KOTA PALU MENJADI KOTA TERPANAS DI INDONESIA? KOK BISA?
Pada tanggal 4-5 Januari pukul 07.00 WIB, BMKG mencatat suhu Kota Palu mencapai 35,6 ºC. Hal utama yang menyebabkan kejadian tersebut adalah terjadinya tarikan antara La Nina dan El Nino. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa El Nino dan La Nina terjadi akibat interaksi antara permukaan laut dan atmosfer di Pasifik tropis yang mengakibatkan perubahan suhu muka laut di suatu wilayah mempengaruhi atmosfer di atasnya.
Menurut pandangan saya sendiri El Nino dan La Nina bukan menjadi satu-satunya alasan mengapa Kota Palu menjadi kota terpanas di Indonesia. Keberadaan Kota Palu yang berdekatan dengan garis khatulistiwa tidak dapat dipungkiri untuk menjadi alasan mengapa suhu di Kota Palu meningkat.
Berikut adalah suhu tertinggi dan terendah Kota Palu selama tahun 2022.
Berdasarkan grafik tersebut dapat disimpulkanbahwa tingkatan suhu di Kota Palu dapat mengalami kenaikan dan penurunan. Dalamgrafik tersebut juga tersimpulkan bahwa suhu rata-rata di Kota Palu adalah26,66 ºC yang mana masih termasuk dalam suhu normal diIndonesia. Hal itu berbanding terbalik dengan suhu Kota Palu tahun 2023 yangmencapai 35,6 ºC.
REFERENSI:
https://www.liputan6.com/regional/read/5172836/suhu-kota-palu-terpanas-se-indonesia-apa-penyebabnya#google_vignette
https://dlhk.acehprov.go.id/2023/07/apa-itu-el-nino-dan-la-nina-ini-penyebab-serta-dampaknya/
https://id.weatherspark.com/y/133149/Cuaca-Rata-rata-pada-bulan-in-Kota-Palu-Indonesia-Sepanjang-Tahun#Figures-Temperature