Hai!

1 0 0
                                    

I need a long time to continue this chapter actually.
Anyway hi! Kenalin gua rin si anak bungsu dari 4 bersaudara. Gua bikin buku ini iseng aja sih pengen menyuarakan pendapat gua as the youngest in my family yang selalu di ingatkan kalo gua ini paling enak nasibnya dibandingkan saudara gua yang lain, apakah iya? Mungkin.



•••

Awalnya mama gua memang udah ga hamil lagi setelah 9 tahun abang gua lahir, tapi Tuhan berkata lain. Teryata setelah 9 tahun abang gua menjabat sebagai anak bungsu mama gua hamil gua, ya gua anak yang tiba-tiba hadir di keluarga ini yang tidak tau membawa kebahagian atau kesengsaran untuk keluarga ini.

Setelah gua lahir gua merasa kalo dunia gua fine aja ga ada masalah apapun dan gua masih seneng kalo keluarga gua mengingatkan gua kl gua adalah anak paling beruntung di keluarga, tapi setelah gua masuk SD gua mulai tau kalo keluarga gua sebenernya sakit, punya banyak luka dan goresan yang membekas. Masa-masa kecil gua itu penuh dengan suara keras, bantingan barang atau pintu, dan kekerasan yang sering dilakuin sama bokap dan nyokap. Bahkan gua sering merasa malu karna pertengkaran bokap nyokap gua dan hal itu yang menyebabkan keluarga gua selalu pindah-pindah rumah. Cape? Pasti tapi mau gimana lagi.

Masa-masa remaja gua ga bisa gua nikmati seperti temen-temen sebaya gua, hidup sebagai anak bungsu yang hidup di keluarga berantakan kaya gini memaksakan gua untuk punya pola pikir yang dewasa, mereka semua bakal nge- judge gua kalau gua ga bisa berpikir dewasa, karna mereka mikir anak umur 11 itu udah harus bisa ngerti keadaan gua ga ngerti maksudnya gimana tapi mau ga mau gua harus ikutin. Masa kanak-kanak gua berhenti di umur gua baru menginjak 11 tahun, dan seluruh hidup gua berhenti di umur gua yang ke 14 tahun, umur gua bertambah tapi enggak dengan penghuni di dalam diri gua, dia dikubur oleh keadaan yang maksa dia buat jadi dewasa sebelum saatnya.

Gua masih bingung kenapa orang-orang pada bilang jadi anak bungsu itu enak, apa yang enak? Apa? Sebutin satu-satu pasti bisa di sangkal. Kalian itu cuma tau apa yang kalian liat, emangnya kalian tau keadaan tumah dr pagi sampe malem itu kaya gimana? Emang kalian tau apa aja yang orang tua kalian paksa ke anak bungsu apa aja? Apa kalian tau gimana perasaan anak bungsu itu gimana? Apa kalian pernah mikirin perasaan mereka sebagai anak bungsu yang harus kejar-kejaran sama waktu, pengalama, dan perncarian jati diri mereka yang mereka lakukan semua sendiri tanpa ada minta bantuan ke kalian? Apa alesan yang ngebuat kalian bilang kalo jadi anak bungsu itu enak tuh apa?. Gua tau semua posisi anak dalam keluarga ada plus dan minus dan gua disini mengetik ini hanya untuk menyampaikan POV anak bungsu yang selalu di anggap memiliki posisi paling enak dirumah.

  Jadi anak bungsu yang hidup di keluarga yg berantakan tuh ga enak. Enggak enak banget.
  Di saat saudara lu bisa kabur kemana aja karna mereka udah punya uang dan kendaraan yang bisa mereka pake buat ngehindar dari pertengkaran orang tua dirumah, ada gua adek mereka yang harus nanggung malu dan tersiksa sama pertengkaran yang orang tua lakuin. Gua malu. Gua selalu berpikir, kakak sama abang-abang gua kenapa ninggalin gua sendirian? Mereka sekejam itu kah ngebiarin gua dirumah sendirian tanpa ada orang yang bisa nenangin gua di keadaan kaya gini? Kenapa mereka mereka belum pulang? Kenapa mereka tega ninggalin gua? Kenapa mereka ga mau nemenin gua disaat kaya gini? Kenapa mereka selalu korbanin gua buat ikut papa? Gua juga mau ikut mama, tapi kenapa mereka selalu buang gua ke papa? Kehadiran gua seburuk itu kah di mata kalian? Gua tau kalian juga cape karna kalian udah ada di posisi yang sama persis kaya gua bahkan lebih parah duluan dari pada gua, tp kaliankan dulu ngelewatin masa-masa buruk itu bertiga plus mama masih muda dan masih bisa kerja. Sekarang gua hadepin semua ini sendiri. Sendiri. Terus kalian mau bandingin sama masa-masa kalian waktu kecil yang ngelewatin masa-masa kaya gini bertiga sama gua sendiri? Emangnya itu adil? Kalian sebenci itukah dengan kehadiran gua dikeluarga ini? Padahal gua bangga banget bisa punya saudara kaya kalian bertiga, gua selalu banggain kalian bertiga ke temen-temen gua supaya mereka tau kalo gua punya saudara yg sehabat ini dan gua mau bikin mereka iri dengan posisi gua punya saudara kaya kalian, tp kenapa kalian seakan-akan kasih liat ke gua kalo kalian ga seneng sama kehadiran gua? Kalian semua cuma ngejadiin gua alat buat nampung orang tua kalian doang kah nanti di masa tua mereka? Kok kalian gitu sih?.
Ya kurang lebih kaya gitu lah, belum semua tp itu beberapa pikiran yang masih menjadi tanda tanya besar sampai sekarang yang belum gua temuin jawabannya, tapi yang pasti masih banyak tanda tanya yang gua punya.

  Satu-satunya cara yang bisa lu lakuin adalah pura-pura kalo lu udah bisa menerima semua hal bodoh yang menyakitkan ini supay mereka semua puas. Walaupun lu harus korbanin banyak hal termasuk kewarasan lu tapi setidaknya lu masih bisa bertahan hidup.

  Jadi anak bungsu tuh tinggal nunggu waktu aja.
  Lu bakal jadi saksi hidup yang ngeliat semua anggota keluarga lu pergi satu-satu untuk membut keluarga mereka sendiri dengan orang lain, dan lu akan berakhir sendirian balapan sama waktu buat bahagiain orang tua lu yang udah mulai dimakan umur, lu belajar semua hal baru sendirian dan melakukan semua hal itu sendirian dengan tuntutan yang berat.

  Sampai saat ini gua masih bertanya-tanya, sebenernya mereka semua anggap gua ini apa? Anak kah? Adek kah? Keluarga kah? Atau sekedar alat?. Gua ga tau atau mungkin gua ga akan pernah tau.

















Hope anak-anak sulung, tengah atau anak posisi lain yang ada di keluarganya tidak meng- judge cerita ini, karna gua hanya berbagi sedikit POV gua sebagai anak bungsu di keluarga broken home. Gua cuma mau mengeluarkan semua emosi yang gua pendam selama ini karna ga tau harus pulanv kemana, gua cuma ga mau suatu saat emosi gua meledak-ledak dan menjadikan gua sebagai orang jahat padahal kenyataannya gua hanya menunpahkan semua pertanyaan yang diselimuti emosi gua di saat gua kecil meranjak remaja. Terima kasih.

Kamu telah mencapai bab terakhir yang dipublikasikan.

⏰ Terakhir diperbarui: Sep 29, 2023 ⏰

Tambahkan cerita ini ke Perpustakaan untuk mendapatkan notifikasi saat ada bab baru!

Si BungsuTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang