuna) hanya boleh digunakan jika pembicara adalah seorang laki-laki.

✅9. 형 (hyung) = abang
Panggilan kepada abang laki-laki dalam bahasa Korea adalah 형 (hyung). Frasa 형 (hyung) digunakan jika pembicara adalah seorang laki-laki.

✅10. 오빠 (oppa)= abang
Bagi kalian yang sering bertanya apakah arti oppa dalam bahasa Korea? Mungkin kalian sering mendengar kata ini dalam drama Korea. Biasanya pemeran wanita akan mengganti pemeran laki-laki dengan sebutan oppa. Oppa berarti abang dalam bahasa Korea. Frasa 오빠 (oppa) Cuma digunakan oleh pembicara wanita.

✅11.동생 (dong saeng) = saudara kandung yang lebih muda
Jika kamu memiliki saudara kandung yang lebih muda umurnya yaitu adik laki-laki atau perempuan, dalam bahasa Korea disebut sebagai 동생 (dong saeng) . adik perempuan laki-laki disebut dengan 남동생(namdongsaeng) sedangkan adik perempuan adalah 여동생(yeo dongsaeng). Kata nam sendiri berarti laki-laki sedangkan kata yeo berarti perempuan.

✅12. 부모님(bumonim) = orang tua
Orang tua dalam bahasa Korea adalah 부모님(bumonim)

✅13. 남편(nampyeon) = suami
Suami dalam bahasa Korea adalah 남편(nampyeon)

✅14. 아내(anae) = isteri
아내(anae) berarti isteri dalam bahasa Korea
.
✅15. 자식(Jasig) = Anak
Anak dalam bahasa Korea adalah 자식(Jasig). Anak kandung laki-laki dipanggil 아들(adeul) dalam bahasa Korea sedangkan anak kandung perempuan dipanggil 딸(ttal)

✅16. 할머니 (hal-meo-ni) = nenek 할머니 (hal-meo-ni) berarti nenek dalam bahasa Korea. Penyebutan nenek ini ditujukan untuk ibu dari ayah kita.

✅17. 할아버지 (hal-a-beo-ji) = kakek  할아버지 (hal-a-beo-ji) berarti kakek dalam bahasa Korea. Penyebutan kakek ini ditujukan untuk ayah dari ayah kita.

✅18. 증조 할머니 (jeung jo hal meo ni) = nenek buyut

✅19. 증조부 (jeung jo bu) = kakek buyut 

✅20. 이모(imo) = bibi 이모(imo) merupakan panggilan tante yang paling lazim digunakan dalam bahasa Korea. Lebih spesifik lagi 이모(imo) sebenarnya adalah saudara perempuan dari Ibu kita.

✅ 21. 삼촌(samchon)
삼촌(samchon) berarti paman dalam bahasa Korea. Frasa ini sangat lazim digunakan dalam bahasa Korea. Lebih spesifik lagi sebenarnya 삼촌(samchon) dapat digunakan untuk memanggil paman untuk saudara laki-laki pihak ibu atau laki-laki saudara laki-laki pihak ayah yang belum menikah.

✅22. 손주 (son ju) = cucu
Cucu dalam bahasa Korea adalah 손주 (son ju)

✅23. 손녀(son nyeo) = cucu perempuan

✅ 24. 손자 (son ja) = cucu laki-laki  25. 조카(jo ka) = keponakan 

✅26. 여자 조카 (yeoja joka) = keponakan perempuan

✅ 27. 남자 조카 (namja joka) = keponakan laki-laki

✅ 28. 사촌(sachon) = saudara sepupu Saudara sepupu dalam bahasa Korea adalah 사촌(sachon). Hati-hati terhadap pelafalannya karena mirip dengan pelafalan paman dalam bahasa Korea.

🌼Contoh kalimat
제 사촌의 이름은 에리카입니다.
Je saconui ireumeun erikaimnida.
Nama sepupu saya adalah Erika


Itulah sebutan-sebutan atau panggilan anggota keluarga dalam bahasa Korea. Semoga menambah ilmu kita dan jangan lupa untuk dihafalkan.😩

Belajar Bahasa KoreaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang