Senin yang Membingungkan

2 0 0
                                    


4 September 2023

Saya bingung harus melakukan apa. 

Sebagai UXR tugas saya adalah meneliti, tapi sesuai arahan product manager, kita akan riset setelah datang ke stakeholder. 

Saya membuka sebuah data yang dikumpulkan pada bulan Februari (sekarang bulan September), sebuah data yang menurut saya akan sangat berguna jika dianalisa secara sistematis. 

Tapi pertanyaannya, apakah ini perlu dilakukan? Sebab, ini sudah data Februari dan bisa jadi masalah yang disampaikan user pada hari itu tidak cocok dengan dengan apa yang dibutuhkan user hari ini.

Tapi jika saya mengolahnya, bisa jadi, kita melakukan crosschecking dan follow up seberapa sudah ditindaklanjuti keluhan-keluhan users pada saat itu.

Saya berpikir lama.

Perlukah, atau, tidak perlu?

PM saya mengatakan tidak perlu. Tapi, hati saya mengatakan perlu. 

Ataukah saya harus mengumpulkan data yang baru? Mungkin ini adalah yang paling penting dilakukan.


***
Kemudian saya melakukan weekly analisis. Ternyata rekan saya (Business Analyst) mengalami hambatan untuk sebar riset terkait penomoran mundur, karena oleh dispusipda tidak boleh. 

***

Team of Team

Salah satu cara untuk merekrut user saya terpikirkan sebuah cara, yaitu ToT. Dimana setiap perwakilan dinas mengirimkan perwakilan / staf untuk bersama-sama membangun sebuah aplikasi. 

Oleh PM saya, disuruh membuat deck dan mendetailkan lagi metodologinya. PM saya tidak bisa menjanjikan apa-apa. Tapi, saya hanya nitip untuk dijadikan bahasan jika bertemu teh tanti. 

Refleksi : sepertinya akan jadi perjuangan yang panjang untuk membangun user centered design ini.

Rekaman ada di handphone.

Mari kita lihat tantangan besok seperti apa.



Coffee, Job & MeWhere stories live. Discover now